Abstrak
PAI
Mengajar adalah membimbing kegiatan siswa untuk belajar. Untuk
melakukan interaksi belajar mengajar, guru tidak hanya membutuhkan kepandaian
di bidang materi yang diajarkan saja, tetapi mereka dituntut untuk memiliki
sejumlah keterampilan dalam mengajar, salah satunya adalah keterampilan
memberi variasi gaya mengajar. Dalam kegiatan belajar mengajar khususnya pada
mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah
Negeri Turen, pemberian variasi gaya mengajar perlu diperhatikan karena dapat
membantu menghilangkan kebosanan dan kejenuhan siswa dalam menerima
pelajaran serta dapat membantu guru dalam mempermudah tugasnya dalam
mengatur kelas.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi variasi gaya
mengajar pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII MTs Negeri
Turen dan untuk mengidentifikasikan faktor-faktor yang mendukung dan
menghambat implementasi variasi gaya mengajar pada mata pelajaran Sejarah
Kebudayaan Islam kelas VIII MTs Negeri Turen.
Metode penelitian yang dilakukan adalah termasuk penelitian kualitatif.
Pengumpulan data melalui metode observasi, dokumentasi, dan wawancara
dengan guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII dan siswa kelas
VIII MTs Negeri Turen. Sedangkan untuk analisis datanya, penulis menggunakan
teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan
dari orang dan perilaku yang diamati sehingga dalam hal ini penulis berupaya
mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang
keadaan yang sebenarnya. Selain itu, untuk mendukung uraian dari keadaan yang
sebenarnya ada di lapangan, di sini penulis sertakan tabel atau gambar sebagai
pelengkap data.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru Sejarah Kebudayaan
Islam kelas VIII MTs Negeri Turen memperhatiakan variasi gaya mengajar
dalam menyampaikan bahan pelajarannya agar kegiatan belajar mengajar di dalam
kelas tidak monoton, membuat siswa tidak merasa bosan, menumbuhkan
perhatian siswa terhadap pelajaran, menumbuhkan motivasi siswa, serta kelas
menjadi teratur. Dalam hal ini, guru Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII MTs
Negeri Turen menerapkan teknik variasi suara, variasi mimik dan gestural (gerak),
perubahan posisi, kesenyapan (diam sejenak), pemusatan perhatian, dan kontak
pandang. Adapun yang menjadi faktor pendukung implementasi variasi gaya
mengajar pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII di MTs
Negeri Turen yaitu dari segi gurunya sendiri, karakter siswa, dan karakter mata
pelajarannya. Dari segi gurunya sendiri terbagi menjadi dua, yaitu karakter guru
itu sendiri dan penguasaannya terhadap materi. Adapun faktor penghambat implementasi variasi gaya mengajar pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan
Islam kelas VIII di MTs Negeri Turen yaitu foktor gurunya dan faktor siswanya.
Kata kunci: implementasi, variasi gaya mengajar, dan mata pelajaran SKI.
Contoh
Skripsi Akuntansi:Pengawasan Internal Atas Aktiva TetapDownloads Versi
PDF >>>>>>>Klik Disini Artikel terkait skripsi
diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian
kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download
skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh
makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang,
beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis
kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis
contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal
pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir
jurusan akuntansi, contoh skripsi pendidikan agama islam, skripsi fakultas
pendidikan.
0 komentar:
Posting Komentar