Abstrak
PAI
Bahasa merupakan kunci utama dalam komunikasi. Dengan adanya
bahasa, manusia dapat memahami apa yang dikatakan oleh orang lain. Bahasa
yang diungkapkan manusia bermacam-macam, ada bahasa mata, bahasa pokem,
dan bahasa lisan yang biasa digunakan manusia dalam berinteraksi dengan yang
lain. Di Indonesia, ada tiga pengajaran bahasa, yaitu: bahasa ibu, bahasa Indonesia
dan bahasa asing seperti: bahasa Jepang, Jerman, Inggris, Arab, Mandarin, dan
lain sebagainya. Akan tetapi, yang paling banyak dipelajari oleh masyarakat
Indonesia adalah bahasa Inggris dan bahasa Arab. Mengingat bahasa Inggris
adalah bahasa internasional dan bahasa Arab adalah bahasanya umat Islam, karena
sumber dari ajaran Islam (al-Qur’an dan Hadis) adalah berbahasa Arab, dan
mayoritas penduduk Indonesia adalah beragama Islam.
Mempelajari bahasa asing bukanlah hal yang mudah dan remeh, untuk
mempelajarinya, perlu kesungguhan dan metode pembelajaran yang tepat. Dalam
meningkatkan mutu pegajaran bahasa asing, berbagai Lembaga membentuk suatu
Lembaga Pengembangan Bahasa Asing sebagai upaya dalam meningkatkan
pengajaran bahasa asing. Salah satunya adalah Lembaga Pengembangan Bahasa
Asing (LPBA) yang berada di Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo.
LPBA sangat berperan penting dalam peningkatan kualitas santri Pondok
Pesantren Nurul Jadid. Karena, terpandang dan lumpuhnya, maju mundurnya
pengajaran PP. Nurul Jadid selalu dikaitkan dengan tingkat kemampuan para
santri dalam menggunakan kedua bahasa asing (Arab dan Inggris) tersebut.
Keberhasilan suatu Lembaga, banyak faktor yang mempengaruhi, termasuk juga
metode dan bentuk kegiatan yang disajikan di dalamnya. Berangakat dari latar
belakang inilah, penulis ingin meneliti gambaran umum LPBA Nurul Jadid,
meliputi bentuk kegiatan dan metode yang digunakan, dengan mengambil judul
Pengembangan Bahasa Asing Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa
Santri di Pondok Pesantren Nurul Jadid.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui kegiatankegiatan
pengembangan
bahasa asing yang dilaksanakan
oleh LPBA Nurul Jadid,
ingin
mengetahui
metode
pembelajaran
yang
digunakan oleh LPBA Nurul Jadid,
serta
ingin mengetahui
faktor
pendukung dan penghambat
pembelajaran
bahasa
asing
di LPBA
Pondok Pesantren Nurul
Jadid.
Penelitian yang penulis lakukan ini termasuk penelitian deskriptif
kualitatif. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseach), yang mana
peneliti terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh suatu data. Dalam
perjalanan mengumpulkan data, penulis menggunakan metode observasi,
intervieu, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan
analisis deskriptif kualitatif. Yaitu, berupa data-data yang tertulis atau lisan dari
orang, dan perilaku yang diamati. Dalam hal ini penulis berupaya menggunakan
penelitian yang berupa menggambarkan secara menyeluruh keadaan yang
sebenarnya. Selain itu, untuk pengecekan keabsahan data, penulis menggunakan
teknik triangulasi untuk mengecek keabsahannya.
Hasil penelitian yang dilakukan penulis dapat disampaikan disini
bahwasanya, kegiatan pengembangan bahasa asing di LPBA Pondok Pesantren
Nurul Jadid terbagi menjadi dua bentuk, yaitu intra dan ekstra kurikuler. Kegiatan
intra dilakukan secara formal didalam kelas, sedangkan ekstra berupa kegiatankegiatan
yang dilaksanakan diluar kelas, seperti:
Pidato, insya’,
tarjamah,
diskusi,
debat,
dan simulasi.
Selain itu, ada juga
program
diniyyah, pekan bahasa, dan
stadium
general. Metode yang digunakan dalam
proses belajar mengajar
di kelas
adalah:
Metode ceramah,
metode
muhadasah,
metode membaca,
metode
qawa’id,
dan
metode
translation. Sedangkan faktor
pendukungnya adalah: unsur pimpinan
Podok
Pesantren Nurul Jadid, pelaksanaan
tata tertib, penempatan
khusus
(asrama),
dan perpustakaan. Faktor penghambatnya
antara lain: Peserta didik,
pendidik
dan pengurus, serta masalah
dana.
Kata
Kunci : Bahasa Asing, Kemampuan Berbahasa
Contoh
Skripsi Akuntansi:Pengawasan Internal Atas Aktiva TetapDownloads Versi
PDF >>>>>>>Klik Disini Artikel terkait skripsi
diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian
kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download
skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh
makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang,
beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis
kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis
contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal
pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir
jurusan akuntansi, contoh skripsi pendidikan agama islam, skripsi fakultas
pendidikan.
0 komentar:
Posting Komentar