Abstrak PAI
membangun sumber daya manusia dan penanaman nilai-nilai kemanusiaan yang
pada akhirnya akan menciptakan dan membentuk disiplin hidup dan tatanan
kehidupan masyarakat yang sejahtera, aman dan tentram. Urgensi pendidikan
tersebut akan sangat dirasakan manfaatnya ketika mampu memahami makna
pendidikan yang terkandung dalam suatu konsep pendidikan yang tepat,
komprehensif, ideal, integral dan dapat dijadikan pedoman dalam
mengaplikasikan semua aktivitas yang terkait dengan proses pendidikan.
Dalam konteks untuk menentukan konsep pendidikan yang tepat,
komprehensif, ideal dan integral, maka menjadi tanggung jawab moral bagi setiap
pakar pendidikan untuk membangun teori sebagai paradigma pendidikan yang
dirumuskannya, sebagaimana dilakukan oleh tokoh pendidikan popular yaitu Syed
Muhammad Naquib Al-Attas. Peneliti mengangkat tokoh ini karena beliau adalah
salah seorang intelektual Muslim yang produktif dan otoritas terhadap keilmuan,
yang telah memberikan beberapa kontribusi baru dalam disiplin keilmuan
khususnya di bidang pendidikan yakni mengenai konsep ta’dibnya. Adapun fokus
penelitian ini adalah mengapa konsep ta’dib digunakan oleh Syed M. Naquib AlAttas
sebagai makna pendidikan Islam? Bagaimana implikasi konsep ta’dib yang
digunakan Syed M. Naquib Al-Attas terutama terhadap pendidik, peserta didik
dan kurikulum dalam konteks pendidikan Indonesia?. Sedangkan tujuan penelitian
ini ialah untuk mengetahui konsep ta’dib dalam pemikiran Syed M. Naquib AlAttas
serta implikasi terhadap pendidik, peserta didik dan kurikulum dalam
konteks pendidikan Indonesia.
Penelitian ini bersifat deskriptif kualitataif dengan library research (kajian
pustaka) yakni berusaha mengungkapkan konsep-konsep baru dengan cara
membaca dan mencatat informasi yang relevan dengan kebutuhan. Dalam hal ini
adalah mencakup buku-buku, teks jurnal, majalah dan hasil penelitian yang terkait
dengan judul karya ilmiah ini. Adapun teknik analisa dari penulisan ini adalah
content analysisi (analisis isi) yakni teknik apa saja yang digunakan untuk
menarik kesimpulan melalui usaha menemukan karakteristik pesan dan dilakukan
secara objektif serta sistematis.
Hasil penelitian ini adalah makna pendidikan Islam lebih tepat
menggunakan istilah ta’dib bukan tarbiyah atau ta’lim karena menurut al-Attas
struktur konsep ta’dib telah mencakup unsur-unsur ilmu (ilm), intruksi (ta’lim)
dan pembinaan yang baik (tarbiyah). Istilah ta’dib ini tidak hanya terbatas pada
aspek kognitif, tetapi juga meliputi pendidikan spiritual, moral dan sosial. Selain
itu juga, peristilahan tarbiyah dan ta’lim menunjukkan ketidaksesuain makna.
Istilah tarbiyah terlalu luas cakupannya dan hanya menyinggung aspek fisikal
Contoh Skripsi Akuntansi:Pengawasan Internal Atas Aktiva TetapDownloads Versi PDF >>>>>>>Klik Disini Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi, contoh skripsi pendidikan agama islam, skripsi fakultas pendidikan.
0 komentar:
Posting Komentar