Abstrak
PAI
kehidupan beragama, berbangsa dan bernegara, terlebih-lebih pendidikan Islam.
Karena hanya dengan pendidikan yang sesungguhnyalah manusia akan mampu
merekontruksi pola pikir yang selama ini masih dibawah ketertindasan menuju
pola fikir kemerdekaan yang cenderung konstruktif. Pendidikan Islam yang selam
ini dalam bayangan manusia menjadi pilihan yang tepat dalam rangka
menumbuhkembangkan fitrah dan potensi yang diberikan Tuhan untuk kemudian
diekplorasikan dalam kehidupan nyata menjadi sebuah keharusan yang harus
difikirkan oleh elemen pelaksana pendidikan.
Berangkat dari itulah penulis kemudian ingin membahas kembali
pemikiran tokoh dan intelektual muslim Indonesia yang mencoba untuk
merumuskan pendidikan Islam yang sesuai dengan haparan agama, bangsa dan
Negara, seperti K.H. Ahmad Dahlan dan K.H. Hasyim Asy’ari. Maka dari itu
penulis mengambil judul Komparasi Pemikiran K.H. Ahmad Dahlan dan K.H
Hasyim Asy’ari tentang Pendidikan Islam. Dengan harapan, konsepsi pendidikan
Islam yang ditawarkan oleh kedua tokoh tersebut mampu menginspirasikan
elemen pelaksana pendidikan dalam rangka mengembangkan pendidikan Islam
agar kemudian pendidikan Islam mampu menjawab tantangan globalisasi dengan
tetap mendasarkan pada nilai-nilai ajaran Islam.
Fokus masalah dalam penelitian ini adalah persamaan dan perbedaan
pendidikan Islam menurut K.H. Ahmad Dahlan dan K.H. Hasyim Asy’ari, serta
kontribusi K.H. Ahmad Dahlan dan K.H. Hasyiam Asy’ari dalam bidang
pendidikan. Dari fokus masalah yang sudah disebutkan tadi, penulis mengambil
langkag untuk kemudian menganalisis atau menelitinya dengan tujan mampu
mengetahui, memahami, dan mampu mengambil kesimpulan dari pemikiran
pendidikan Islam K.H. Ahmad Dahlan dan K.H. Hasyim Asy’ari, sehingga hasil
dari telaah tersebut mampu dijadikan kontribusi dalam terselenggaranya dan
berkembangnya pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan
diskriptif kualitatif dengan jenis library research. Sedangkan metode
pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dalam rangka mencari
sumber dan data yang menunjang dalam penulisan ini. Kemudian dari
dokumentasi tersebut dianalisis dengan menggunakan metode content analysis
dan interpretasi sumber dan data yang didapat.
Dengan kerangka itu, dapat diketahui bahwa pendidikan Islam dalam
perspektif K.H. Ahmad Dahlan adalah merupakan suatu sarana dan upaya sadar
yang dilakukan dalam rangka mengentaskan pemikiran manusia yang statis
menuju pemikiran yang dinamis yang bertujuan melahirkan manusia yang siap
tampil sebagai ulama-intelek dan intelek-ulama yang memiliki keteguhan iman
dan ilmu yang luas, serta kuat jasmani dan rohani yang tetap mendasarkan semua itu pada Al-Qur’an dan Hadis. Sedangkan pendidikan Islam dalam perspekti K.H.
Hasyim Asy’ari merupakan sarana dan upaya strategis yang dilakukan oleh
manusia dalam rangka mencapai kemanuisannya, sehingga mampu mengetahui
hakikat penciptaannya, penciptanya dan tugas serta tanggung jawab manusia
sebagai khalifah di bumi yang kemudian bertujuan agar dengan pendidikan Islam,
manusia mampu mendekatkan diri kepada Allah SWT., sehingga mendapatkan
kebahagian dunia dan akhirat yang juga tetap melandaskan pada Al-Qur’an dan
Hadis.
K.H. Ahmad Dahlan dan K.H. Hasyim Asy’ari memiliki persamaan dan
perbedaan dalam memandang pendidikan Islam. Namun, secara umum mereka
berdua sepakat bahwa pendidikan Islam merupakan sarana dan upaya yang tepat
dan strategis dalam rangka menyelamatkan kehidupan manusia dari hal apapun.
Sedangkan perbedaan yang terlihat dari kedua tokoh tersebut dalam memaknai
pendidikan Islam adalah masalah substansi dari pendidikan Islam tersebut. K.H.
Ahmad Dahlan cenderung bercorak modernis, sedangkan K.H. Hasyim Asy’ari
cenderung bercorak tradisionalis.
Kontribusi K.H. Ahmad Dahlan dan K.H. Hasyim Asy’ari terhadp
pendidikan Islam di Indonesia sangatlah banyak. K.H. Ahmad Dahlan dengan
Muhammdiyahnya sudah mendirikan ribuan lembaga pendidikan, dan K.H.
Hasyim Asy’ari dengan Nahdlotul Ulamanya juag sudah melahirkan lembaga
pendidikan yang tersebar diseluruh Indonesia. Dan sampai sekarang sistem
pendidikan Islam yang mereka berdua tawarkan masih dipergunakan dalam
lembaga-lembaga pendidikan.
Kata Kunci: Pendidikan Islam, K.H. Ahmad Dahlan, K.H. Hasyim Asy’ari
Contoh
Skripsi Akuntansi:Pengawasan Internal Atas Aktiva TetapDownloads Versi
PDF >>>>>>>Klik Disini Artikel terkait skripsi
diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian
kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download
skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh
makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang,
beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis
kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis
contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal
pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir
jurusan akuntansi, contoh skripsi pendidikan agama islam, skripsi fakultas
pendidikan.
0 komentar:
Posting Komentar