Abstrak
PAI
Melihat kondisi dan realita sekarang banyak sekali metode baca-tulis Al-Qur’an
secara cepat yang berkembang di Indonesia diantaranya; metode Iqro’, At-Tartil,
Qiroaty, Yanbu’a dan lain sebagainya. Namun tidak semua metode itu baik, akan tetapi
metode yang baik adalah metode yang cocok untuk diterapkan pada santri. Kebetulan
sekarang banyak lembaga TPQ dan para ustadz yang menggunakan metode-metode
tersebut, karena metode-metode tersebut merupakan metode yang berkembang dengan
pesat. Berdasarkan latar belakang di atas, dapat dirumuskan rumusan masalah sebagai
berikut: 1) Bagaimana Penerapan metode pembelajaran Baca-Tulis Al-Qur’an Di TPQ
Kecamatan Pandaan, dan 2) Bagaimana Hasil prestasi santri dalam meningkatkan
Pemahaman Baca Al-Qur’an Pada Anak Di TPQ Kecamatan Pandaan.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif yang
bersifat deskriptif. Dan hasil yang diperoleh merupakan hasil kata-kata, gambaran dan
bukan berupa angka-angka. Laporan penelitian tersebut berupa kutipan-kutipan data yang
memberi gambaran penyajian. Terkait dengan penelitian ini yang dijadikan sumber data
sekaligus informasi adalah ketua TPQ, Ustadz/ ustadzah yang berprofesi sebagai pengajar
atau pendidik di TPQ, dan santri. Tehnik analisa data menggunakan analisa deskriptif
kualitatif, disamping itu juga sebagai penunjang data hasil interview, peneliti juga
melakukan observasi untuk melihat bagaimana jalannya proses belajar mengajar dari
setiap metode yang digunakan dari keempat TPQ di Kecamatan Pandaan.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa: 1. Penerapan
Metode pembelajaran Baca-Tulis Al-Qur’an Di TPQ Kecamatan Pandaan; a) Persiapan
Pelaksanaan berupa alat peraga sebelum dimulainya proses belajar mengajar, buku
prestasi santri yang dapat menunjang dalam proses belajar mengajar dan dapat
menjadikan santri termotivasi untuk menjadi yang lebih baik dan kitab panduan yang
digunakan sebagai pengajaran membaca Al-Qur’an, b) Kegiatan proses belajar mengajar
dengan menggunakan metode klasikal, menggunakan metode individual, menggunakan
metode semi klasikal, c) Penilaian Pembelajaran diperoleh dari tes evaluasi yang
dilaksanakan dengan cara dan waktu yang bervariatif dari masing-masing TPQ. 2. Hasil
prestasi santri dalam meningkatkan pemahaman baca Al-Qur’an ; adalah demi menjaga
dan meningkatkan standar kualitas ustadz/ ustadzah yang mengajar dibuktikan dengan
syahadah, yaitu sertifikat kelayakan mengajar bagi para ustadz/ ustadzah, Pemberian
Kartu Prestasi Santri (KPS) yang bertujuan untuk penunjang dalam proses belajar
mengajar dan dapat juga menjadikan santri termotivasi dalam belajar untuk menjadi lebih
baik, dan untuk mengetahui seberapa tingkat kemampuan yang dimiliki oleh masingmasing
santri.
Contoh
Skripsi Akuntansi:Pengawasan Internal Atas Aktiva TetapDownloads Versi
PDF >>>>>>>Klik Disini Artikel terkait skripsi
diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian
kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download
skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh
makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang,
beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis
kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis
contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal
pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir
jurusan akuntansi, contoh skripsi pendidikan agama islam, skripsi fakultas
pendidikan.
0 komentar:
Posting Komentar