Selasa, 11 November 2014

Download Skripsi Public Administration:Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Kartu Tanda Penduduk Elektronik



BAB I PENDAHULUAN

I.1 Latar Belakang Masalah Pelayanan publik adalah segala kegiatan
pelayanan yang dilaksanakan oleh penyelenggara
pelayanan publik sebagai upaya pemenuhan kebutuhan penerima pelayanan maupun pelaksana ketentuan aparatur
perundang-undangan sebagaimana yang
tertulis dalam Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (KEMENPAN NO. 63/KEP/M.PAN/7/2003). Sedangkan dalam
kamus besar bahasa Indonesia dinyatakan
bahwa pelayanan adalah suatu usaha untuk membantu menyiapkan (mengurus) apa yang diperlukan oleh orang lain.
Sejalan dengan hal tersebut Cristopher (1992)
menyatakan bahwa pelayan pelanggan dapat
diartikan sebagai suatu sistem manajemen, yang diorganisir untuk menyediakan hubungan pelayanan yang
berkesinambungan antara waktu pemesanan dan
waktu penerimaan dan penggunaan jasa pelayananan yang diterima dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan dan harapan
pelanggan dalam jangka panjang.
Dalam hal ini yang dimaksud dengan pelayanan
merupakan usaha apa saja yang
mempertinggi kepuasan pelanggan. Selain itu membangun kesan yang dapat memberikan citra positip dimata pelanggan
karena jasa pelayanan yang diberikan dengan
biaya yang terjangkau bagi pelanggan yang membuat pelanggan terdorong untuk bekerja sama dan berperan aktif dalam
pelaksanaan pelayanan yang prima.
Contoh skripsi Public Administration 2 Sehingga tujuan dari pelayan publik adalah
untuk memuaskan sesuai dengan keinginan
masyarakat pada umumnya. Sehingga untuk pencapaian hal tersebut diperlukan kualitas pelayanan yang sesuai
dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat.
Dalam hal ini yang dimaksud dengan kualitas
pelayanan adalah kesesuaian antara
harapan dan keinginan dengan kenyataan. Pelayanan publik menjadi isu kebijakan merupakan hal yang semakin strategis
karena perbaikan pelayanan publik di
Indonesia cenderung “berjalan ditempat” sedangkan implikasinya sangat luas dalam kehidupan ekonomi, politik, sosial
budaya dan lain-lain. Dalam kehidupan ekonomi
perbaikan pelayanan publik akan dapat memperbaiki iklim investasi yang sangat diperlukan bangsa ini agar dapat segera
keluar dari krisis ekonomi yang berkepeanjangan.
Buruknya pelayanan publik di Indonesia sering menjadi variabel yang dominan mempengaruhi penurunan investasi
yang berakibat pada pemutusan hubungan
kerja. Perbaikan pelayanan publik dalam berbagai studi yang dilakukan tidaklah berjalan linear dengan reformasi yang
dilakukan dalam berbagai sektor sehingga
pertumbuhan investasi malah bergerak kearah negatif, akibatnya harapan pertumbuhan ekonomi yang diharapkan dalam
menolong bangsa ini keluar dari berbagai
krisis ekonomi belum berwujud.
Kehidupan politik dalam hal perbaikan
pelayanan publik sangat berimplikasi luas
khcontoh skripsisnya dalam memperbaiki tingkat kepercayaan kepada pemerintah, buruknya pelayanan publik selama ini menjadi
salah satu variabel penting yang Contoh
skripsi Public Administration 3 mendorong
munculnya krisis kepercayaan masyarakat kepada pemerintah, krisis kepercayaan masyarakat teraktualisasi dalam
bentuk protes dan demonstrasi yang cenderung
tidak sehat menunjukkan kefrustasian publik terhadap pemerintahnya.
Sehingga perbaikan pelayanan publik mutlak
diperlukan agar pandangan buruk masyarakat
terhadap pemerintah dapat diperbaiki, karena dengan perbaikan kualitas pelayanan publik yang semakin baik, dapat
mempengaruhi kepuasan masyarakat sehingga
kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah dapat dibangun kembali, dengan demikian pelayanan publik merupakan
fokus studi dalam disiplin ilmu administrasi
publik di Indonesia, yang masih menjadi persoalan yang perlu memperoleh perhatian dan penyelesaian yang
komprehensif. Secara teoritis kualitas pelayanan
publik pada dasarnya adalah memuaskan masyarakat. Untuk mencapai kepuasan itu dituntut kualitas pelayanan
primer yang tercermin dari: 1.
Transparansi, yakni pelayanan yang bersifat terbuka, mudah dan dapat diakses oleh semua pihak yang membutuhkan dan
disediakan secara memadai serta mudah
dimengerti.
2. Akuntabilitas, yakni pelayanan yang dapat
dipertanggung jawabkan sesuai dengan
ketentuan peraturan perundang-undangan.
3. Kondisional, yakni pelayanan yang sesuai
dengan kondisi dan kemampuan pemberi dan
penerima pelayanan dengan tetap berpegang pada prinsip efisiensi dan efektivitas.
Contoh skripsi Public Administration 4 4. Partisipatif, yaitu pelayanan yang dapat
mendorong peran serta masyarakat dalam
penyelenggaraan pelayanan publik dengan memperhatikan aspirasi kebutuhan, dan harapan masyarakat.
5. Kesesamaan hak, yaitu pelayanan yang tidak
melakukan diskriminasi dilihat dasi
aspek apapun khcontoh skripsisnya suku, ras, agama, golongan, status sosial dan
lain-lain.
6. Keseimbangan hak dan kewajiban, yaitu
pelayanan yang mempertimbangkan aspek
keadilan antara pemberian dan penerima pelayanan publik.
Jika dihubungkan dengan administrasi publik,
pelayanan adalah kualitas pelayanan
birokrat terhadap masyarakat, kata kualitas memiliki banyak defenisi yang berbeda dan bervariasi dimulai dari yang
konvensional hingga yang lebih strategis, defenisi konvensional dari kualitas biasanya
menggambarkan karakteristik langsung dari
suatu produk, seperti: 1. Kinerja.
2. Keandalan.
3. Mudah dalam penggunaan.
4. Estetika, dan sebagainya.
Berbicara mengenai kualitas pelayanan publik
berarti berbicara tentang bagaimana cara
yang harus diperoleh dalam usaha meningkatkan kualitas, dimana dalam hal ini setiap organisasi atau instansi
memiliki cara agar pelayanan yang Contoh
skripsi Public Administration 5 diberikan
kepada publik dapat dijalankan sebaik mungkin. Pelayanan yang diharapkan tentunya yang dapat memberikan rasa
puas bagi sipenerima layanan yakni publik
atau masyarakat. Pemberian kualitas pelayanan yang baik dari suatu organisasi atau instansi bersumber dari aktivitas
karyawan yang secara langsung menentukan keberhasilan organisasi. Sehingga apabila
karyawan dapat bekerja sebagaimana dengan
tujuan yang telah ditetapkan, maka pelayanan akan dapat diberikan dengan baik kepada publik.
Adapun dalam defenisi strategis dinyatakan
bahwa kualitas adalah segala sesuatu
yang mampu memenuhi keinginan dan kebutuhan pelanggan ( meeting the needs of costumer). Berdasarkan pengertian
kualitas diatas, baik yang konvensional yang
lebih strategis oleh Gaspersz dalam Sampara Lukman mengemukakan bahwa pada dasarnya kualitas mengacu kepada
pengertian pokok: 1. Kualitas terdiri
atas sejumlah keistimewaan produk, baik keistimewaan langsung, maupun keistimewaan atraktif yang
memenuhi keinginan pelanggan dalam
memberikan kepuasan atau penggunaan produk; 2. Kualitas terdiri atas segala sesuatu yang
bebas dari kekurangan atau kerusakan.
Contoh skripsi Public Administration 6 I.2 Perumusan Masalah Agar penelitian ini
memiliki arah yang jelas dan menginterpretasikan fakta dan data kedalam penulisan skripsi, maka
terlebih dahulu dirumuskan permasalahannya.
Berdasarkan hal diatas dan pedoman pada uraian dalam latar belakang yang telah dikemukakan sebelumnya
maka penulis merumuskan permasalahan
dalam penelitian ini sebagai berikut: “Apa Yang Menjadi Faktor-Faktor Kualitas Pelayanan Kartu Tanda Penduduk
Elektronik di Desa Parbuluan IV Kecamatan
Parbuluan”.
I.3 Tujuan Penelitian Dalam suatu penelitian
harus ada tujuan agar penelitian yang dilaksanakan mempunyai arah sesuai dengan apa yang
diinginkan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui Faktor-Faktor
YangMempengaruhi Kualitas Pelayanan Kartu
Tanda Penduduk Elektronik di Desa Parbuluan IV Kecamatan Parbuluan 2.
Dengan mengetahui faktor-faktor tersebut sehingga untuk selanjutnya diharapkan mampu menjawab berbagai kejanggalan
pelaksanaan tugas dan pelayanan yang
diberikan oleh pegawai Kantor Camat Parbuluan dalam pelaksanaan pembuatan Kartu Tanda Penduduk
elektronik/ eKTP.

Contoh Skripsi Public Administration:Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Kartu Tanda Penduduk Elektronik

Downloads PDF Version>>>>>>>Click Here







Share

& Comment

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © 2015 Jual Skripsi Eceran™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.