Abstrak
PAI
Pembelajaran adalah upaya untuk membelajarkan siswa. Agar
pembelajaran lebih efektif dan efisien serta mengarah kepada tujuan yang ingin
dicapai, perlu adanya strategi pembelajaran yang disusun oleh guru. Secara
sederhana strategi pembelajaran dapat diartikan sebagai taktik atau garis-garis
besar haluan yang digunakan guru dalam proses belajar mengajar agar dapat
mempengaruhi peserta didik (santri) sehingga tercapai sasaran dan tujuan
pembelajaran. Strategi tersebut harus terdiri dari langkah-langkah yang tersusun
secara terencana dan sistematis dengan menggunakan metode dan teknik tertentu.
Penggunaan strategi dalam pembelajaran dimaksudkan agar pelajaran itu dapat
ditangkap, dipahami dan digunakan oleh siswa dengan baik, karena dengan cara
seperti itulah akan dicapai hasil yang maksimal dalam pembelajaran. Berangakat
dari latar belakang seperti itulah penulis kemudian ingin membahasnya dalam
skripsi dengan mengambil judul “Strategi Pembelajaran Al-Qur’an Dalam
Meningkatkan Efektivitas Bacaan Al-Qur’an Santri di Taman Pendidikan
AlQur’an (TPA) Pondok Pesantren Darul Muttaqin Bangkalan Madura ”.
Persoalaannya adalah apakah lembaga pendidikan telah menarapkan
strategi dalam pembelajaran? Dan yang menjadi fokus dalam penelitian adalah:
(1) Bagaimana strategi pembelajaran Al-Qur’an di TPA Darul Muttaqin?; (2)
Bagaimana efektivitas bacaan Al-Qur’an santri TPA Darul Muttaqin Bangkalan
Madura?
Maka dari itu jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah jenis
penelitian kualitatif dan kuantitatif. Dalam perjalanan mengumpulkan data,
peneliti menggunakan metode dokumentasi, observasi dan interview. Sedangkan
untuk analisisnya, peneliti menggunakan tehnik analisis deskriptif kualitatif, yaitu
mendeskripsikan dan menginterpretasi data-data yang telah didapat, sehingga
akan menggambarkan realitas yang sebenarnya sesuai dengan yang terjadi di
lapangan. Dan analisis deskriptif kuantitatif untuk data-data yang bersifat
kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan adalah tehnik analisis data prosentase
dengan rumus sebagai berikut:
F
P =
%100X
N
Keterangan: P= Proporsi/prosentase
F= Frekuensi yang sedang dicari
N= Jumlah responden
Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan tambahan pengetahuan dan
masukan bagi pengelola lembaga pendidikan yang beorientasi terhadap
pembelajaran Al-Qur’an.
Kata kunci: Strategi Pembelajaran, Efektivitas Bacaan Al-Qur’an, Taman
Pendidikan Al-Qur’an
Contoh
Skripsi Akuntansi:Pengawasan Internal Atas Aktiva TetapDownloads Versi
PDF >>>>>>>Klik Disini Artikel terkait skripsi
diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian
kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download
skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh
makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang,
beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis
kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis
contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal
pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir
jurusan akuntansi, contoh skripsi pendidikan agama islam, skripsi fakultas
pendidikan.
0 komentar:
Posting Komentar