Minggu, 22 Februari 2015

Contoh Skripsi Pendidikan Agama Islam: IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILL) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMP ISLAM AL-MAARIF 01 SINGOSARI MALANG

Abstrak PAI
 Pendidikan pada dasarnya adalah sebagai upaya untuk memanusiakan
manusia . Pengembangan potensi peserta didik secara utuh serta tuntutan kondisi
lingkungan peserta didik untuk hidup atau memiliki kecakapan hidup (life skill)
merupakan salah satu bentuk upaya memanusiakan manusia searah dengan tujuan
pendidikan. Untuk mencapai atau mengembangkan kecakapan hidup tersebut,
maka dibutuhkan pendidikan yang berorientasi pada pencapaian atau
pengembangan kecakapan hidup (pendidikan kecakapan hidup). Di sini PAI
merupakan salah satu jalan untuk mencapai tujuan pendidikan tersebut, agar
menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan
berakhlak mulia, karena tujuan PAI adalah berupaya membentuk insan kamil 
yang memiliki iman, ilmu, dan amal secara terintegrasi. Dalam hal ini yang perlu
diperhatikan adalah pembelajaran yang dilakukan. Karena kegiatan
pembelajaran merupakan kegiatan inti (proses) untuk menuju kepada tujuan
pendidikan yang diharapkan. Oleh karena itu, maka diperlukan adanya
implementasi pendidikan kecakapan hidup (life skill) dalam pembelajaran PAI
dengan maksud mengintegrasikan kecakapan-kecakapan hidup dengan pokok
bahasan dalam mata pelajaran PAI.  
Berdasarkan permasalahan di atas, maka penelitian ini difokuskan pada: (1)
Bagaimana desain pendidikan kecakapan hidup dalam pembelajaran PAI? (2)
Bagaimana implementasi pendidikan kecakapan hidup dalam pembelajaran PAI?
dan (3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi tersebut? 
Untuk mengetahui pelaksanaannya di sekolah, maka hal ini diadakan
penelitian tentang implementasi pendidikan kecakapan hidup (life skill) dalam
pembelajaran PAI, dengan lokasi penelitian yaitu di SMP Islam Al-Maarif 01
Singosari pada kelas VIII semester genap tahun pelajaran 2007/2008. Tujuan
penelitian ini yaitu untuk mengetahui desain pembelajaran, implementasi, dan
faktor pendukung serta penghambat dalam implementasi pendidikan kecakapan
hidup (life skill) dalam pembelajaran PAI. Penelitian ini diklasifikasikan pada
penelitan deskriptif kualitatif. Dalam perjalanan mengumpulkan data dan untuk
memperoleh data secara akurat, digunakan tiga metode yaitu observasi, interview,
dan dokumentasi. Dari data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan
menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. 
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam desain pendidikan kecakapan
hidup dalam pembelajaran PAI, aspek-aspek kecakapan hidup yang akan
dikembangkan diintegrasikan dan merupakan bagian dari kompetensi dasar yang
harus diupayakan tercapai bersamaan dengan pencapaian kecakapan yang bersumber dari substansi pokok bahasan mata pelajaran PAI. Dalam
pelaksanaannya, aspek kecakapan hidup dikembangkan dan/atau diintegrasikan
dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan, sehingga berpengaruh dengan
metode pembelajaran yang digunakan. Faktor pendukung dalam implementasi ini
diantaranya yaitu: adanya mata pelajaran sub PAI yang diajarkan tersendiri dalam
mata pelajaran; adanya program ubudiyyah; adanya pembinaan atau pelaksanaan
sholat dhuhur dan shalat dluha berjamaah dan pembinaan qira ati; sarana dan
prasarana (laboratorium multimedia, perpustakaan, bimbingan konseling, dan
masjid); dan sebagian besar siswa mondok/belajar di pesantren-pesantren di
sekitar lingkungan Yayasan Pendidikan Al-Maarif Singosari. Adapun faktor
penghambatnya, yaitu: minimnya dana dan fasilitas yang dimiliki serta para
pendidik kurang termotivasi untuk kreatif dan inovatif dalam menggunakan dan
mengembangkan strategi pembelajaran. 
Dari kesimpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan hal-hal sebagai
berikut; (1) para guru agama hendaknya mengoptimalkan pembelajarannya
sehingga dapat memfungsikan kekuatan spirit agama tersebut dalam pembinaan
kecakapan personal maupun kecakapan sosial siswa; (2) agar pembelajaran PAI
dapat optimal, hendaknya para guru menggunakan strategi pembelajaran yang
bervariasi dan diperlukan adanya refleksi atau sharing antara guru dan siswa serta
meningkatkan komunikasi yang baik dan kerjasama yang kompak antar personal;
(3) hendaknya diperlukan juga dukungan budaya sekolah yang mendorong
berkembangnya kecakapan hidup; dan (4) hendaknya terus dilakukan dan
dikembangkan kepada para pendidik untuk selalu berusaha menggali pengetahuan
dan pengalaman.                        


Contoh Skripsi Akuntansi:Pengawasan Internal Atas Aktiva TetapDownloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini  Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi, contoh skripsi pendidikan agama islam, skripsi fakultas pendidikan.


Share

& Comment

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © 2015 Jual Skripsi Eceran™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.