Abstrak PAI
Pendidikan yang berkualitas sangat bergantung pada keberadaan guru
yang bermutu, yakni guru yang profesional, sejahtera dan bermartabat. Karena
guru yang bermutu merupakan syarat mutlak hadirnya sistem pendidikan yang
berkualitas. Oleh karena itu pemerintah berupaya meningkatkan mutu guru
dengan mengembangkan kebijakan yang langsung mempengaruhi mutu dengan
melaksanakan sertifikasi guru. Karena kualitas mutu guru di Indonesia pada
kenyataanya masih tergolong relatif rendah. Hal ini antara lain disebabkan oleh
tidak terpenuhinya kualifikasi pendidikan minimal. Data dari Dikdasmen
Depdiknas pada tahun 2004 menunjukkan terdapat 991,243 (45,96%) guru SD,
SMP, dan SMA yang tidak memenuhi kualifikasi pendidikan minimal. Hal
tersebut akan semakin besar presentasenya bila dilihat dari persyaratan kualifikasi
pendidikan minimal guru yang dituntut oleh PP No. 19/2005 tentang Standar
Nasional Pendidikan.
Tujuan diadakannya sertifikasi guru adalah untuk meningkatkan kelayakan
seorang guru dalam melaksanakan tugas sebagai agen pembelajaran sekaligus
memberikan sertifikat pendidik bagi guru yang telah memenuhi standar kualifikasi
pendidikan S-I dan berkompetensi maksimum meliputi kompetensi padagogik,
kepribadian, profesional dan sosial. Pemikiran itulah yang mendasari bahwa guru
perlu untuk disertifikasi selain itu untuk memecahkan masalah pendidikan dari
segi kualitas yang masih rendah terutama dalam segi kesejateraaan guru.
Guna menyajikan data secara ilmiah penulis menggunakan penelitian
deskriptif kualitatif. Dan dalam perjalanan mengumpulkan data serta memperoleh
data secara akurat, penulis menggunakan beberapa metode yakni, metode
observasi, interview dan dokumentasi. Adapun data yang diperoleh dianalisis
dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualiatatif.
Hasil penelitian yang dilakukan, Di SMA Negeri 3 Malang guru yang
lulus sertifikasi dua puluh empat orang. Dilaksanakan mulai bulan juli sampai
Sebtember 2007. Guru tersebut terdiri dari berbagai guru bidang studi termasuk
juga guru pendidikan agama Islam. sebagai (SNBI) maka sekolah ini telah
memenuhi standarisasi pendidik. Peran sertifikasi dalam meningkatkan
profesionalitas guru segi psikisnya ada perasaan layak untuk melaksanakan proses
pembelajaran, ada rasa dihargai, dalam kinerjanya lebih terarah,dan kreatif.
Berdasarkan hasil pemaparan di atas, maka dapat diambil kesimpulan
sebagai pendidik dibutuhkan profesionalitas Dibuktikan dengan lulus sertifikasi.
Sehingga dapat mewujudkan sistem dan praktik pendidikan yang berkualitas
diikuti dengan peningkatan kesejateraan secara finansial.
Contoh Skripsi Akuntansi:Pengawasan Internal Atas Aktiva TetapDownloads Versi PDF >>>>>>>Klik Disini Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi, contoh skripsi pendidikan agama islam, skripsi fakultas pendidikan.
0 komentar:
Posting Komentar