Abstrak
PAI
Dalam meningkatkan motivasi belajar pendidikan agama Islam di sekolah,
ada salah satu cara yang dapat diterapkan oleh pendidik yaitu dengan memberikan
penguatan (reinforcement) yang tepat kepada siswa. Dengan memberikan
penguatan, siswa merasa dihargai segala usaha dan juga prestasinya. Saat ini
sebagian besar pendidik kurang memperhatikan dalam mengambil suatu tindakan,
karena sekecil apapun tindakan guru akan membawa dampak positif dan negatif
kepada siswa. Oleh karena itu seorang pendidik haruslah bijak dan memikirkan
terlebih dahulu dalam mengambil suatu tindakan. Semakin tepat tindakan yang
diberikan akan menjadikan siswa termotivasi untuk belajar. Karena dengan belajar
akan membawa suatu perubahan pada individu yang melakukannya. Perubahan itu
tidak hanya berkaitan dengan penambahan ilmu pengetahuan, tetapi juga berupa
kecakapan, keterampilan, sikap, harga diri, minat dan penyesuaian diri.
Atas dasar latar belakang diatas, maka yang menjadi rumusan masalah
adalah adalah tentang bentuk-bentuk pemberian penguatan yang diberikan guru
dalam meningkatkan motivasi belajar PAI siswa di SMP Negeri 18 Malang,
Implikasi pemberian penguatan (reinforcement) dalam meningkatkan motivasi
belajar siswa PAI di SMP Negeri 18 Malang, Faktor-faktor yang mendukung
keberhasilan dan penghambat pemberian penguatan (reinforcement) dalam
meningkatkan motivasi siswa PAI di SMP Negeri 18 Malang.
Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah kualitatif yang bersifat
deskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi,
interviuw, dokumentasi dan angket dengan menggunakan analisis dengan rumus:
P =F
x100%
N
Hasil yang diperoleh dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah
Bentuk penguatan yang sering diberikan guru dalam meningkatkan motivasi
belajar siswa adalah bentuk penguatan verbal berupa pujian, penghargaan dan
persetujuan, dan bentuk penguatan nonverbal jarang diberikan kepada siswa.
Implimentasi pemberian penguatan ini adalah a) siswa senang belajar PAI setelah
diberikan penguatan. b) Menjadikan siswa aktif dikelas. c) Dapat menyelesaikan
tugas dengan tepat. d) Serta keinginan siswa mendapatkan nilai yang maksimal.
Faktor pendukung pemberian penguatan (reinforcement) dalam meningkatkan
motivasi belajar PAI, a) Minat siswa dalam belajar PAI. Minat ini bisa muncul
karena adanya kebutuhan, karena itu dikatakan bahwa minat merupakan sarana
motivasi yang pokok atau utama, b) Keinginan siswa mempelajari PAI. Hasrat untuk belajar berarti ada unsur kesenjangan ada maksud dan keinginan untuk
belajar. keinginan untuk belajar pada diri siswa berarti memang ada motivasi
belajar dalam diri siswa tersebut, sehingga tentu hasilnya akan lebih baik, c)
Fasilitas yang lengkap, d) perhatian orang tua. Sedangkan faktor penghambat dari
pemberian penguatan (reinforcement) adalah a) Masih adanya siswa yang belum
mempraktekkan pelajaran PAI dalam kehidupan sehari-hari, b) Metode yang
digunakan guru PAI kurang bervariasi. c) Kurang adanya program kompetisi PAI
disekolah. Kompetisi dapat dijadikan sebagai sarana motivasi untuk mendorong
belajar siswa.
Berdasarkan hasil penelitian diatas penulis memberikan saran sebagai
berikut: Hendaknya pemberian penguatan (reinforcement) kapada siswa perlu
diperhatikan, salah satunya yaitu sering diadakan program kompetisi atau
perlombaan PAI disekolah. Dan memvariasi metode pengajaran serta orang tua
siswa lebih memperhatikan lagi kepada anaknya agar siswa dapat mempraktekkan
pelajaran PAI dalam kehidupan sehari-hari.
Contoh
Skripsi Akuntansi:Pengawasan Internal Atas Aktiva TetapDownloads Versi
PDF >>>>>>>Klik Disini Artikel terkait skripsi
diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian
kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download
skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh
makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang,
beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis
kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis
contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal
pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir
jurusan akuntansi, contoh skripsi pendidikan agama islam, skripsi fakultas
pendidikan.
0 komentar:
Posting Komentar