Abstrak
PAI
cerdas, damai, terbuka dan demokratis. Oleh karena itu, pembaharuan pendidikan
harus selalu dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan nasional. Dalam
upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia ini tidak serta merta
langsung terjadi dalam sekejap, melainkan melalui proses yaitu pemupukan siswa
mulai dari awal masuk sekolah untuk giat dalam belajar. Faktor lain yang bisa
merubah kualitas pendidikan yang berorientasi pada prestasi adalah kebiasaan
siswa dalam melakukan proses belajar.
Namun dalam kenyataannya yang terjadi dilapangan, tidak semua siswa
yang memiliki kebiasaan belajar yang baik selalu mendapatkan prestasi yang baik.
Sedangkan siswa yang tidak memiliki kebiasaan belajar yang baik dan teratur bisa
mendapatkan prestasi yang memuaskan.
Berdasarkan gambaran permasalahan diatas, maka penulis melakukan
penelitian di MTs. Raudlatul Falah Talok Turen Malang dengan rumusan masalah
sebagai berikut :1). Bagaimana kebiasaan belajar dan prestasi belajar siswa? 2).
Bagaimana hubungan antara kebiasaan belajar dan prestasi belajarnya?. Adapun
tujuan penelitiannya adalah 1) Untuk mengetahui kebiasaan belajar dan prestasi
belajar siswa 2) Untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan belajar dan prestasi
belajar siswa
Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif korelasional. Dalam
mengumpulkan data penelitian, peneliti menggunakan tiga metode yaitu metode
angket, observasi dan dokumentasi. Angket disebar kepada semua sampel yaitu
sebayak 65 siswa dari seluruh populasi yang ada dengan teknik random sampling.
Setelah data diperoleh, maka penulis menganalisanya dengan
menggunakan dua teknik analisa yaitu pertama menggunakan analisa
prosentase untuk jenis data kuantitatif deskriptif dengan rumus prosentase
data
Kemudian yang kedua penulis menggunakan analisa korelasi dengan
memakai rumus Product Moment dari Pearson.
Berdasarkan hasil perhitungan, terdapat hubungan/korelasi yang
signifikan antara kebiasaan belajar dan prestasi belajar siswa. Hal ini
ditunjukkan dengan nilai r = 0,695 yang menunjukkan besarnya hubungan antara variable bebas dengan variable terikat dengan f hitung 29,494 dan f
table 4,17 yang berarti bahwa f hitung lebih besar dari f table (29,494 > 4,17)
dengan nilai sig f 0,000.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1. Kebiasaan belajar siswa
MTs. Raudlatul Falah Talok Turen Malang berbeda-beda satu sama lain, hal
ini dapat dilihat dari jawaban yang diberikan siswa dalam mengisi angket
penelitian yang disebar oleh peneliti. Prestasi belajar siswa MTs. Raudlatul
Falah Talok Turen Malang sangat bagus dilihat dari nilai raport, antara
semester ganjil dan semester genap secara keseluruhan mengalami
peningkatan. 2. Susuai hasil perhitungan nilai interpretasi dengan
menggunakan rumus Product Moment dari Pearson bahwa hubungan antara
kebiasaan belajar dan prestasi belajar siswa MTs. Raudlatul Falah adalah
sebesar 0,48 atau 48 % yang artinya hubungannya sedang
Contoh
Skripsi Akuntansi:Pengawasan Internal Atas Aktiva TetapDownloads Versi
PDF >>>>>>>Klik Disini Artikel terkait skripsi
diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian
kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download
skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh
makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang,
beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis
kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis
contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal
pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir
jurusan akuntansi, contoh skripsi pendidikan agama islam, skripsi fakultas
pendidikan.
0 komentar:
Posting Komentar