BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah Suatu
filosofi berorientasi pasar membtuhkan informasi biaya yang cepat, dimulai dari konsepsi produk sampai distribusi
akhir, pelayanan dan purnajual.
Para manajer menggunakan
informasi biaya produk untuk berbagai keputusan strategis termasuk penetapan harga, penerimaan
dan menolak pesanan dan memilih produk
mana yang akan diproduksi.
Informasi biaya yang akurat
merupakan hal penting bagi semua perusahaan baik yangbergerak dibidang ritel, manufaktur
maupun jasa. Penentuan biaya dalam
perusahaan-perusahaan dimaksudkan untuk menentukan harga jual atas suatu produk dan jasa yang dihasilkan.
Perusahaan jasa memunyai beberapa
atau tidak mempunyai persediaan, serta outputnya
seringkali tidak berwujud seta sulit untuk didefinisikan. Perusahaan jasa biasanya mempekerjakan tenaga kerja dalam
jumlah bear; mereka dapat berupa
organisasi yang berorientasi pada laba atau nirlaba. Akun persediaan untuk perusahaan jasabiasanya berupa persediaan
perlengkapan untuk digunakan dalam menyediakan
jasa. Perusahaan jasa mungkin mempunyai akun barang dalam proses, tetapi biasanya tidak memiliki
persediaan barang jadi.
Dalam menentukan harga barang
jadi tersebut seorang manjer harus mampu menghitung keseluruhan biaya yang dikeluarkan
untuk memproduksi barang atau jasa
tersebut, baik biaya tetap (fixed cost) ataupun biaya tidak tetap/variabel 11 (variable
cost). Disamping itu pula seorang manajer harus mampu memprediksi presentase laba yang ingin dihasilkan atas
penjualan barang ataupun jasa tersebut, untuk
menghasilkan laba yang optimal serta memprediksi harga target untuk dapat bersaing di dunia oustsourcing. Target total
biaya (biaya tetap dan biaya variabel) ditambah
dengan laba yang diinginkan inilah, dalam akuntansi manajemn disebut dengan harga target.
Filosofi target costing
mengharuskan manajemen biaya yang agresif terjadi pada tahap perencanaan, tahap desain produk,
dan tahap produksi. Target costing didorong oleh analisis pasar dan analisis
pesaing. Dengan merancang biaya yang rendah,
perusahaan akan mendapatkan penghematan biaya.
PT Souci Indoprima adalah
perusahaan yang bergerak di bidang jasa outsourcing (penyalur tenaga kerja) kepada
perusahaan-perusahaan yang ada.
Dimana selain penyalur jasa
tenaga kerja, PT Souci Indoprima juga memberikan jasa pendampingan manajemen, seperti
pelatihan, outbond training, jasa pendampingan,
dan sebagainya. Dimana dalam penentuan harga penawaran/harga jual atas jasa outsourcing tenaga kerjanya,
maka dalam hal ini pihak perusahaan mempertimbangkan
hal-hal berikut: jumlah permintaan yang ada dipasar, pesaing (perusahaan sejenis), kualitas atas outsourcing
tenaga kerjanya/jasa pendampingan
manajemen, serta laba yang diinginkan atas produk jasanya.
Dalam penghitungan biaya dan
harga, pihak manajemen lebih memfokuskan kepada biaya tetap dan biaya variabel yang
terjadi. Untuk meminimalisir biaya dalam
rangka memperbesar laba, penekanan biaya yang dilakukan oleh pihak manajemen adalah pada biaya variabel, dengan
tetap menjaga kualitas produk jasa 12 yang ditawarkan. Sedangkan dalam hal
pengembangan produk jasa yang ditawarkan,
yang menjadi fokus pihak manajemen adalah biaya tetap, hal ini dilakukan untuk menghargai atas kualitas
produk (Sumber Daya Manusia) yang ditawarkan.
Dalam penentuan harga target dan
biaya target, PT Souci Indoprima menggunakan pendekatan Full Costing Approach.
Pihak Manajemen perusahaan memfokuskan
dan menggembangkan pada Biaya Tetap (Fixed Cost) yang terjadi, sehingga meminimalisir kemungkinan Biaya
Variable (Variable Costs) yang terjadi.
Yang nantinya diharapkan akan memperbesar laba yang terjadi.
Untuk itulah penulis mengambil
judul penelitian: “ANALISA PENETAPAN BIAYA TARGET (TARGET COSTING) DAN
HARGA TARGET (TARGET PRICING) PADA PT
SOUCI INDOPRIMA ” 1.2 Perumusan Masalah Untuk tetap dapat bersaing dengan
kompetitor sejenis, perusahaan harus mampu
memanajemen biaya yang mungkin terjadi untuk setiap produk yang dihasilkan. Seorang manajer harus mampu
menganalisa setiap item-item/variabelvariabel biaya yang menjadi biaya tetap,
biaya variabel dan biaya overhead pabrik.
Untuk memberikan batasan dan
arahan dalam penelitian ini, maka perumusan masalah ini adalah; Apakah penetapan biaya
target dan harga terget pada PT Souci
Indoprima telah efektif dalam menentukan
harga jual/penawaran? 13 1.3 Tujuan penelitian Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui dan menanalisa mengenai penetapan biaya target dan harga target yang
dihasilkan oleh PT Souci Indoprima .
1.4 Manfaat penelitian Penelitian
ini diharapkan dapat memberikan manfaat dalam hal sebagai berikut: a. Bagi
perusahaan, sebagai bahan evaluasi atas kebijakan penetapan biaya dan harga jual kepada para pelanggan dalam
rangka meningkatkan kualitas.
b. Bagi penulis, dalam rangka menambah wawasan
atas permasalahan akuntansi manajemen
pada perusahaan jasa oustsourcing c.
Bagi ilmupengetahuan, sebagai bahan acuan pustaka dan masukan untuk penelitian sebelumnya.
0 komentar:
Posting Komentar