Abstrak
PAI
terjemah Al-Qur’an, dimana para santri Dididik secara intensif satu persatu untuk
membaca dan menterjemahkan isi kitab suci Al-Qur’an di hadapan seorang guru
atau Pendamping. Dengan metode tersebut memungkinkan bagi seorang guru
untuk mengawasi secara langsung, menilai dan membimbing secara maksimal
kemampuan seorang santri dalam menterjemah ayat demi ayat, juga akan
mempunyai pengaruh terhadap jiwa psikis santri/ anak didik.
Melihat wacana yang ada maka peneliti tertarik untuk mengadakan
penelitian tentang “Efektifitas Pembelajaran Terjemah Al-Qur'an Melalui
Metode Granada Bagi siswa - siswi Yayasan Al-Hikmah Sawojajar Malang
”.
Adapun Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah
Pelaksanaan Pembelajaran Terjemah Al-Qur’an Dengan Menggunakan Metode
Granada Bagi Siswa siswi di yayasan Al-Hikmah Sawojajar Malang?.(2)
Bagaimanakah Efektifitas Pembelajaran terjemah Qur'an Melalui Metode
Granada Bagi Siswa siswi di yayasan Al-Hikmah Sawojajar Malang ?
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualiatif dan teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, interview, dan dokumentasi.
Disamping analisis deskriptif kualitatif, untuk menunjang terhadap hasil
interview, maka peneliti memberikan sejumlah angket untuk mendapatkan
jawaban-jawaban seputar penelitian yang dimaksud. Dengan tingkat parameter,
dikatakan efektif sebuah pembelajaran terjemah Al-Qur’an jika: (a) Para siswa
dapat menterjemahkan Al-Qur’an dengan bahsa dan kata-kata yang baik sehingga
mudah untuk difahami maksudnya. (b) Para siswa mampu membedakan antara
kata kerja, kata benda, huruf, dan juga mampu menambah perolehan Juz hasil
terjemahanya.
Berdasarkan data kualitaif tersebut, maka penulis dapat mengambil
kesimpulan: (1) Pelaksanaan Metode Granada Bagi siswa siswi Di Yayasan AlHikmah
Sawojajar Malang melalui
beberapa
tahapan, yaitu:
(a) Tahap
Persiapan,
(b) Tahap Pelaksanaan. (2) Efektifitas Pembelajaran terjemah Al-Qur'an Melalui
Metode Granada Bagi siswa siswi Di Yayasan Al-Hikmah Sawojajar Malang
dapat di simpulkan: (a) Dari hasil angket yang diperoleh berkenaan dengan
perolehan tambahan Juz yang dapat mereka terjemahkan: sebagian siswa yakni 58
% mempunyai tingkat perolehan tambahan antara 16 juz sampai 20 juz.
Sementara 23 % menyatakan tingkat perolehan Juz yang dapat mereka
terjemahkan antara 2 juz sampai 5 juz. Dan sebagian kecil 17, 64 % menunjukkan
perolehan Juz yang dapat mereka terjemahkan antara 10 juz. Jadi, pembelajaran
Terjemah Al-Qur’an dengan metode Granada bagi siswa siswi di Yayasan Al-Hikmah Sawojajar Malang efektif. Hal tersebut, terlihat jelas dari tingkat
perolehan Juz yang dapat mereka tewrjemahkan meningkat. (b) Berkenaan dengan
tingkat Kebagusan hasil terjemah para siswa. sebagaimana hasil angket: dari 5
responden siswa yang pernah Belajar terjemah 20 % menyatakan kemampuan
mereka ada beberapa yang kurang baik dan 80 % mereka manyatakan kemampuan
menterjemah mereka selama tinggal di yayasan semakin Baik. Sedang dari 12
responden siswa, yang mana mereka masih proses belajar menterjemah
menunjukkan 25 % menyatakan kemampuan mereka ada yang beberapa kurang
baik dan 75 % kemampuan mereka semakin baik. Dari hal tersebut, dapat
diketahui tingkat kemampuan dari santri siswa di Yayasan Al-Hikmah
mempunyai tingkat kemampuan yang tinggi. Sehingga bisa dikatakan
pembelajaran Terjemah Al-Qur’an dengan metode Granada efektif. Hal ini
terbukti dari sebagian besar (mayoritas) dari santri siswa yang pernah Belajar
terjemah Asl-Qur’an menyatakan kemampuan mereka semakin baik selama
tinggal di Yayasan, begitu pula bagi santri siswa yang masih proses belajar
terjemah mereka menyatakan kemampuan mereka semakin baik bila dibanding
dengan sebelum tinggal di yayasan Al-hikmah Sawojajar Malang.
Dengan adanya metode Granada, setiap santri diharapkan benar-benar
melaksanakan Pembelajaran terjemah Al-Qur’an dengan baik dan sungguhsungguh
sehingga
dapat
meningkatkan
kualitas
pemahaman
Al-Qur’an
nya. Serta
efektifitas
pembelajaran
terjemah
Al-Qur’an
melalui
metode
Granada
tersebut,
dijadikan
sebuah
wacana
terhadap khazanah
keilmuan
yang
saat
ini
maupun
akan
datang
dapat
di aplikasikan
secara langsung
dalam
lingkungan Yayasan
maupun
lingkungan
lainnya
Kata Kunci: Efektifitas, Terjemah Qur’an, Metode Granada.
Contoh
Skripsi Akuntansi:Pengawasan Internal Atas Aktiva TetapDownloads Versi
PDF >>>>>>>Klik Disini Artikel terkait skripsi
diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian
kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download
skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh
makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang,
beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis
kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis
contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal
pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir
jurusan akuntansi, contoh skripsi pendidikan agama islam, skripsi fakultas
pendidikan.
0 komentar:
Posting Komentar