Abstrak PAI
Pendidikan masih diyakini sebagai élan-vital bagi peningkatan mutu Sumber
Daya Manusia (SDM), karenanya format pendidikan yang ideal masih terus
dikembangkan. Baru-baru ini misalnya, melalui undang-undang No. 20 Tahun
2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 50 ayat (3), pemerintah memiliki
proyek untuk menyelenggarakan program Sekolah/Madrasah Bertaraf
Internasional. Tujuannya adalah menyiapkan lulusannya dapat berperan dan
berkompetisi di forum-forum internasional. Minimnya kualitas Sumber Daya
Manusia SDM Indonesia yang rendah maka peran di forum internasional juga di
rasakan masih kurang. Oleh sebab itu, proyek sekolah/madrasah bertarf
internasional dipandang perlu.
Terkait dengan hal itu, madrasah sebagai lembaga pendidikan Islam juga
terpanggil dengan turut berperan aktif dalam menjawab persoalan di atas, yaitu
melalui proyek Departemen Agama untuk menyelenggarakan program
pengembangan Madrasah Bertaraf Internasional (MBI). Guna mencapai tujuan
pendidikan yang diharapkan, maka kurikulum sebagai sarana/media untuk
pencapaian tujuan juga harus relevan. Karena itu, pengembangan kurikulum di
masdrasah mutlak dilakukan sesuai dengan visi, misi dan tujuan untuk menjawab
tuntutan global. Inilah yang membuat penulis tergerak untuk melakukan penelitian
tentang pengembangan kurikulum Madrasah Bertaraf Internasional di MA Nurul
Jadid Paiton yang terletak di Probolinggo, Jawa Timur sebagai pilot project
madrasah yang pertama kali di Pulau Jawa yang dikembangkan menjadi Madrasah
Bertaraf Internasional (MBI).
Penelitian ini berfokus pada (1) Upaya Madarah Aliyah Nurul Jadid Paiton
Menuju Madarasah Bertaraf Internasional, (2) Implementasi Pengembagan
Kurikulum Madrasah Bertaraf Internasional di MA Nurul Jadid Paiton
Probolinggo, dan (3) Kekuatan dan kelemahan MA Nurul Jadid Paiton dalam
pengembagan kurikulum Madarasah Bertaraf Internasional. Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan upaya MA Nurul Jadid Paiton menuju
Madarasah Bertaraf Internasional, dan implementasi pengembangan kurikulum
Madarasah Bertaraf Internasional, serta faktor kekuatan dan kelemahan MA Nurul
Jadid dalam melakukan pengembangan kurikulum madrasah bertaraf
internasional.
Metode penggumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan
dokumentasi. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan teknis analisis
deskriptif kualitatif, yaitu mendekripsikan dan mengintepretasikan data-data yang
ada untuk menggambarkan realitas sesuai dengan fenomena yang sebenarnya.
Contoh Skripsi Akuntansi:Pengawasan Internal Atas Aktiva TetapDownloads Versi PDF >>>>>>>Klik Disini Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi, contoh skripsi pendidikan agama islam, skripsi fakultas pendidikan.
0 komentar:
Posting Komentar