Minggu, 15 Februari 2015

Download Skripsi Computer Science:Perancangan Aplikasi Pembelajaran Topologi Jaringan Dan Subnetting Berbantuan Komputer

Download Skripsi Computer Science:Perancangan Aplikasi Pembelajaran Topologi Jaringan Dan Subnetting Berbantuan Komputer


BAB PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Teknologi komputer sangat diperlukan dalam membantu meningkatkan kinerja suatu perusahaan dewasa ini. Tahun demi tahun orang mulai menggunakan komputer yang saat ini dikenal dengan Personal Computer (PC). Asal mulanya Personal Computer digunakan oleh masing-masing orang dan berdiri sendiri (stand alone). Komputerkomputer tersebut tidak terhubung satu sama lainnya. Namun orang kemudian berpikir bahwa pengolahan data yang bersifat stand alone tersebut di rasa sangat lambat dan tidak efisien. Untuk PC stand alone, program aplikasi harus dimuat ke masing-masing PC, dan prosesnya harus berpindah-pindah PC. Untuk meningkatkan efisiensi dan meminimalisir waktu yang dibutuhkan maka diciptakan suatu jaringan yang saat ini dikenal dengan nama jaringan komputer. Jaringan ini disn berdasarkan beberapa metode yang dikenal dengan topologi jaringan. Diantaranya ada yang dikenal dengan star network atau jaringan bintang dan masih banyak lagi yang lainnya. Komputer sebagai salah satu bentuk teknologi canggih dapat digunakan sebagai alat bantu dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Dengan bantuan komputer seorang pengajar dapat memanfaatkan berbagai sumber informasi yang ada di sekelilingnya sebagai sumber belajar. Pengajar dapat menggunakan berbagai program komputer untuk membuat pembelajarannya lebih kaya informasi dan sekaligus lebih menarik, sehingga dapat menimbulkan motivasi belajar pada para siswanya. Pembelajaran berbantuan komputer atau computer aided instruction yang biasa disingkat dengan CAI merupakan suatu sistem pembelajaran dan pengajaran yang mendayagunakan perangkat komputer sebagai alat bantu dalam proses belajar mengajar. CAI adalah pengembangan dari teknologi informasi terpadu yang saling mendukung yakni pencitraan, audio, video dan komunikasi (interaktif) yang dikemas dengan sebutan teknologi multimedia. Pendayagunaan perangkat komputer dalam menunjang proses belajar mengajar baik itu oleh guru maupun siswa secara personal sangat diperlukan didalam menujang pemahaman teori yang dipaparkan. Proses belajar mengajar yang komunikatif, efektif dan efisien mutlak dibutuhkan untuk mencapai tujuan pendidikan yang ideal, yakni menghasilkan siswa-siswi yang memahami konsep pelajaran yang disampaikan dan kegunaannya pada kehidupan sehari-hari. Jaringan Komputer merupakan salah satu mata kuliah yang diajarkan pada mahasiswa yang mengikuti perkuliahan di Jurusan Ilmu Komputer. Pokok-pokok pembahasan yang dipelajari pada mata kuliah ini diantaranya meliputi Topologi Jaringan dan Subnetting. Pembahasan mengenai topik cukup menarik minat mahasiswa karena perkembangannya yang semakin pesat saat ini. Berdasarkan informasi tersebut, penulis mencoba untuk merancang sebuah perangkat lunak untuk pembelajaran yang dapat memvisualisasikan materi tentang Topologi Jaringan dan Subnetting secara lebih menarik, yang disampaikan ke dalam bentuk penelitian dengan judul Perancangan Aplikasi Pembelajaran Mengenai Topologi Jaringan dan Subnetting Berbantuan Komputer. 1.2 Perumusan Masalah Berdasarkan latar belakang masalah yang telah diuraikan di atas, maka rumusan masalah untuk penulisan Penelitian ini adalah bagaimana merancang aplikasi pembelajaran yang user friendly, atraktif dan sesuai dengan kriteria pembelajaran berbantuan komputer yang baik (menurut Northwest Regional Education Laboratory), serta bagaimana mempermudah pengguna untuk mempelajari Topologi Jaringan dan subnetting. 1.3 Batasan Masalah Didalam perancangan aplikasi pembelajaran berbantuan komputer, penulis membatasi masalah-masalah yang akan dibahas, meliputi: 1. Materi yang akan disajikan hanya beberapa topik penting dari pengenalan Topologi Jaringan dan Subnetting. 2. Aplikasi secara umum dapat digunakan oleh pengguna. 3. Analisis terhadap aplikasi dilakukan dengan meninjau apakah aplikasi telah memenuhi kriteria berbantuan komputer yang baik (menurut Northwest Regional Education Laboratory). 4. Model yang digunakan adalah gabungan dari tutorials (tutorial) dan drill and practice (latih dan praktek). 5. Metode yang digunakan adalah Metode Problem Solving. 6. Aplikasi akan dibangun dengan perangkat lunak Macromedia Flash 8 dan beberapa perangkat lunak yang menunjang pembuatan aplikasi pembelajaran. 1.4 Tujuan Penelitian Tujuan dari penelitian ini adalah merancang dan membangun suatu aplikasi yang dapat digunakan secara user friendly dan interaktif, meninjau apakah aplikasi telah memenuhi kriteria pembelajaran berbantuan komputer yang baik (menurut Northwest Regional Education Laboratory), dan juga sebagai alat bantu selain dari buku bacaan agar pengguna mengerti tentang Topologi Jaringan dan Subnetting. 1.5 Manfaat Penelitian Manfaat yang dapat diambil dari penulisan Penelitian ini yaitu sebagai alat bantu dalam pengajaran Topologi Jaringan dan Subnetting yang dapat digunakan secara mandiri dan praktis karena adanya unsur interaktif dalam perangkat lunak ini. F l t 01 3 mplementasikan konsep kecerdasan buatan dalam membuat game Brick Breaker menggunakan software Adobe Flash, yang diharapkan dapat memberikan wacana baru tentang game-game yang dibuat menggunakan software aplikasi Adobe Flash. Selain itu juga untuk menambah pengetahuan penulis dalam membuat dan merancang sebuah game.1.5. Manfaat penelitian Adapun manfaat dari penulisan Tugas Akhir Implementasi Konsep Kecerdasan Buatan Dalam Rancang Bangun Game Brick Breaker adalah: 1. Mampu menerapkan konsep kecerdasan buatan dalam membuat sebuah game dengan menggunakan konsep Logika Fuzzy. 2. Sebagai bahan latihan dalam mengenal software Adobe Flash CS3 yang diharapkan seseorang mampu untuk membuat game sendiri.Contoh Skripsi Computer Science:Perancangan Aplikasi Pembelajaran Topologi Jaringan Dan Subnetting Berbantuan KomputerDownloads Versi PDF >>>>>>>Klik DisiniArtikel terkait skripsi diantaranya : Judul judul skripsi,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.

Share

& Comment

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © 2015 Jual Skripsi Eceran™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.