Download Skripsi Computer Science:Perancangan Aplikasi Pembelajaran Topologi Jaringan Dan Subnetting Berbantuan Komputer
BAB PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Teknologi
komputer sangat diperlukan dalam membantu meningkatkan kinerja suatu perusahaan dewasa ini. Tahun demi tahun orang
mulai menggunakan komputer yang saat ini
dikenal dengan Personal Computer (PC). Asal mulanya Personal Computer digunakan
oleh masing-masing orang dan berdiri sendiri (stand alone). Komputerkomputer
tersebut tidak terhubung satu sama lainnya. Namun orang kemudian berpikir bahwa pengolahan data yang bersifat
stand alone tersebut di rasa sangat lambat
dan tidak efisien. Untuk PC stand alone, program aplikasi harus dimuat ke masing-masing PC, dan prosesnya harus
berpindah-pindah PC. Untuk meningkatkan efisiensi
dan meminimalisir waktu yang dibutuhkan maka diciptakan suatu jaringan yang saat ini dikenal dengan nama jaringan
komputer.
Jaringan ini disn berdasarkan beberapa metode
yang dikenal dengan topologi jaringan.
Diantaranya ada yang dikenal dengan star network atau jaringan bintang dan masih banyak lagi yang lainnya.
Komputer sebagai salah satu bentuk teknologi
canggih dapat digunakan sebagai alat
bantu dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Dengan bantuan komputer seorang pengajar dapat memanfaatkan
berbagai sumber informasi yang ada di
sekelilingnya sebagai sumber belajar. Pengajar dapat menggunakan berbagai program komputer untuk membuat pembelajarannya
lebih kaya informasi dan sekaligus lebih
menarik, sehingga dapat menimbulkan motivasi belajar pada para siswanya.
Pembelajaran berbantuan komputer atau computer
aided instruction yang biasa disingkat
dengan CAI merupakan suatu sistem pembelajaran dan pengajaran yang mendayagunakan perangkat komputer sebagai alat
bantu dalam proses belajar mengajar. CAI adalah pengembangan dari
teknologi informasi terpadu yang saling mendukung yakni pencitraan, audio, video dan
komunikasi (interaktif) yang dikemas dengan
sebutan teknologi multimedia. Pendayagunaan perangkat komputer dalam menunjang proses belajar mengajar baik itu
oleh guru maupun siswa secara personal sangat
diperlukan didalam menujang pemahaman teori yang dipaparkan. Proses belajar mengajar yang komunikatif, efektif dan
efisien mutlak dibutuhkan untuk mencapai
tujuan pendidikan yang ideal, yakni menghasilkan siswa-siswi yang memahami konsep pelajaran yang disampaikan dan
kegunaannya pada kehidupan sehari-hari.
Jaringan Komputer merupakan salah satu mata
kuliah yang diajarkan pada mahasiswa
yang mengikuti perkuliahan di Jurusan Ilmu Komputer. Pokok-pokok pembahasan yang dipelajari pada mata kuliah
ini diantaranya meliputi Topologi Jaringan
dan Subnetting. Pembahasan mengenai topik cukup menarik minat
mahasiswa karena perkembangannya yang
semakin pesat saat ini.
Berdasarkan informasi tersebut, penulis mencoba
untuk merancang sebuah perangkat lunak
untuk pembelajaran yang dapat memvisualisasikan materi tentang Topologi Jaringan dan Subnetting secara lebih
menarik, yang disampaikan ke dalam bentuk
penelitian dengan judul Perancangan
Aplikasi Pembelajaran Mengenai Topologi
Jaringan dan Subnetting Berbantuan Komputer.
1.2 Perumusan Masalah Berdasarkan latar
belakang masalah yang telah diuraikan di atas, maka rumusan masalah untuk penulisan Penelitian
ini adalah bagaimana merancang aplikasi pembelajaran
yang user friendly, atraktif dan sesuai dengan kriteria pembelajaran berbantuan komputer yang baik (menurut
Northwest Regional Education Laboratory), serta bagaimana mempermudah pengguna untuk
mempelajari Topologi Jaringan dan subnetting.
1.3
Batasan Masalah Didalam perancangan aplikasi pembelajaran berbantuan komputer,
penulis membatasi masalah-masalah yang
akan dibahas, meliputi: 1. Materi yang
akan disajikan hanya beberapa topik penting dari pengenalan Topologi Jaringan dan Subnetting.
2.
Aplikasi secara umum dapat digunakan oleh pengguna.
3.
Analisis terhadap aplikasi dilakukan dengan meninjau apakah aplikasi
telah memenuhi kriteria berbantuan
komputer yang baik (menurut Northwest Regional Education Laboratory).
4.
Model yang digunakan adalah gabungan dari tutorials (tutorial) dan drill
and practice (latih dan praktek).
5.
Metode yang digunakan adalah Metode Problem Solving.
6.
Aplikasi akan dibangun dengan perangkat lunak Macromedia Flash 8 dan beberapa perangkat lunak yang menunjang
pembuatan aplikasi pembelajaran.
1.4 Tujuan Penelitian Tujuan dari penelitian
ini adalah merancang dan membangun suatu aplikasi yang dapat digunakan secara user friendly dan
interaktif, meninjau apakah aplikasi telah memenuhi kriteria pembelajaran berbantuan
komputer yang baik (menurut Northwest Regional
Education Laboratory), dan juga sebagai alat bantu selain dari buku bacaan agar pengguna mengerti tentang Topologi
Jaringan dan Subnetting.
1.5 Manfaat Penelitian Manfaat yang dapat
diambil dari penulisan Penelitian ini yaitu sebagai alat bantu dalam pengajaran Topologi Jaringan dan
Subnetting yang dapat digunakan secara mandiri
dan praktis karena adanya unsur interaktif dalam perangkat lunak ini.
F l t 01 3 mplementasikan
konsep kecerdasan buatan dalam membuat game Brick Breaker menggunakan software Adobe Flash, yang
diharapkan dapat memberikan wacana baru
tentang game-game yang dibuat menggunakan software aplikasi Adobe Flash. Selain itu juga untuk menambah
pengetahuan penulis dalam membuat dan merancang
sebuah game.1.5. Manfaat penelitian Adapun manfaat dari
penulisan Tugas Akhir Implementasi Konsep Kecerdasan Buatan Dalam Rancang Bangun Game Brick Breaker
adalah: 1. Mampu menerapkan konsep
kecerdasan buatan dalam membuat sebuah game dengan menggunakan konsep Logika
Fuzzy.
2.
Sebagai bahan latihan dalam mengenal software Adobe Flash CS3 yang diharapkan seseorang mampu untuk membuat game
sendiri.
Contoh Skripsi Computer Science:Perancangan Aplikasi Pembelajaran Topologi Jaringan Dan Subnetting Berbantuan KomputerDownloads Versi PDF >>>>>>>Klik DisiniArtikel terkait skripsi diantaranya : Judul judul skripsi,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.
0 komentar:
Posting Komentar