Rabu, 05 November 2014

Skripsi Mechanical Engineering:Modifikasi Design Dan Uji Eksperimental Silencer Dengan Double Saluran Pada Knalpot Toyota Kijang 7k Yang Terbuat Dari Material Komposit



BAB PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Peningkatan jumlah penduduk yang disertai
dengan peningkatan pertumbuhan ekonomi
menyebabkan peningkatan pergerakan yang ditandai dengan peningkatan permintaan akan kebutuhan
transportasi. Hal tersebut berimplikasi
pada kepemilikan jumlah kendaraan sehingga dapat menimbulkan beberapa masalah lalu lintas dan degradasi
lingkungan, diantaranya adalah polusi suara
atau kebisingan. Studi mengenai kebisingan ini penting dilakukan karena besarnya dampak atau pengaruh kebisingan
terhadap manusia (terutama kesehatan),
sedangkan perhatian terhadap kebisingan tersebut sangat kurang karena dampaknya tidak langsung dapat segera
dirasakan.
Orang yang hidup dengan
kebisingan lalu lintas cendrung memiliki tekanan darah tinggi dibandingkan mereka yang
tinggal di lingkungan yang lebih tenang.
Polusi suara meningkatkan tekanan darah dan karena itu memiliki dampak kesehatan jangka panjang. Selain berpengaruh
terhadap tekanan darah tinggi, kebisingan
yang diluar ambang batas dapatjuga mengganggu kosentrasi manusia dan menurunkan tingkat produktivitas dan
performamanusia, selain itu dampak lain
yang ditimbulkan pada manusia yakni rusaknya koklea telinga dan kenaikan darah tinggi serta masih banyak dampak lainnya.
Keputusan menteri negara
lingkungan hidup no. 48 tahun 1996 (lampiran A), tanggal 25 nopember 1996 tentang baku tingkat kebisingan menyatakan bahwa untuk menjamin kelestarian lingkungan
hidup agar dapat bermanfaat bagi kehidupan
manusia dan makhluk hidup lainnya, setiap usaha atau kegiatan perlu melakukan upaya pengendalian pencemaran dan
atau perusakan lingkungan dan salah satu
dampak dari usaha atau kegiatan yang dapat mengganggu kesehatan manusia, makhluk lain dan lingkungan adalah
akibat tingkat kebisingan. Dari suara yang dihasilkan oleh kendaraan,
sekarang ini banyak sekali penelitian
tentang tabung peredam suara (silencer) dengan berbagai macam metode yang digunakan. Mulai dari merubah
bentuk konstruksi dan mengganti material
serta metode yang digunakan untuk menganalisa silencer. Semua penelitian ini bertujuan untuk lebih sempurna
lagi fungsi dan kegunaan knalpot yang
ramah lingkungan. Penuruan tingkat kebisingan knalpot selain dipengaruhi bentuk struktur juga dipengaruhi oleh
bahan/material knalpot.
Pada umumnya silencer knalpot terbuat
dari bahan logam seperti mild Stell,
Stainless Stell dan aluminium dimana kalau kita perhatikan bahwasannya logam-logam tersebut mempunyai Kecepatan yang
sangat tinggi dalam menghantar
Frekwenwsi yakni diatas 5000 m/dt .
Penyelidikan dan penelitian
tentang knalpot telah dilakukan oleh R Boonen.
P. Sos, melakukan riset tentang tingkat kebisingan bunyi knalpot dengan menggunakan Active Valve yang diatur secara
elektrik [1]. Active Valve tersebut dipasangkan
pada knalpot dan diperoleh hasil penurunan kebisingan 13 dB dan tekanan sebesar 3 KPa. S. N. Y. Gerges and R
Jordan, melakukan pengujian pada muffler
(over silencer) dengan program komputer (TMM = Transfer Matrix Method)
[2]. Penelitian ini meriset
Transmisi Loss terhadap frekwensi yang ditimbulkan oleh knalpot dengan bentuk knalpot
oval dan menvariasikan jumlah lubang dan
panjang saluran masuk. Penelitian ini mendapatkan bentuk atau geometri muffler akan mempengaruhi frekwensi
muffler terhadap transmisi loss.
Roff Jebasinski dan J.
Eberspacher, melakukan penyelidikan sound pressure level dan transmission loss
terhadap putaran dari tiga jenis saluran pipa dalam silenser yang berbeda. Penelitian menggunakan komputer
software wave [3]. Hasil penggujian
komputer ini menyatakan bahwa sound pressure level pada putaran kurang dari 3000 rpm hampir sama sedangkan
pada putaran di atas 3000 rpm berbeda
dari ketiga jenis silencer. Sedangkan hubungan pada transmission loss dengan
putaran tidak berbeda untuk semua kondisi putaran.
Dilandasi oleh penjelasan diatas
penulis mencoba melakukan penelitian yaitu
dengan mendesain silencer knalpot pada kendaraan Toyota Kijang 7k menggunakan bahan komposit. Semakin banyaknya
produk yang menggunakan bahan komposit
sebagai bahan alternatifuntuk peralatan rumah tangga, peralatan kedokteran,
alat transportasi dan lain sebagainya, oleh karena itu dalam penelitian ini penulis yakin bahwa komposit mempunyai sifat
peredam suara yang lebih baik dari logam.
1.2 Batasan 1.2.1 Batasan Pengujian 1.
Pengujian dilakukan pada lingkungan bengkel terbuka.
2. Pengambilan data awal dari knalpot standar
(silencer bentuk tabung oval ) Mobil
Toyota Kijang bensin 7 K.
3. Pengujian dilanjutkan dengan knalpot yang
silencernya terbuat dari bahan komposit
dengan kostruksi dalam tabung silencer
sama dengan knalpot standar, perlakuan
yang sama dengan No2.
4.
Pengujian dilanjutkan dengan knalpot yang silencernya terbuat dari bahan
komposit bersaluran dalam ganda dengan
perlakuan yang juga sama dengan No2.
5. Kebisingan suara knalpot standar dan knalpot
yang silencernya terbuat dari bahan
komposit bersaluran dalam ganda (double saluran) menjadi bahasan utama.
1.2.2 Batasan Pengembangan
Konstruksi(Modifikasi Design) Batasan dalam pengembangan konstruksi silencer
ini adalah : 1. Selimut tabung
silencerdiubah dari bahan mildsteel menjadi bahan komposit.
2. Perubahan konstruksi terjadi pada komposisi
dalam tabung silencer yaitu berupa
pemberian lubang-lubang pada saluran masuk
silencer dan menambahkan
pipaselongsong dalam tabung silencer yang akan diposisikan tepat menyelubungi pipa saluran masuk silencer
( double saluran ).
1.3 Tujuan Penelitian Tujuan
penelitian ini dibagi atas : 1. Tujuan umum 2. Tujuan khs 1.3.1 Tujuan umum Membandingkan tingkat
kebisingan pada silencer knalpot yang dibuat dari bahan komposit dengan saluran dalam ganda terhadap
knalpot standar yang dipasang pada mobil
kijang 7K (Motor Bensin) dengan melakukan pengujian secara eksperimental.
1.3.2 Tujuan khs 1. Dapat mengetahui perubahan suara pada ketiga
jenis tabung peredam dengan memberikan
variasi putaran.
2. Dapat mengetahui nilai sebaran temperatur gas
pada ketiga jenis silencer yang diuji.
3. Memperoleh nilai tingkat daya bunyi (sound
power level) pada silencer knalpot dari nilai transmissian loss berdasarkan
sebaran temperatur gas.
1.4 Manfaat Penelitian Penelitian
diharapkan mempunyai manfaat terhadap : 1.
Memperoleh informasi memadai tentang silencer knalpot yang terbuat dari bahan komposit saluran dalam ganda sebagai
kajian awal dan nantinya untuk dapat
dikembangkan agar hasilnya lebih baik kepada perset lain maupun pihak perguruan tinggi 2.
Menambah khasanah terhadap pribadi.
3. Memberikan informasi kepada masyarakat
pemakai dan industri tentang silencerknalpot yang terbuat dari bahan komposit saluran dalam
ganda.
1.5 Sistematika Penulisan Tugas akhir ini
meliputi 5 bab, dengan garis besar isi dari setiap babnya adalah sebagai berikut : • Bab I memuat latar belakang, perumusan
masalah, batasan penelitian, manfaat penelitian, dan sistematika penulisan.
• Bab
II memuat landasan teori yang memuat teori-teori perancangan silencer (peredam pada knalpot), material
komposit, gelombang suara dan kebisingan.

Bab III modifikasi design silencer.

Bab IV mencakup hasilpengujian eksperimental dan pembandingan datadata
hasil pengujian serta analisa teoritik sound power level.

Bab V merupakan kesimpulan yang didapat dari tugas sarjana ini.


Skripsi Mechanical Engineering:Modifikasi Design Dan Uji Eksperimental Silencer Dengan Double Saluran Pada Knalpot Toyota Kijang 7k Yang Terbuat Dari Material Komposit

Downloads Versi PDF >>>>>>>Klik Disini







Share

& Comment

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © 2015 Jual Skripsi Eceran™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.