Selasa, 11 November 2014

Download Skripsi Public Administration:Analisis Kualitas Pelayanan Perpustakaan



BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah Di masa sekarang ini tuntutan terhadap
penyelenggaraan pelayanan dewasa ini semakin
meningkat.Hal ini dapat dilihat dengan adanya peningkatan layanan masyarakat yang dilakukan oleh
instansi pemerintah maupun perusahaan swasta
yang bergerak di bidang jasa pelayanan.
Pelayanan adalah aktivitas atau
kegiatan yang ditawarkanoleh organisasi atau
perorangan kepada pelanggan ataupengunjung, yang bersifat tidakberwujud dan tidak dapat dimiliki.Pelayananmerupakan
bagian dari beberapa rangkaian aktivitas
yang diperuntukkan kepada orang yang membutuhkan layanan. Layanan pada dasarnya adalah orang yang memberikan
atau mengurus apa yang diperlukan oleh
orang lain baik berupa barang atau jasa kepada pengguna jasa yang membutuhkan suatu informasi.Layanan di sebuah
administrasi berbeda dengan layanan pada
kegiatan kemasyarakatan yang lain,
seperti layanan perizinan, layanan
kesehatan, layanan kependudukan dan layanan keagamaan. Perbedaan itu tentu dikaitkan dengan tugas dan fungsi
masing-masing bidang, meskipun pada dasarnya
suatu layanan mempunyai prinsip-prinsip yang sama atau berdekatan.
Pada prinsipnya konsep pelayanan
memiliki berbagai macam definisi yang berbeda
redaksi, namun pada intinya merujuk pada konsepsi dasar yang sama.
Contoh skripsi Public
Administration 2 Menurut
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur NegaraNomor 81 Tahun 1993 pelayananadalah suatu bentuk
kegiatan pelayanan yangdilaksanakan oleh
instansi pemerintah baik di pusat maupun di daerah, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Daerah
(BUMD) dalambentuk barang dan jasa dalam
rangkapemenuhan kebutuhan masyarakat sesuaidengan peraturan perundang-undangan.
Pelayanan yang baik adalah
pelayanan yang mampu memberikan kepuasan
bagi yang menerima pelayanan sesuai dengan kualitas standarisasi yang telah ditentukan oleh lembaga atau perusahaan
pengguna jasa.Standar pelayanan adalah
tolok ukur yang dipergunakansebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas
pelayanan sebagai kewajiban dan janji penyelenggara
kepada masyarakat dalam rangka pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur.
Pelayanan publik merupakan salah
satu isu yang sering menjadi pusat perhatian
oleh masyarakat umum.Terutama jika dikaitkan dengan pemenuhan harapan, kebutuhan, kepentingan masyarakat,
kemudahan dan kenyamanan bagi seluruh
lapisan masyarakat dalam memperoleh pelayanan.Pelayanan publik diharapkan dapat mempermudah masyarakatdalam
memperoleh berbagai fasilitas jasa dan
non jasa yang telah disediakanpemerintah kepada seluruh lapisan masyarakat.
Menurut Undang-Undang (UU) No. 25
tahun 2009 Pelayanan publik adalah
kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan
perundang-undangan bagi setiap warga negara Contoh skripsi Public Administration 3 dan penduduk atas barang, jasa, dan/atau
pelayanan administratifyang disediakan oleh
penyelenggara pelayanan publik.
Kualitas Pelayanan adalah suatu
metode mengukur pelayanan mutu, artinya
apakah pelayanan yang dilaksanakan disebuah organisasi tersebut memberikan kepuasan pada pemakai.Pelayanan
mutu disini dievaluasi apakah memberikan
kepuasan para pengguna.Pelaksanaan pelayanan mutu sangat penting dalam era persaingan pada masa-masa
kini.
Dengan adanya kualitas pelayanan
yang baik maka akan menciptakan rasa kepuasan
dan respon yang baik dari masyarakat pada umumnya dan penerima layanan pada khcontoh skripsisnya. Tingkat
kepuasan seseorang berpengaruh terhadap bagaimana
kualitas layanan yang diterimabaik berupa kesederhanaan prosedur yang tidak berbelit-belit, kejelasan dalam hal
persyaratan teknis dan rincian biaya, kepastian
waktu, tanggung jawab, kemudahan akses, keramahan, sopan santun, dan kenyamanan.
Di lain hal, kini dunia sudah
memasuki era globalisasi, ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan suatu hal yang sangat
penting.Ilmu pengetahuan tercakup di
dalam pendidikan dan pendidikan itu sendiri merupakan peradaban dari suatu bangsa.Pada saat ini pendidikan
merupakan salah satu kebutuhan pokok yang
harus kita miliki agar dapat menghadapi dan menjawab semua tantangan kehidupan yang terjadi. Dan untuk memperoleh
pendidikan ada banyak cara yang dapat
kita lakukan untuk memperolehnya. Salah satunya melalui sarana perpustakaan.Melalui perpustakaan setiap orang
akan dapat memperoleh berbagai sumber
ilmu pengetahuan dan informasi, serta ada banyak manfaatlain juga yang dapat diperoleh melalui perpustakaan.
Contoh skripsi Public
Administration 4 Upaya
untuk meningkatkan kecerdasan bangsa tidak harus selalu melalui jalur pendidikan formal saja, akan tetapi
dapat juga melalui jalur pendidikan nonformal.
Oleh karena itu, diperlukan adanya sarana komunikasi informasi ilmu pengetahuan untuk disampaikan kepada masyarakat yaitu perpustakaan.Perpustakaan merupakan pusat
terkumpulnya berbagai informasi dan ilmu
pengetahuan baik yang berupa buku maupun bahan rekaman lainnya yang diorganisasikan untuk dapat memenuhi
kebutuhan masyarakat pemakai perpustakaan.Pentingnya
perpustakaan diorganisasikan dengan baik
agar memudahkan pemakai dalam menemukan
informasi yang dibutuhkannya, karena bahan-bahan
yang ada di perpustakaan itu sebenarnya adalah himpunan ilmu pengetahuan yang diperoleh umat manusia dari
masa ke masa.
Ketika mendengar kata
perpustakaan, maka akan langsung terbayang mengenai sebuah gedung atau ruangan yang di
dalamnya terdapat sejumlah rak yang
berisikan buku – buku yang terscontoh skripsin rapi dan telah di atur
sedemikian rupa.
Pemikiran tersebut memang benar
dan tidak dapat disalahkan, tetapi bila diperhatikan
lebih lanjut lagi hal tersebut belum dapat dijadikan acuan. Karena setumpuk buku yang juga telah terscontoh
skripsin rapidi sebuah rak yang berada di dalam pertokoan tidak dapat disebutsebagai
perpustakaan.
Secara harfiah perpustakaan masih
dimengerti dan dipahami sebagai sebuah
gedung atau bangunan fisik sebagai tempat untuk menyimpan buku – buku atau bahan pustaka. Menurut Undang-Undang (UU)
Perpustakaan Nomor 43 Tahun 2007 Tentang
Perpustakaan menyatakan Perpustakaan adalah institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak, dan/atau karya rekam secara profesional dengan sistem yang baku guna
memenuhi kebutuhan pendidikan, Contoh
skripsi Public Administration 5 penelitian,
pelestarian, informasi, dan rekreasi para pemustaka.Sedangkan koleksi perpustakaan adalah semua informasi dalam
bentuk karya tulis, karya cetak, dan/atau
karya rekam dalam berbagai media yang mempunyai nilai pendidikan, yang dihimpun, diolah, dan dilayankan.
Dalam arti tradisional,
perpustakaan adalah sebuah koleksi buku dan majalah. Walaupun dapat diartikan sebagai
koleksi pribadi perseorangan, namun perpustakaan
lebih umum dikenal sebagai sebuah koleksi besar yang dibiayai dan dioperasikan oleh sebuah kota atau institusi,
dan dimanfaatkan oleh masyarakat yang
rata – rata tidak mampu membeli sekian banyak buku atas biaya sendiri.
Perpustakaan memiliki peran untuk
mengembangkan minat dan budaya membaca
serta membangkitkan kesadaran tentang pentingnya belajar tanpa batasan umur.Perpustakaan haruslah memiliki
sarana dan prasarana yang lengkap dan
tempat yang layak agar dapat menciptakan suasana yang nyaman bagi para pengunjung perpustakaan.Sarana dan prasarana
ini haruslah meliputi fasilitas yang lengkap,
informasi yang up to datedan akurat, ruang baca yang nyaman serta pelayanan yang baik dari pustakawannya.Layanan
penelcontoh skripsiran informasi juga merupakan
salah satu jasa yang seharusnya disediakan bagi pengguna untuk menemukan informasi yang dibutuhkannya.Ciri
utama kegiatan tersebut yaitu layanan
yang dilakukan dengan memanfaatkan seperangkat peralatan computer, sumber referensi atau bahan rujukan lainnya.Agar informasi yang ada di perpustakaan dapat berfungsi secara maksimal
maka diperlukan tenaga pengelola profesional
yang memiliki ilmu pengetahuan di bidang perpustakaan.Hal ini yang dapat mendorong kepuasan pengunjung yang
datang mengunjungi perpustakaan, baik
yang hanya sekedar datang berkunjung untuk membaca, atau yang hanya Contoh skripsi Public Administration 6 sekedar menggunakan fasilitas yang tersedia,
maupun yang datang untuk meminjam buku
yang dibutuhkan oleh pengunjung perpustakaan.Jadi, tugas pokok perpustakaan adalah menyediakan,
mengolah, memelihara dan mendayagunakan
koleksi bahan pustaka, menyediakan sarana pemanfaatannya dan melayani masyarakat pengguna yang
membutuhkan informasi dan bahan bacaan.Untuk
mendukung tugas pokok tersebut, perpustakaan melaksanakan fungsinya antara lain pendidikan, informatif,
penelitian, dan rekreatif.
Salah satu instansi yang bertugas memberikan
pelayanan adalah Badan Perpustakaan,
Arsip dan Dokumentasi yang berada di bawah naungan Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Utara. Badan
Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi sebagai
pelaksana teknis dituntut untuk dapat berperan dalam memberikan pelayanan prima dan berfungsi sebagai wahana
pendidikan, penelitian, dan informasi
untuk meningkatkan landasan dan keberdayaan bangsa.
Sebagai lembaga pembina dan
pengembang perpustakaan dan kearsipan serta
menjadikan perpustakaan dan arsip tempat menulis, meneliti, berdiskusi, dan wisata baca, Badan Perpustakaan, Arsip dan
Dokumentasi Provinsi Sumatera Utara
(BPAD-SU) di saat ini melakukan perubahan dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat penggunanya. Hal tersebut
berkaitan dengan perkembangan ilmu
pengetahuan yang begitu cepat, berlimpah dan menyeluruh.Beberapa upaya yang dilakukan BPAD-SU dalam meningkatkan
pelayanan perpustakaan yaitu dengan
melaksanakan berbagai kegiatan terutama di bidang layanan dan teknologi informasi yang menunjang dalam tugas pokok dan
fungsinya diantaranya seperti Pengadaan
Koleksi Layanan Terpadu Perpustakaan Sekolah (LTPS); Pengadaan koleksi perpustakaan keliling; Penataan system
informasi dan pangkalan data Contoh
skripsi Public Administration 7 literature;
Promosi perpustakaan; Gelar buku, budaya, dan teknologi; Fumigasi bahan pustaka; Layanan terpadu perpustakaan
sekolah; Pelayanan perpustakaan keliling;
Peningkatan pelayanan informasi melalui perpustakaan digital; Peningkatan layanan perpustakaan diluar jam
dinas/lembur; Shelving buku sesuai klasifikasi;
Workshop otomasi perpustakaan dan jaringan perpustakaan di sumatera utara; dan Layanan keanggotaan
perpustakaan elektronik.
Besarnya pengaruh kualitas
pelayanan terhadap respon balik dari masyarakat
memberikan dorongan dan upaya dari aparatur pemerintah termasuk BPAD-SU untuk memperbaiki pelayanan serta
meningkatkan pelayanannya lebih baik
lagi.Kualitas pelayanan akanberpengaruh terhadap rasa kepuasan pengunjung terhadap layanan yang diberikan oleh pihak
pegawai perpustakaan dan secara tidak
langsung akan berpengaruh pula terhadap banyak tidaknya pengunjung yang datang untuk membaca dan meminjam buku pada
perpustakaan tersebut. Penilaian terhadap
bagus tidaknya kualitas pelayanan tersebut haruslah dapat diukur melalui sejauh mana tingkat kepuasan masing-masing
pengunjung terhadap pelayanan yang
mereka diterima. Apabila semakin baikpelayanan yang diberikan dan sesuai dengan harapan pengunjung, maka akansemakin
tinggi tingkat kepuasan pengunjung, dan
jika semakin banyak pengunjung yang puas maka frekuensi kunjungan juga akan semakin meningkat.

Contoh Skripsi Public Administration:Analisis Kualitas Pelayanan Perpustakaan

Downloads PDF Version>>>>>>>Click Here







Share

& Comment

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © 2015 Jual Skripsi Eceran™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.