Abstrak
PAI
Untuk berhasilnya suatu pembelajaran, pendidik memiliki peran yang
sangat penting dan harus memiliki berbagai macam kemampuan diantaranya
membekali diri dengan berbagai macam ilmu pengetahuan dan keterampilan
seperti mengelola program belajar mengajar, mengelola kelas, penggunaan media,
menguasai landasan pendidikan, mengelola interaksi belajar mengajar, menilai
prestasi siswa, melayani bimbingan dan penyuluhan serta memilih pendekatan
belajar mengajar yang tepat. Metode pembelajaran merupakan salah satu faktor
atau komponen pendidikan yang sangat menentukan berhasil tidaknya suatu
pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif
adalah pendekatan Active Learning. Active Learning adalah sistem belajar
mengajar yang menekankan keaktifan siswa secara fisik, mental, dan intelektual
guna memperoleh hasil belajar yang berupa perpaduan antara kognitif, afektif, dan
psikomotorik. Maka dari itu sebagai salah satu lembaga pendidikan Islam, MTs
Al Furqan selalu berusaha untuk meningkatkan kualitasnya dalam proses
pembelajaran. Kepala sekolah selaku pimpinan dari MTs Al Furqan mulai tahun
ajaran 2007-2008 mencanankan sistem pembelajaran dengan menggunakan
pendekatan Active Learning terhadap semua mata pelajaran, termasuk juga mata
pelajaran Al Qur’an Hadits. Dengan diterapkannya pendekatan Active Learning
ini diharapkan dapat mengaktifkan siswa maupun menciptakan suasana belajar
yang menyenangkan dalam kegiatan belajar siswa dan dapat meningkatkan
prestasi siswa.
Berdasarkan permasalahan diatas, maka penulis melakukan penelitian di
MTs Al Furqan Talok Turen Malang dengan rumusan masalah sebagai berikut :1)
Bagaimana penerapan pendekatan Active Learning dalam pembelajaran Al Qur’an
Hadits di Al Furqan Talok-Turen Malang. 2) Apa kendala-kendala penerapan
pendekatan Active Learning dalam pembelajaran Al Qur’an Hadits di MTs Al
Furqan Talok Turen Malang. Adapun tujuan dan dari pembahasan di atas adalah
:1) Untuk mengetahui penerapan pendekatan Active Learning dalam pembelajaran
Al Qur’an Hadits di MTs Al Furqan Talok Turen Malang. 2) Untuk mengetahui
kendala-kendala dalam penerapan pendekatan Active Learning dalam
pembelajaran Al Qur’an Hadits di MTs Al Furqan Talok Turen Malang.
Sedangkan penelitian yang penulis lakukan ini termasuk dalam penelitian
deskriptif kualitatif. Untuk mengumpulkan data, penulis menggunakan beberapa
metode yaitu: metode observasi, metode dokumentasi dan metode interview,
adapun yang menjadi responden adalah adalah kepala sekolah, waka kurikulum,
guru bidang studi Al Qur’an Hadits dan siswa-siswi MTs Al Furqan. Sedangkan
untuk menganalisisnya penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif yaitu
berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang diamati
sehingga dalam hal ini penulis mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Selain itu,
untuk mendukung uraian dari keadaan yang sebenarnya ada dilapangan, di sisni
penulis sertakan tabel sebagai pelengkap data.
Berdasarkan hasil dari analisis tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa
penerapan pendekatan Active Learning dalam pembelajaran Al Qur’an Hadits di
MTs Al Furqan Talok Turen Malang telah memenuhi beberapa komponen
diantaranya: Pengalaman, Interaksi, Komunikasi, Refleksi, di samping itu
didukung oleh Sikap dan prilaku guru, dan Ruang kelas yang menunjang aktif.
Adapun yang menjadi kendala dalam penerapan pendekatan Active Learning
adalah (1) Terbatasnya pengetahuan guru tentang pendekatan Active Learning (2)
Sarana dan prasarana yang kurang memadai. (3) Adanya faktor kemampuan dan
psikologi atau karakter anak yang berbeda Solusi dan pemecahan yang dapat
diupayakan yaitu (1) Guru Al Qur’an Hadits sesering mungkin untuk bertukar
pendapat dengan Waka Kurikulum, guru-guru sejenis dan siswa (2) Guru Al
Qur’an Hadits harus mendatangi worksop tentang pendekatan Active Learning. (3)
Memberikan buku-buku referensi yang berhubungan dengan pembelajaran Active
Learning pada guru Al Qur’an Hadits. (4) Melengkapi fasilitas yang mendukung
dari penerapannya pendekatan Active Learning
Contoh
Skripsi Akuntansi:Pengawasan Internal Atas Aktiva TetapDownloads Versi
PDF >>>>>>>Klik Disini Artikel terkait skripsi
diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian
kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download
skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh
makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang,
beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis
kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis
contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal
pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir
jurusan akuntansi, contoh skripsi pendidikan agama islam, skripsi fakultas
pendidikan.
0 komentar:
Posting Komentar