Abstrak
PAI
Kandangan telah berjalan selama hampir 8 (delapan) tahun, yaitu mulai tahun
ajarn 2001-2002 sampai dengan sekarang. Kebijakan ini dilakukan oleh kepala
madrasah dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan yang bersatndart
nasional. Pada awalnya implementasi fullday school di MAN Kandangan berjalan
selama 4 (empat) hari yaitu hari senin sampai dengan hari kamis dan dikhususkan
bagi siswa kelas XII dalam rangka meningkatkan prestasi belajar siswa dan
mempersiapkan siswa MAN kandangan dalam menghadapi ujian akhir nasional
(UAN). Seiring dengan keberhasilan dari implementasi fullday school yang
didukung dengan manajemen madrasah yang bagus, maka pada tahun ajaran
2006-2007 kepala madrasah mengadakan perubahan dalam waktu pelaksanaannya
sehingga pada saat ini implementasi fullday school berlaku bagi seluruh siswa
MAN Kandangan dan berlangsung selama 3 (tiga) hari mulai hari senin hingga
rabu. Sedangkan untuk hari kamis, jum’at dan sabtu difokuskan pada kegiatan non
akademik supaya siswa MAN Kandangan lebih mandiri.
Berdasarkan uraian di atas, maka peneliti tertarik untuk mengetahui lebih
mendalam tentang implementasi fullday school dalam meningkatkan prestasi
belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kandangan. Terkait dengan hal
tersebut, peneliti akan merumuskan masalah sebagai berikut; (1) implementasi
fullday school dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MAN Kandangan, (2)
apa saja faktor penghambat implementasi fullday school dalam meningkatkan
prestasi belajar siswa di MAN Kandangan, dan (3) bagaimana upaya MAN
Kandangan dalam mengatasi hambatan implementasi fullday school dalam
meningkatkan prestasi belajar siswa. Adapun tujuan dari penulisan skripsi ini
adalah untuk; (1) menjelaskan tentang implementasi fullday school dalam
meningkatkan prestasi belajar siswa di MAN Kandangan, (2) menjelaskan tentang
faktor-faktor penghambat implementasi fullday school dalam meningkatkan
prestasi belajar siswa MAN Kandangan, dan (3) menjelaskan tentang upaya yang
dilakukan MAN Kandangan dalam meningkatkan porestasi belajar siswa.
Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kandangan
Kabupaten Kediri, dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif
deskriptif. Adapun metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sementara teknik analisis datanya adalah
dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif.
Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil pembahasan dan analisis data
adalah sebagai berikut; implementasi fullday school dalam meningkatkan prestasi
belajar siswa di MAN Kandangan sudah berjalan dengan efektif sesuai dengan
jadwal yang telah ditentukan. Karena ditunjang dengan sarana dan prasarana yang
sangat memadai serta tenaga pendidik yang sesuai dengan disiplin ilmu yang
dimilikinya. Selain itu siswa MAN Kandangan lebih kreatif dan inovatif dalam
aktifitas sehari harinya. Agar siswa tidak bosan dengan situasi dan kondisi ruang belajar yang sama pada waktu proses belajar mengajar sedang berlangsung, maka
diadakan kebijakan moving class. Dengan adanya kebijakan moving class ini,
maka seorang guru lebih leluasa menerapkan strategi pembelajaran yang lebih
bervariasi sesuai dengan situasi dan kondisi ruang belajar. Strategi mengajar yang
dipakai oleh guru harus dapat membuat siswa lebih aktif dan kreatif serta
menyenangkan. Hal ini membuat motivasi belajar siswa MAN Kandangan
meningkat dalam mengikuti materi pelajaran yang disampaikan oleh guru. Ada
beberapa faktor yang dapat menghambat jalannya implementasi fullday school
dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MAN Kandangan yaitu sebagai
berikut; (1) sarana dan prasarana, (2) guru atau pendidik, (3) siswa atau peserta
didik, dan (4) dana. Adapun upaya yang dilakukan MAN Kandangan dalam
mengatasi hambatan implementasi fullday school dalam meningkatkan prestasi
belajar siswa di MAN Kandangan adalah sebagai berikut; (1) pengembangan
kurikulum, (2) melengkapi sarana dan prasarana, (3) sumber daya manusia yang
berkualitas, dan (4) pesediaan dana yang kuat.
Kata kunci : Implementasi Fullday School, Prestasi Belajar Siswa.
Contoh
Skripsi Akuntansi:Pengawasan Internal Atas Aktiva TetapDownloads Versi
PDF >>>>>>>Klik Disini Artikel terkait skripsi
diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian
kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download
skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh
makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang,
beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis
kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis
contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal
pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir
jurusan akuntansi, contoh skripsi pendidikan agama islam, skripsi fakultas
pendidikan.
0 komentar:
Posting Komentar