Jumat, 12 Desember 2014

Download Skripsi Kedokteran:Gambaran Pengetahuan Mahasiswi Bidan Pendidik D-IV terhadap Obat Generik dan Obat Generik Bermerek

BAB 1 PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang Komponen biaya terbesar dalam pelayanan kesehatan adalah obat yang dapat mencapai hingga 70% dari total biaya pelayanan kesehatan. Karena itu dalam pemilihan obat, faktor harga harus dipertimbangkan apakah terjangkau dibandingkan dengan manfaatnya. Bila harga tidak terjangkau, alternatif lain masih ada, yaitu obat generik. Obat Generik banyak sekali mengurangi biaya tanpa mengorbankan kualitas ketika digunakan dalam pengaturan klinis yang sesuai (Depkes, 2010; Jas, 2007; Shrank et al, 2009). Pada tahun 2009, obat generik menyelamatkan sistem pelayanan kesehatan Amerika Serikat hampir $ 140 miliar dan menghemat biaya lebih dari $ 824 miliar selama sepuluh tahun terakhir (Liberman and Roebuck, 2010). Namun demikian, terdapat hambatan untuk penggunaan obat generik yang lebih luas. Pertama adalah kekhawatiran pasien. Sekitar sepertiga dari pasien menyatakan kekhawatiran setelah menggunakan obat generik dan beberapa melaporkan efek khasiatnya berkurang atau ada efek baru, ataupun terdapat peningkatan efek samping. Berikutnya, penggunaan obat generik umumnya diragukan oleh para profesional kesehatan walaupun kurang terbukti bahwa terdapat perbedaan hasil klinis dari obat generik dengan formula aslinya. Hambatan yang terakhir adalah ekonomi dan peraturan yang merupakan faktor utama dalam mempengaruhi pasar obat (Decollogny et al, 2011). Berdasarkan penelitian dengan menggunakan kuesioner terstruktur, kepada 174 pasien yang menggunakan obat antihipertensi. Ditemukan sebanyak satu dari tiga orang mengatakan bahwa penggunaan obat generik lebih banyak tuntutannya dalam mengatasi pengobatan mereka. Kemudian tiga dari sepuluh orang mengatakan mereka cemas ketika mereka mulai menggunakan obat generik (Toverud et al, 2010). Data resep terkait terdiri dari 53.899 resep yang berasal dari 4.417 subyek. Dari resep ini terdapat 36.695 (68,1%) yang diresepkan obat generik. Kemudian dari semua resep generik terdapat 3.664 (10%) yang ditukar dengan obat brand name oleh apoteker. Penukaran ini terkait dengan pengalaman pasien dalam menggunakan obat brand name (Pechlivanoglou et al, 2011). Berdasarkan data Kementerian Kesehatan yang dikemukakan oleh Sedyaningsih (2010) dalam Depkes (2010) bahwa “Tren pasar obat nasional menunjukkan perkembangan positif selama kurun waktu lima tahun terakhir yaitu sebesar Rp.23,590 trilyun di tahun 2005, menjadi Rp.32,938 trilyun di tahun 2009. Sedangkan pasar obat generik, menunjukkan tren penurunan 10,0% dari Rp.2,525 trilyun menjadi Rp.2,372 trilyun atau 7,2% dari pasar nasional. Penurunan posisi obat generik terhadap pasar obat nasional, menunjukkan telah terjadi pembiayaan obat yang tidak efisien.” Menurut Sedyaningsih (2010) dalam Depkes (2010), salah satu penyebab masih rendahnya pangsa pasar obat generik ini adalah masih kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai obat generik sehingga opini yang berkembang obat generik merupakan obat kelas dua, kualitasnya tidak terjamin dan lain-lain. Padahal aturan untuk memproduksi dan memasarkan produk obat generikcukup ketat, diantaranya industri farmasi harus memiliki sertifikat Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) dan melalui kontrol yang ketat dari Badan Pengawas Obat & Makanan (BPOM). Atas latar belakang diatas maka penulis tertarik untuk melakukan studi terhadap gambaran pengetahuan mahasiswi Bidan Pendidik D-IV terhadap obat generik dan obat generik bermerek. 1.2. Rumusan Masalah Apakah mahasiswi Bidan Pendidik D-IV mengetahui obat generik dan obat generik bermerek. 1.3. Tujuan Penelitian 1.3.1. Tujuan Umum Untuk mengetahui gambaran pengetahuan mahasiswi Bidan Pendidik D-IV terhadap obat generik dan obat generik bermerek. 1.3.2. Tujuan Khs 1. Untuk mengetahui apakah mahasiswi Bidan Pendidik D-IV mampu membedakan obat generik dengan obat generik bermerek. 2. Untuk mengetahui bagaimana keuntungan dari obat generik dan obat generik bermerek. 1.4. Manfaat Penelitian 1. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi mengenai pengetahuan mahasiswi Bidan Pendidik D-IV terhadap obat generik dan obat generik bermerek bagi peneliti sendiri dan peneliti selanjutnya.

Contoh Skripsi Kedokteran:Gambaran Pengetahuan Mahasiswi Bidan Pendidik D-IV terhadap Obat Generik dan Obat Generik Bermerek

Downloads Versi PDF >>>>>>>Klik Disini




Share

& Comment

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © 2015 Jual Skripsi Eceran™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.