Abstrak
PAI
Secara umum kurikulum Pendidikan Agama Islam merupakan
acuan/pedoman pembelajaran mata pelajaran yang dikembangkan dari ajaran-ajaran
dasar yang terdapat dalam agama islam. Ajaran-ajaran tersebut terdapat dalam alqur’an
dan al-hadits untuk kepentingan pendidikan, dengan melalui proses ijtihad
para ulama mengembangkan materi pendidikan agama islam pada tingkat yang lebih
rinci. Mata pelajaran pendidikan agama islam tidak hanya mengantarkan peserta didik
untuk menguasai berbagai ajaran islam. Tetapi yang terpenting adalah bagaimana
peserta didik dapat mengamalkan ajaran-ajaran itu dalam kehidupan sehari-hari.
Implementasi Kurikulun Terhadap Keberhasilan Guru Pendidikan Agama
Islam adalah salah satu bentuk pelaksanaan kurikulum yang ditetapkan secara
nasional dilapangan. Hal ini dilaksanakan karena kita jumpai disekolah-sekolah pada
umumnya pelaksana pendidikan dilapangan kurang memperhatikan kurikulum yang
berlaku, karena dianggap kurikulum yang sebelumnya belum terlaksana secara utuh
telah digantikan dengan kurikulum yang baru.
Tujuan penulisan ini adalah untuk untuk mengetahui pelaksanaan
KURIKULUM terhadap keberhasilan guru Pendidikan Agama Islam di SMA N 2
Lumajang, untuk mengetahui strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam
mengoptimalkan implementasi KURIKULUM terhadap keberhasilan Guru
Pendidikan Agama Islam di SMA N 2 Lumajang, untuk mengetahui faktor apa yang
menjadi pendukung dan penghambat dalam Implementasi KURIKULUM terhadap
keberhasilan guru Pendidikan Agama Islam di SMA N 2 Lumajang.
Pelaksanaan penulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode
pengumpulan data teknik waancara, studi dokumentasi data dilakukan dengan tiga
tahap yaitu penyederhanaan, penyajian data, penarikan dan penyajian kesimpulan.
Pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, wawancara dan
dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah SMA Negeri Malang, wakil kepala
sekolah bagian kurikulum dan dua orang guru pendidikan agama islam yang ada.
Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan teknis analisis deskriptif kualitatif,
yaitu mendeskripsikan dan menginterpretasikan data yang telah didapat sehingga
menggambarkan realitas yang sebenarnya sesuai dengan fenomena yang ada. Hasil penulisan menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan/ implementasi
kurikulum terhadap keberhasilan guru Pendidikan Agama Islam ini adalah setiap guru
Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Lumajang telah melaksanakan kurikulum
yang berlaku secara nasional dengan baik. karena keberadaan sekolah pada dasarnya
dari, oleh dan untuk masyarakat dan sudah saatnya implementasi KURIKULUM
terhadap keberhasilan Guru Pendidikan Agama Islam ini diterapkan dengan utuh di
sekolah-sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan.
Strategi yang digunakan untuk mengimplementasikan kurikulum 1994,
Kurikulum Berbasis Kompetensi 2004, maupun Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan 2006, serta dalam meningkatkan kualitas pembelajaran siswa adalah
strategi inkuiri, di mana dengan menerapkan strategi inkuiri ini suatu rangkaian
kegiatan belajar yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan siswa untuk
mencari dan menyelidiki secara sistematis, kritis, logis, analitis, sehingga mereka
dapat merumuskan sendiri penemuannya dengan penuh percaya diri.
Disini dapat dipahami bahwa Faktor yang menjadi penunjang dalam
mengimplementasikan kurikulum 1994, Kurikulum Berbasis Kompetensi 2004,
maupun Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan 2006 dan peningkatan kualitas
pembelajaran siswa adalah faktor dari guru itu sendiri, faktor anak didik, faktor media
pembelajaran, faktor sarana prasarana dan faktor lingkungan dimana anak didik itu
berada. Disamping itu juga ada beberapa faktor yang menjadi penghambat dalam
mengimplementasikan kurikulum 1994, Kurikulum Berbasis Kompetensi 2004,
maupun Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan 2006 dan peningkatan kualitas
pembelajaran siswa adalah faktor dari guru itu sendiri, faktor anak didik, faktor media
pembelajaran, faktor sarana prasarana dan faktor lingkungan dimana anak didik itu
berada.
Semua faktor penghambat tersebut harus segera diselesaikan dengan
memberikan pelatihan, work shop bagi guru, dan seminar agar dalam proses belajar
mengajar dapat mengimplementasikan kurikulum dengan lancar.
Contoh
Skripsi Akuntansi:Pengawasan Internal Atas Aktiva TetapDownloads Versi
PDF >>>>>>>Klik Disini Artikel terkait skripsi
diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian
kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download
skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh
makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang,
beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis
kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis
contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal
pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir
jurusan akuntansi, contoh skripsi pendidikan agama islam, skripsi fakultas
pendidikan.
0 komentar:
Posting Komentar