BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah Perkembangan ilmu
dan teknologi yang sangat pesat dewasa ini membawa pengaruh terhadap seluruh kegiatan yang
dilakukan oleh organisasi. Dengan demikian,
kebutuhan akan data dan informasi dalam suatu organisasi sangat penting agar tujuan organisasi dapat tercapai.
Perkembangan teknologi saat ini, mendorong
setiap organisasi untuk mengolah datanya dengan cepat, lengkap dan akurat. Salah satu teknologi yang dapat
membantu dalam pengolahan data di dalam
lingkungan organisasi adalah dengan menggunakan sistem komputerisasi.
Komputer adalah rangkaian
peralatan elektronik yang dapat melakukan pekerjaan secara sistematis berdasarkan
instruksi/program yang diberikan, serta dapat
menyimpan dan menampilkan keterangan bila diperlukan. Kemudian sistem komputerisasi adalah sistem elektronik
untuk memanipulasi data yang cepat dan
tepat serta dirancang dan diorganisasikan secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya dan
menghasilkan output di bawah pengawasan suatu langkah instruksi program
yang tersimpan di memori (stored program).
Dengan bantuan komputer pekerjaan dapat dikerjakan dengan lebih cepat, mudah, bervariasi, bahkan
pekerjaan-pekerjaan yang rumit dalam organisasi
banyak mengalami perubahan dan kemudahan dengan menggunakan komputer
(http://kangmoes.com/artikel-tips-trik-ide-menarik-kreatif.definisi/pengertiankomputer.html
).
Dengan munculnya teknologi
komputer dan perkembangan pemakainya, maka
setiap unit pekerjaan kantor menggunakan bantuan komputer. Penggunaan komputer juga dapat meningkatkan produktivitas
dan efektivitas kerja serta efesiensi
waktu. Namun di dalam karya ilmiah ini penulis lebih memfokuskan kegunaan komputer kepada efektivitas kerja.
Efektivitas merupakan unsur pokok
dalam mencapai tujuan atau sasaran yang
telah ditentukan sebelumnya. Efektivitas adalah tercapainya berbagai sasaran yang telah ditentukan tepat pada waktunya
dengan menggunakan sumber-sumber tertentu
yang telah dialokasikan untuk melakukan berbagai kegiatan. Suatu pekerjaan dapat dikatakan efektif apabila
hasil yang dicapai telah sesuai dengan tujuan
yang telah ditetapkan sebelumnya dan tepat pada waktu yang telah ditentukan. Secara sederhana efektivitas kerja
dapat didefenisikan sebagai kemampuan
melakukan sesuatu tepat pada sasaran (doing the right things) (http://id.wikipedia.org.
wiki/Kinerja).
Dengan semakin efektifnya kerja
para pegawai dapat menjadikan organisasi
semakin tangguh mencapai tujuannya dan berbagai sasarannya. Dengan adanya penggunaan sistem komputerisasi, maka
suatu organisasi semakin mampu berperan
dengan tingkat efektivitas yang tinggi dan dapat memenuhi kebutuhankebutuhan
data dan informasi untuk unit-unit fungsional organisasi pemerintah, serta dalam menetapkan berbagai kebijakan
pemerintah dan perencanaan pembangunan,
baik pada tingkat konseptual maupun pada tingkat operasional diperlukan adanya berbagai data dan informasi
yang akurat, tepat dan cepat guna pengambilan
keputusan sejalan dengan tingkat perkembangan yang semakin maju.
Dalam rangka pencapaian
efektivitas tersebut, ada berbagai kendalakendala yang dihadapi oleh para
pegawai dalam pelaksanaan pekerjaannya yang tidak mendukung terciptanya efektivitas
tersebut, misalnya beragamnya tugas yang
diemban setiap seksi yang menyebabkan beragamnya prosedur penyelesaian masing-masing tugas tersebut, disamping itu
juga terdapat kurangnya sarana dan prasarana
yang mendukung dalam pelaksanaan pekerjaan. Agar semua aktivitasnya berjalan lancar dan tujuan yang
telah ditetapkan dapat tercapai dengan
mudah dan efektif, maka suatu organisasi harus mampu menyediakan informasi yang lengkap, benar dan aktual.
Untuk itu diperlukan suatu sistem informasi
yang lebih praktis yang dapat diandalkan dalam mengolah data menjadi informasi yang bermanfaat dalam pelaksanaan
tugas-tugas organsisasi.
Kantor Dinas Kependudukan Dan
Catatan Sipil Deaerah Kota Tebing Tinggi yang mempunyai tugas pokok yaitu
melaksanakan urusan pemerintahan daerah
Kota Tebing Tinggi di bidang
kependudukan dan pencatatan sipil berdasarkan
asas otonomi dan tugas pembantuan. Pelaksanaan segala aktivitas dan tugas-tugas berhubungan dengan kepentingan
organisasi dalam memberikan pelayanan,
baik ke dalam maupun keluar, sesuai dengan yang tercantum dalam UU no. 23 Tahun 2006 tentang Sistem
Administrasi Kependudukan. Adapun tugas-tugas
tersebut antara lain : 1. Penynan rencana pembangunan dan pengembangan kegiatan
pendaftaran dan pencatatan penduduk.
2. Pembinaan umum.
3. Pemberian Nomor Induk
Kependudukan (NIK).
4. Pendaftaran dan penerbitan
Kartu Keluarga (KK).
5. Pendaftaran dan penerbitan
Kartu Tanda Penduduk (KTP).
6. Pencatatan dan penerbitan
akta-akta catatan sipil seperti akta kelahiran, akta perkawinan, akta perceraian dan akta
kematian serta pencatatan pengakuan dan
pengesahan anak.
7. Pencatatan mutasi data
penduduk.
8. Pengolahan data penduduk.
9. Penyelenggaraan penyuluhan.
Untuk menyelenggarakan
tugas-tugas tersebut, Kantor Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Daerah Kota
Tebing Tinggi memerlukan data dan
informasi yang relevan, akurat agar dapat menyelenggarakan tugas-tugasnya dengan efektif.
Kantor Dinas Kependudukan Dan
Catatan Sipil Daerah Kota Tebing Tinggi
dalam menjalankan dan menyelenggarakan tugas dan fungsinya pasti membutuhkan manajemen yang baik dan tepat
dalam pengelolaan organisasi agar dapat
berjalan efektif, Oleh karena itu, perlu adanya suatu sistem pendukung yang baik yaitu sistem komputerisasi. Berdasarkan
uraian diatas maka penulis tertarik untuk
melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh Sistem Komputerisasi Terhadap Efektivitas Kerja Pegawai Pada Kantor
Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil
Daerah Kota Tebing Tinggi”.
B. Perumusan Masalah Agar
penelitian ini menjadi lebih mudah dan memiliki arah yang jelas, maka terlebih dahulu dirumuskan
permasalahannya.
Adapun permasalahan yang diajukan
dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Pengaruh Sistem Komputerisasi terhadap
Efektivitas Kerja Pegawai pada Kantor
Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Daerah Kota Tebing Tinggi.“ C.
Tujuan Penelitian Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah : 1.
Untuk mengetahui bagaimana penerapan Sistem Komputerisasi di Kantor Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Daerah
Kota Tebing Tinggi.
0 komentar:
Posting Komentar