Jumat, 13 Februari 2015

Contoh Skripsi Pendidikan Agama Islam: Peran Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual (Spiritual Quotient) Siswa MTs Negeri Kepanjen Malang

Abstrak PAI
 Kepala  Madrasah  memiliki  peran  yang  sangat  penting  dalam  menjadikan 
siswa  yang  sukses  dalam  bidang  akademik  dan  akidah  maupun  akhlaknya.  Survei 
membuktikan  bahwa  hampir  disetiap  madrasah  memandang  keberhasilan  kepala 
madrasah  dilihat  dari  output  madrasah  secara  nilai  akademik  atau  intelektualnya 
saja,  dan mengesampingkan  faktor SQ (Spiritual Quotient),  padahal  banyak  orang 
tua  siswa  yang  berharap  agar  anaknya  yang  nakal  atau  bermasalah  dapat  teratasi 
dengan  di  sekolahkan  di  MTs.  Hal  ini  perlu  ada  peninjauan  secara  khusus  yang 
dilakukan  dengan  sebuah  penelitian,  dimana  dalam  peneliti  ini  kami  melihat  ada 
suatu  masalah  yang  sangat  menarik  dibalik  peran  seorang  kepala  madrasah  dalam 
meningkatkan  Kecerdasan  Spiritual  (Spiritual  Quotient)  siswa  khususnya  di  MTs 
Negeri Kepanjen  Malang. 
Dalam  penelitian  ini,  penulis  menggunakan  pendekatan  kualitatif, 
fenomenologis  dan  berbentuk  diskriptif.  Peneliti  menggunakan  metode  kualitatif 
karena ada  beberapa  pertimbangan  antara  lain,  menjelaskan  menyesuaikan  metode 
kualitatif  lebih  mudah  apabila  berhadapan  dengan  kenyataan­kenyataan  ganda, 
metode  ini  menyajikan  secara  langsung  hakikat  hubungan  antara  peneliti  dan 
responden,  metode  ini  lebih  reka  dan  lebih  dapat  menyesuaikan  diri  dengan 
banyak  penajaman  pengaruh  bersama  dan  terhadap  pola­pola  nilai  yang  dihadapi. 
Penelitian  diskriptif  adalah  penelitian  yang  menggambarkan  isi  data  yang  ada 
dalam  penelitian  ini  yaitu  peran  kepala  madrasah  dalam  meningkatkan  kecerdasan 
spiritual  (Spiritual  Quotient)  siswa.  Sedangkan  fenomenologis  adalah  aspek 
subyektif  dari  perilaku  yang  mana  peneliti  berusaha  untuk  masuk  ke  dalam  dunia 
konseptual  yang  diteliti  sehingga  peneliti  mengerti  apa  dan  bagaimana  suatu 
pengertian  yang  dikembangkan  disekitar  peristiwa  dalam  kehidupannya  sehari­ 
hari.  Bagi  peneliti  fenomena  dapat  dimengerti  maknanya  secara  baik  apabila 
dilakukan  interaksi  dengan  obyek  melalui  wawancara  mendalam  dan  observasi 
pada  obyek  dimana  fenomena  tersebut  sedang  berlangsung.  Oleh  karena  itu 
observasi,  wawancara  dan  angket  dalam  penelitian  kualitatif  merupakan  teknik 
yang  digunakan  dalam  pengumpulan  data.  Untuk  melengkapi  data  yang  telah 
diperoleh  melalui  wawancara,  angket  dan  observasi  ditambah  dengan 
dokumentasi. 
Diantara  peran  kepala  madrasah  yang  pertama  adalah  sebagai  educator 
yang  bertugas  melaksanakan  proses  belajar  mengajar  secara  efektif  dan  efisien 
disamping  juga  memberikan  motivasi  keagamaan  yang  dapat  melejitkan 
kecerdasan  spiritual  (Spiritual  Quotient)  siswa,  peran  yang kedua  adalah  sebagai manajer  pendidikan  yang  bertugas  sebagai  pemantau  dan  pemonitoring  kegiatan 
akademik  maupun  keagamaan  yang  berada  disekolah,  kepala  sekolah  dapat 
memantau  dengan  melihat  laporan  dari  bawahan.  Peran  yang  ketiga  adalah 
sebagai  supervisi  yang  bertugas  sebagai  motivator  dan  selalu  mengadaan 
pembinaan  terhadap  staf  guru  dan  karyawan  agar  apa  yang  dicita­citakan  dapat 
tercapai  dengan  baik.  Peran  yang  keempat  adalah sebagai  leader  (pemimpin)  yang 
bertugas untuk  mengarahkan,  memantau  serta  memberikan  solusi  yang  tepat  pada 
setiap  permasalahan  yang  dihadapi.  Sebagaimana  yang  disabdakan  Rasulullah 
SAW  bahwa  kepribadian  kepala  madrasah  sebagai  leader  akan  tercermin  dalam 
sifat­sifat  (1)  jujur,  (2)  percaya  diri,  (3)  tanggung  jawab,  (4)  berani  mengambil 
resiko dan keputusan, (5) berjiwa besar, (6) emosi yang stabil, (7) teladan. 
Usaha  kepala  sekolah  MTs  Negeri  Kepanjen  dalam  mengotimalkan 
kecerdasan  spiritual  pada  Siswa  diantaranya  adalah  pertama,  Setiap  pagi  sebelum 
bel masuk berbunyi,  diputar lagu­lagu islami atau ayat­ayat suci al Qur’an. Kedua, 
Sebelum  pelajaran  atau  kegiatan  PBM  dilaksanakan  wajib  membaca  al  Qur’an 
dan berdoa. Ketiga, sebelum guru menyampaikan materi kepada siswa, guru harus 
menyampaikan  pesan  /  mengingatkan  siswa  agar  para  siswa  lebih  meningkatkan 
ibadah  dan  melaksanakan  perintah  agama  pada  awal  dan  akhir  pelajaran. 
Keempat,  Setiap hari  diadakan  sholat dhuha dan  sholat dhuhur berjama’ah  dengan 
rolling  tiap  kelas.  Kelima,  kepala  madrasah  menambah  jam  pelajaran  bagi  siswa 
yang  lamban  dalam  membaca  Al­qur’an.  Keenam,  Memberikan  skor  terhadap 
siswa yang  melalaikan  sholat berjama’ah. 
Faktor  pendukung  kepala  sekolah  dalam  meningkatkan  kecerdasan 
spiritual  (Spiritual  Quotient)  siswa  antara  lain  :  dukungan  dari  para  guru  yang 
mempunyai  kedisiplinan  dan  keteladanan  serta  adanya  dana  operasional  yang 
mendukung,  sedangkan  faktor  penghambatnya  adalah  sarana  prasarana  yang 
masih  dalam  proses  pembangunan,  sehingga  mengakibatkan  masih  terkendalanya 
kegiatan.  Selain  itu,  kendala  yang  lain  adalah  kurangnya  kesadaran  diri  dari  orang 
tua  dalam  pemantauan  siswa  untuk  mengingkatkan  Kecerdasan  Spiritual 
(Spiritual Quotient) putra putrinya. 
Kesimpulan  dari  penelitian  ini  adalah  bahwa  peran  kepala  madrasah  dapat 
menentukan  peningkatan  kecerdasan  spiritual  (Spiritual  Quotient)  siswa  dimana 
kepala  madrasah  harus  menggunakan  berbagai  macam  strategi  agar  anak  dapat 
terpantau  dalam  aktivitas  spiritualnya  beserta  belajarnya.  Kepala  madrasah 
menyadari  bahwa  usaha  yang  dilakukan  baru  dapat  mengobati  di  kulit  luar  nya 
saja,  belum  sampai  pada  akar  permasalahannya,  oleh  karena  itu  agar  dapat 
mendapatkan  hasil  yang  maksimal  harus  ada  kerja  sama  dan  dukungan  dari 
berbagai macam pihak.


Contoh Skripsi Akuntansi:Pengawasan Internal Atas Aktiva TetapDownloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini  Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi, contoh skripsi pendidikan agama islam, skripsi fakultas pendidikan.


Share

& Comment

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © 2015 Jual Skripsi Eceran™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.