BAB I PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang Motor adalah mesin yang mengubah energi listrik menjadi energi mekanis. Pada motor arus searah energi listrik yang diubah adalah energi arus searah yang berasal dari sumber tegangan listrik arus searah. Di mana sumber tegangan ini dihubungkan pada rangkaian dan rangkaian jangkar dari motor tersebut. Akhir-akhir ini mungkin banyak orang beranggapan bahwa tidak perlu lagi mempelajari motor arus searah karena penggunaannya pada industri-industri sudah sangat kurang. Namun akhirnya beberapa tahun terakhir ini motor arus searah mengalami perkembangan khsnya dalam pemakaiannya sebagai motor penggerak. Penggunaan motor arus searah dapat kita jumpai pada alat pengangkut di suatu pertambangan, dalam sarana transportasi yaitu pada kereta api listrik dan juga pada mobil yang disuplai oleh baterai. Pemilihan motor arus searah dibandingkan motor sinkron ataupun motor induksi karena mudah dalam pengaturan putaran baik untuk beban yang bervariasi dan juga sistem mesin DC sering kali dipergunakan pada pemakaian yang memerlukan rentang kecepatan motor yang lebar ataupun pengaturan yang teliti pada keluaran motornya. Pengereman merupakan masalah yang sangat penting dalam motor listrik, karena motor yang sedang berjalan tidak dapat berhenti begitu saja walaupun suplai Riko Euler Sitinjak : Perbandingan Pengereman Motor DC Penguatan Seri Dengan Metode Dinamik Dan Plugging, 2008. daya telah diputuskan. Motor yang terus berputar akan mengakibatkan terjadinya bahaya. Dalam memperlambat ataupun menghentikan motor yang sedang berjalan sangat diperlukan sistem pengereman. Jika hanya menggunakan pengereman mekanis saja, tidak bisa menghentikan motor tersebut karena ketika terjadi pengereman mekanis maka akan mengalir arus yang sangat besar pada jangkar, hal ini dapat menimbulkan panas. Oleh sebab itulah sangat diperlukan pengereman secara elektrik. Metode pengereman tersebut adalah pengereman dinamik dan plugging. 1.2. Tujuan Penulisan Adapun tujuan utama penulisan Tugas Akhir ini adalah : 1. Untuk mempelajari pengereman dinamik dari motor arus searah 2. Untuk mempelajari pengereman plugging dari motor arus searah 3. Untuk mengetahui pengaruh tahanan terhadap waktu pengereman. Manfaatnya adalah agar dapat membandingkan pengereman dinamis dengan pengereman plugging. 1.3. Batasan Masalah Untuk mendapatkan hasil pembahasan yang maksimal, maka penulis perlu membatasi masalah yang akan dibahas. Adapun batasan masalah dalam Tugas Akhir ini adalah : 1. Motor yang dipergunakan adalah motor arus searah penguatan seri Riko Euler Sitinjak : Perbandingan Pengereman Motor DC Penguatan Seri Dengan Metode Dinamik Dan Plugging, 2008. 2. Motor dianggap berputar dengan kecepatan konstan ataupun dalam keadaan steady state saat dilakukan pengereman . 3. Pada penelitian ini tidak membahas tentang rugi-rugi pada motor arus searah penguatan seri 4. Pada penelitian ini tidak membahas tentang beban yang dipakai pada motor arus searah penguatan seri 1.4. Metode Penulisan Metode yang digunakan dalam penulisan tugas akhir ini adalah: 1. Studi literatur Penulis melakukan penulisan berdasarkan studi kepustakaan dan kajian dari buku-buku teks pendukung yang dapat menunjang penulisan tugas akhir ini. 2. Studi bimbingan Penulis melakukan diskusi dan konsultasi dengan dosen pembimbing dan staf pengajar pada Departemen Teknik Elektro FT- lainnya mengenai masalah-masalah yang timbul selama penulisan tugas akhir ini berlangsung. 3. Percobaan Melakukan percobaan di Laboraturium Konversi Energi Elektrik Departemen Teknik Elektro FT- untuk mendapatkan data-data yang dibutuhkan selama penulisan tugas akhir ini. Riko Euler Sitinjak : Perbandingan Pengereman Motor DC Penguatan Seri Dengan Metode Dinamik Dan Plugging, 2008. 1.5. Sistematika Penulisan ABSTRAK BAB I PENDAHULUAN Bab ini merupakan pendahuluan yang berisikan tentang latar belakang masalah, tujuan penulisan, batasan masalah, manfaat penulisan, metode dan sistematika penulisan. BAB II MOTOR ARUS SEARAH (MOTOR DC) Bab ini menjelaskan tentang motor arus searah secara umum, prinsip kerja motor arus searah, dan jenis-jenis motor arus searah. BAB III JENIS –JENIS PENGEREMAN PADA MOTOR ARUS SEARAH Bab ini menjelaskan tentang jenis pengereman yang ada pada motor arus searah dari pengereman dinamik sampai pengereman plugging. BAB IV PERBANDINGAN PENGEREMAN PADA MOTOR DC PENGUATAN SERI DENGAN METODE DINAMIK DAN PLUGGING Bab ini membahas umum, spesifikasi peralatan, percobaan-percobaan dengan metode pengereman dinamik dan plugging, pengukuran, serta data dan analisa. BAB V PENUTUP Bab ini berisi kesimpulan-kesimpulan yang didapat dari awal penelitian sampai selesainya penelitian, serta berisikan saran-saran untuk perbaikan di masa yang akan datang. Riko Euler Sitinjak : Perbandingan Pengereman Motor DC Penguatan Seri Dengan Metode Dinamik Dan Plugging, 2008.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar