Download Skripsi Computer Science:Implementasi Konsep Kecerdasan Buatan Dalam Rancang Bangun Game Brick Breaker
BAB PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang Kecepatan
perkembangan software saat ini cukup
pesat, tidak hanya dalam hal software
aplikasi saja, tetapi juga didalam dunia game. Game dibuat untukdigunakan sebagai sarana menghibur diri saat penat
maupun saat stress. Game sendiri merupakan sebuah aplikasi sederhana yang dapat di buat
dari beberapa macam software. Adapun bahasa
pemrograman yang sering dipakai dalam pembuatan game antara lain pascal, phyton, borlan, delphi dan juga software-
software pendukung yang digunakan dalam desain
grafis seperti Macromedia flash, panel studio, 3d max, atupun sejenis Adobe illustrator.
Sebenarnya game dapat dibuat sendiri, meskipun
untuk membuat game tersebut dikatakan
sangat rumit, walaupun hanya sebuah game sederhana. Salah satu software yang saat ini banyak digunakan untuk
membuat game mulai dari jenis game sederhana
sampai game yang rumit adalah Adobe Flash. Adobe Flash adalah sebuah program animasi yang telah banyak digunakan
oleh para desainer untuk menghasilkan desain
yang menarik, baik animasi interaktif maupun animasi non interaktif.. Diantara program-program animasi lain, program Adobe
Flash merupakan program yang paling fleksibel
untuk membuat animasi sehingga banyak yang menggunakan program tersebut. Dengan menggunakan fasilitas pada
Adobe Flash CS3 ini, dapat dihasilkan game
yang kualitas gambarnya baik, karena didalamnya
terdapat tool- tool yang sangat menarik dan bagus, akan tetapi untuk
mendapatkan game yang memiliki kualitas
baik harus didukung dengan animasi dan sound yang baik pula. Selain itu untuk menghasilkan game yang baik dalam Adobe
Flash CS3 juga dilengkapi dengan fasilitas
action Script yang dapat digunakan untuk membuat animasi gambar dengan baik. Dengan menggunakan fasilitas Adobe
Flash CS3 bukan tidak mungkin pecinta game
dapat membuat game sendiri sesuai keinginannya.
Salah satu unsur yang berperan penting dalam
sebuah game adalah kecerdasan buatan.
Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan merupakan suatu program komputer yang bertindak dan berpikir seperti manusia
dan juga bertindak dan berpikir secara
rasional pada saat yang bersamaan. Dengan kecerdasan buatan, elemen-elemen dalam game dapat berperilaku sealami mungkin
layaknya manusia. Game playing (permainan
game) merupakan bidang AI yang sangat populer berupa permainan antara manusia melawan mesin yang memiliki
intelektual untuk berpikir. Komputer dapat bereaksi dan menjawab tindakan-tindakan yang
diberikan oleh lawan mainnya.
Ribuan macam permainan komputer telah dibuat
dan dikembangkan. Game AI menggunakan
teknik-teknik kecerdasan buatan namun dengan penerapan yang lebih sederhana dikarenakan keterbatasan komputasi
dan kemampuan penyimpanan data pada
game. Salah satu metode dalam kecerdasan buatan yang dapat diaplikasikan dalam games adalah logika fuzzy. Logika fuzzy
adalah suatu bentuk logika berasal dari
teori himpunan fuzzy yang digunakan untuk bersifat penalaran daripada bersifat eksak. Logika fuzzy adalah sebuah metode untuk
menangani masalah ketidakpastian.
Yang dimaksud dengan ketidakpastian yaitu
suatu masalah yang mengandung keraguan,
ketidaktepatan, kurang lengkapnya informasi, dan nilai kebenarannya bersifat sebagian.
Dengan melihat sekian banyak implementasi
kecerdasan buatan yang sudah diaplikasikan,
maka penulis tertarik untuk membuat sebuah game yaitu Brick Breaker.
Game brick breaker ini merupakan game yang
memiliki sasaran untukmengalahkan lawan
dengan cara menghancurkan bata dengan menggunakan pemukul dan bola, kemudian bola tersebut harus masuk ke dalam
daerah gol. Jika bola menyentuh pemukul,
bata, atau bagian atas papan game beberapa kali di tingkatan mana pun, bata akan hilang satu ruang setiap kali Anda
memukul bola dengan pemukul. Bola akan dihalangi
oleh sebuah papan bergerak yang dijalankan oleh komputer. Apabila bola mampu melaluinya dan mencapai gol maka pemain
akan mendapatkan skor. Namun apabila
pemain tidak mampu mengambil bola maka lawan yang akan mendapatkan nilai dan secara otomatis mengurangi kemampuan
dari pemain. Game ini memiliki beberapa
tingkat kesulitan yang dapat dipilih oleh pemain, dimana semakin tinggi levelnya maka tingkat kesulitannya pun akan
semakin besar. Dengan menerapkan kecerdasan
buatan di dalam perancangannya diharapkan unit dapat mengambil keputusan sesuai dengan kondisi yang ada dan
respon yang muncul. Dan dengan menggunakan
logika fuzzy diharapkan hasil yang diperoleh bersifat dinamis.
1.2.Rumusan Masalah Di dalam tulisan ini
penulis akan membahas bagaimana mengimplementasikan konsep kecerdasan buatan dalam mendesain dan
membangun suatu game dengan memakai konsep
logika fuzzy dalam menentukan kelincahan dan kekuatan papan pemantul bola terhadap
datangnya bola.
1.3. Batasan Masalah Agar pembahasan dalam
skripsi ini tidak menyimpang dari topik permasalahan, maka penulis melakukan pembatasan-pembatasan
seperti berikut ini: 1. Membuat sebuah
aplikasi game BrickBreaker yang dimainkan secara single player.
2.
Aplikasi game ini menggunakan konsep implementasi dari kecerdasan buatan
dengan konsep logika fuzzy dalam
menentukan kelincahan dan kekuatan papan pemukul bola terhadap datangnya bola.
3.
Pembuatan aplikasi ini menggunakan software Adobe Flash CS3 dan Action Script 2.0.
1.4. Tujuan Penelitian Mengimplementasikan
konsep kecerdasan buatan dalam membuat game Brick Breaker menggunakan software Adobe Flash, yang
diharapkan dapat memberikan wacana baru
tentang game-game yang dibuat menggunakan software aplikasi Adobe Flash. Selain itu juga untuk menambah
pengetahuan penulis dalam membuat dan merancang
sebuah game.
1.5. Manfaat penelitian Adapun manfaat dari
penulisan Tugas Akhir Implementasi Konsep Kecerdasan Buatan Dalam Rancang Bangun Game Brick Breaker
adalah: 1. Mampu menerapkan konsep
kecerdasan buatan dalam membuat sebuah game dengan menggunakan konsep Logika
Fuzzy.
2.
Sebagai bahan latihan dalam mengenal software Adobe Flash CS3 yang diharapkan seseorang mampu untuk membuat game
sendiri.
Contoh Skripsi Computer Science:Implementasi Konsep Kecerdasan Buatan Dalam Rancang Bangun Game Brick BreakerDownloads Versi PDF >>>>>>>Klik DisiniArtikel terkait skripsi diantaranya : Judul judul skripsi,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.
0 komentar:
Posting Komentar