Download Skripsi Computer Science:Implementasi Konsep Kecerdasan Buatan Dengan Metode Best First Search (BSF) Untuk Pembuatan Game Ular Tangga Modifikasi
BAB PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Di zaman modern ini, perkembangan software
sangat pesat. Tidak hanya dalam hal software
aplikasi saja, tetapi dalam dunia game juga sama. Salah satu software yang saat ini banyak digunakan untuk membuat game
mulai dari jenis game sederhana sampai
game yang rumit adalah Adobe Flash. Adobe Flash adalah sebuah program animasi yang telah banyak digunakan oleh para
desainer untuk menghasilkan desain yang
menarik. Diantara program-program animasi, program Adobe Flash merupakan program yang paling fleksibel untuk membuat
animasi sehingga banyak yang menggunakan
program tersebut.
Fungsi program Adobe Flash adalah
untuk membuat animasi, baik animasi interaktif
maupun animasi non-interaktif. Program Adobe Flash sangat bermanfaat bagi para seniman untuk menuangkan ide-idenya
ke dalam sebuah animasi gerak.
Adobe Flash biasanya digunakan
untuk membuat animasi web yang akan ditampilkan dalam sebuah situs internet, pembuatan
animasi-animasi film, animasi iklan dan lainlain. Saat membuat sebuah desain
yang akan ditampilkan dalam situs internet, maupun di televisi, desainer sering menggabungkan
program Adobe Flash dengan programprogram lain, seperti: Adobe Dreamweaver,
Frontpage, Adobe Photoshop, CorelDraw, dan
lain-lain.
Game sebagai media hiburan telah
berkembang dengan pesat seiring dengan perkembangan
teknologi. Salah satu unsur yang berperan penting dalam sebuah game adalah
Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence. Kecerdan buatan sendiri dapat diterapkan atau diimplementasikan kedalam
berbagai bentuk aplikasi. Bentuk implementasi
yang paling mudah untuk diukur tingkat keberhasilan dan cukup digemari oleh sebagian besar public yaitu pada
games atau permainan. Elemen-elemen dalam game
dapat berperilaku sealami mungkin layaknya manusia dengan Judul judul skripsi menggunakan konsep
kecerdasan buatan. Game playing (Permainan game) merupakan bidang AI yang sangat popular berupa permainan
manusia melawan mesin yang memiliki
intelektual untuk berpikir. Komputer dapat bereaksi dan menjawab
tindakantindakan yang diberikan oleh lawan mainnya. Ribuan macam permainan
komputer telah dibuat dan dikembangkan.
Gameular tangga merupakan jenis
game yang melatih kesabaran. Dalam game ini terdapat beberapa pemain yang dapat
digerakkan untuk menempuh pejalanan dari awal sampai akhir. Langkah yg ditempuh oleh
karakter berdasarkan dengan angka dadu
yang didapat secara acak. Didalam perjalanan, karakter akan menemukan ular yang akan memundurkan jalan dan tangga yang
akan mempercepat perjalanan.
Pemain yang pertama sampai di
kotak finish, dialah pemenangnya.
Mencermati hal-hal diatas,
penulis berminat untuk mengimplementasikan kecerdasan buatan dengan metode heuristic
dalam algoritma Best First Searchuntuk pembuatan
game ular tangga modifikasi.
1.2 Perumusan Masalah Permasalahan
yang dihadapi di dalam tulisan ini adalah bagaimana mengimplementasikan kecerdasan buatan dengan
metode best first search untuk membangun
sebuah game ular tangga modifikasi.
1.3 Batasan Masalah Penulis
melakukan pembatasan/ruang lingkup masalah, hal ini dilakukan agar pembahasannya tidak menyimpang dari topik
permasalahan, batasannya yaitu: 1.
Implementasi kecerdasan buatan dengan metode best first search untuk pembuatan game ular tangga modifikasi.
2. Menggunakan softwarependukung Adobe Flash CS3
Professional.
Judul judul skripsi 1.4 Tujuan
Penelitian Tujuan penelitian adalah mengimplementasikan konsep kecerdasan
buatan terutama dalam implementasi
metode best first search melalui game ular tangga modifikasi dengan menggunakan software aplikasi Adobe
Flash.
1.5 Manfaat Penelitian Manfaat penelitian dalam mengimplementasikan
konsep kecerdasan buatan untuk pembuatan
game ular tangga adalah : 1. Secara
teoritis diharapkan dapat digunakan sebagai bahan acuan dalam penerapan konsep kecerdasan buatan dengan
metode best first search pada pembuatan
game ular tangga modifikasi.
2. Secara praktis diharapkan melalui penerapan
kecerdasan buatan didalam game ular tangga modifikasi dengan metode best
first search dapat memberikan tantangan berdasarkan kemampuan
pemain.
1.6 Metode Penelitian Metode yang digunakan dalam
Implementasi kecerdasan buatan untuk pembuatan game ular tangga modifikasi ini adalah : 1. Studi Literatur, yaitu dengan cara
mengumpulkan informasi dan mempelajari
materi dari sumber-sumber data yang berhubungan dengan implementasi konsep kecerdasan buatan untuk
pembuatan game ular tangga
modifikasi menggunakan aplikasi Adobe Flash.
2. Analisis Data, yaitu merencanakan jenis
(tipe) game yang akan dibuat, yaitu
Board Game.
Judul judul skripsi 3. Perancangan, yaitu membuat rancangan dan
desain objek yang akan dibuat, seperti :
karakter dalam game, background, dan suara.
4. Implementasi, yaitu membuat program dengan
menggunakan software aplikasi Adobe Flash.
5. Pengujian, yaitu melakukan pengujian terhadap
perangkat lunak yang dibangun. Sesuatu
yang dibangun haruslah diujicobakan. Demikian juga dengan software. Semua fungsi-fungsi software
harus diujicobakan, agar software bebas
dari error, dan hasilnya harus benar-benar sesuai dengan kebutuhan,.
6. Dokumentasi, yaitu tahap akhir dimana
dilakukan penyjudul judul skripsinan laporan.
Contoh Skripsi Computer Science:Implementasi Konsep Kecerdasan Buatan Dengan Metode Best First Search (BSF) Untuk Pembuatan Game Ular Tangga ModifikasiDownloads Versi PDF >>>>>>>Klik DisiniArtikel terkait skripsi diantaranya : Judul judul skripsi,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.
0 komentar:
Posting Komentar