Abstrak
PAI
media. Mengingat kedudukan media pembelajaran ini tidak hanya sekedar alat
bantu mengajar, tetapi juga merupakan salah satu cara untuk memotivasi dan
berkomunikasi dengan siswa agar lebih efektif. Selain dapat menggantikan
sebagian tugas guru sebagai penyaji materi (penyalur pesan) media juga memiliki
kegunaan untuk mengatasai hambatan dalam berkomunikasi, keterbatasan fisik
dalam kelas, sikap pasif siswa serta mempersatukan pengamatan mereka. Oleh
karena itu media pembelajaran dapat dikatakan sebagai sumber belajar yang dapat
membantu mencapai tujuan dari pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan
meningkatkan motivasi siswa dalam proses belajar mengajar Pendidikan Agama
Islam.
Berdasarkan latar belakang diatas maka peneliti mengangkat beberapa
masalah yaitu, Pertama: penggunaan media pembelajaran Pendidikan Agama
Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMK Negeri Pasirian
Lumajang, Kedua: faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat
menggunakan media pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan
motivasi belajar siswa d SMK Negeri Pasirian Lumajang.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan
jenis penelitian studi kasus (deskriptif), dengan memberikan gambaran tentang
suatu gejala atau peristiwa yang terjadi di lapangan. Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan cara observasi, interview, serta dokumentasi.
Dengan rancangan penelitian sebagaimana dijelaskan, peneliti
memperoleh hasil data yaitu, Pertama: penggunaan media oleh guru untuk
menigkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam
meliputi beberapa tahap diantaranya yaitu persiapan guru dalam mengajar, teknis
penggunaan media pembelajaran, dan kriteria yang perlu diperhatikan dalam
penggunaan media pembelajaran, Kedua: faktor pendukung dan penghambat
dalam menggunakan media pembelajaran. Faktor pendukung yaitu tersedianya
media di sekolah, tersedianya waktu untuk menggunakan media, minat dan respon
siswa, kemampuan guru dalam menggunakan media, kedisiplinan guru. Faktor
penghambatnya yaitu: siswa yang terlambat, siswa yang tidak membawa buku,
suasana kelas yang ramai, kurangnya ketrampilan guru dalam membuat media,
terbatasnya media di sekolah, kemampuan dasar siswa dalam baca, tulis al-Quran
Contoh
Skripsi Akuntansi:Pengawasan Internal Atas Aktiva TetapDownloads Versi
PDF >>>>>>>Klik Disini Artikel terkait skripsi
diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian
kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download
skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh
makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang,
beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis
kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis
contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal
pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir
jurusan akuntansi, contoh skripsi pendidikan agama islam, skripsi fakultas
pendidikan.
0 komentar:
Posting Komentar