Minggu, 16 November 2014

Download Skripsi Public Administration:Efektifitas Pelayanan Peminjaman Dan Pengembalian Buku Bagi Masyarakat



BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah Pembangunan nasional merupakan pembangunan
manusia seutuhnya dan pembangunan
masyarakat Indonesia seluruhnya. Berbagai program pembangunan yang diselenggarakan oleh pemerintah, baik
yang fisik maupun yang bersifat mental
pada hakikatnya adalah upaya peningkatan kualitas hidup masyarakat Indonesia. Begitu pula halnya dengan
pembangunan dibidang pendidikan sebagai salah
satu tujuan nasional bangsa Indonesia yang tercantum dalam Pembukaan UUD 1945 alinea keempat, yaitu mencerdaskan
kehidupan bangsa. Untuk mewujudkan
tujuan tersebut pemerintah membangun berbagai sarana pendukung pendidikan, dan salah satunya adalah
perpustakaan. Sebagaimana diatur dalam UU
No. 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan bahwa perpustakaan berfungsi sebagai wahana pendidikan, penelitian,
pelestarian, sumber informasi dan rekreasi untuk meningkatkan kecerdasan dan keberdayaan
bangsa. Perpustakaan juga bertujuan
memberikan layanan kepada pemustaka, meningkatkan kegemaran membaca serta memperluas wawasan dan
pengetahuan untuk mencerdaskan kehidupan
bangsa (http://digilib.uns.ac.id/pengguna.php?mn=detail&d_id=4856).
Di era globalisasi penguasaan ilmu
pengetahuan, teknologi dan informasi merupakan
tuntutan kebutuhan yang harus terpenuhi. Penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi dan informasi merupakan
kunci dalam memenangkan tantangan
globalisasi. Sedangkan minimnya penguasaan sumber ilmu Contoh makalah pengetahuan, teknologi dan
informasi akan berujung pada sebuah kemunduran dan kegagalan dalam persaingan di era
globalisasi. Sumber daya manusia yang unggul
dan kompetitif mensyaratkan dirinya untuk terus belajar sepanjang hayat.
Sarana yang penting untuk mendemokratisasikan
kesempatan belajar bagi tiap warga
masyarakat itu adalah perpustakaan. Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Blasius bahwa perpustakaan amat penting bagi
kehidupan kultural dan kecerdasan bangsa
karena perpustakaan umum merupakan gerbang menuju pengetahuan, mendukung perorangan, dan kelompok untuk
melakukan kegiatan belajar seumur hidup,
pengambilan keputusan mandiri dan pembangunan budaya (Suharmini, Sri dan Purwono, 2006:8).
Perpustakaan umum merupakan salah satu
perangkat pemerintah daerah yang berada
dibawah dan bertanggung jawab kepada kepala daerah (bupati atau walikota). Perpustakaan umum tersebut milik
pemerintah daerah dan dikelola oleh pemerintah
daerah yang bersangkutan. Penyediaan dana perpustakaan umum berasal dari masyarakat melalui APBD yang
berasal dari pajak dan retribusi yang harus
dikembalikan kepada masyarakat dalam bentuk layanan umum.
Perpustakaan umum didirikan untuk kepentingan
masyarakat. Hal ini sesuai dengan visi
dari Pemerintah Kabupaten Asahan 2010-2015, yaitu “Terwujudnya Asahan yang Religius, Sehat, Cerdas, dan
Mandiri”
(http://pemkabasahan.go.id/a/index.php-menu=profile&pro=245&iduser=5.htm).
Perpustakaan merupakan public service yang
bergerak dibidang layanan dan jasa
informasi. Dan sebagai public service perpustakaan dituntut untuk menyedikan informasi yang aktual, tepat waktu,
berkelanjutan, mudah diakses Contoh
makalah sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Perpustakaan dinyatakan berhasil
jika pengguna jasa perpustakaan merasa
puas karena kebutuhannya terpenuhi dan jika perpustakaan itu sudah dimanfaatkan secara
optimal oleh pengguna. Perpustakaan dinyatakan
baik jika perpustakaan mempunyai persyaratan antara lain koleksi relevan, aktual dan akurat, sumber daya
manusia yang profesional, serta sistem layanan
yang cepat, didukung oleh sarana prasarana yang memadai.
Dipilihnya Kantor Perpustakaan, Arsip dan
Dokumentasi Kabupaten Asahan sebagai
lokasi penelitian dikarenakan perpustakaan umum ini memiliki peranan penting bagi masyarakat sekitarnya
dalam memberikan layanan informasi yang
diperlukan, serta dapat mewujudkan masyarakat dan bangsa yang cerdas.
Dengan adanya perpustakaan mampu menjembatani
antara mahalnya buku dan kebutuhan
informasi masyarakat yang terus meningkat. Perpustakaan dapat berperan sebagai fasilitator untuk menyediakan
buku-buku koleksi serta informasi yang
berkualitas kepada masyarakat dengan biaya relatif lebih murah. Hal tersebut dengan tegas dinyatakan dalam visi
perpustakaan ini yaitu mewujudkan perpustakaan
umum sebagai pusat sumber belajar, informasi, ilmu pengetahuan, teknologi dan pengembangan nilai-nilai budaya
bangsa.
Di dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor
59 tahun 2007 disebutkan bahwa
perpustakaan umum merupakan salah satu urusan wajib pemerintah daerah. Sebagai urusan wajib,
Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi
Kabupaten Asahan mempunyai tugas pokok dan fungsi utamanaya yaitu menghimpun, memelihara, melestarikan,
mengolah dan menyajikan informasi, serta
memberdayakannya kepada seluruh lapisan masyarakat.
Contoh makalah Perpustakaan umum menjalankan
perannya sebagai suatu lembaga yang netral di dalam masyrakat, yaitu dengan menyediakan
isi-isu terbaru sehingga sering dijadikan
tempat bahan rujukan dalam mencari informasi, dan masyarakat dapat memberdayakan diri mereka sendiri melalui
perpustakaan dengan mendapatkan berbagai
informasi yang sesuai dengan kebutuhan profesi dan bidang tugas masing-masing. Pada akhirnya bermuara pada
tumbuhnya masyarakat yang berinformasi
dengan baik, berkualitas dan demokratis.
Supriyanto mengemukakan bahwa kondisi
perpustakaan sekarang pada umumnya
ditandai oleh kurang dimanfaatkannya koleksi yang dimiliki oleh perpustakaan, pelayanan tidak mencapai sasaran
secara efektif, persepsi masyarakat yang
kurang baik terhadap perpustakaan dan profesi pustakawan, kualitas dan jumlah pustakawan yang masih
lemah dan terbatas, minat baca masyarakat
yang masih rendah dan diperburuk dengan produksi buku nasional yang masih rendah (http://digilib.uns.ac.id/pengguna.php?mn=detail&d_id=4856).
Demikian pula yang terjadi di Kantor
Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi
Kabupaten Asahan sebagai salah satu perpustakaan umum yang bergerak di bidang pelayanan informasi.
Perpustakaan daerah dituntut untuk dapat mencermati, tanggap terhadap kebutuhan serta
memberikan pelayanan yang terbaik kepada
masyarakat penggunanya. Tapi hal tersebut sepertinya belum dilakukan secara optimal, mengingat adanya
keluhan-keluhan dari masyarakat mengenai
kemampuan petugas dalam proses pelayanan, terbatasnya koleksi buku dan sarana prasarana lainnya.
Contoh makalah Proses pengolahan data yang
dilakukan pada sistem pelayanan peminjaman
dan pengembalian buku (pelayanan sirkulasi) di Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kabupaten
Asahan pada umumnya masih bersifat
manual, seperti pencatatan pada data anggota, data buku, data peminjaman dan pengembalian juga masih manual
yaitu berupa arsip dokumen.
Hal ini membuat proses pelayanan peminjaman
dan pengembalian buku berjalan lamban,
apalagi saat pengunjung datang secara bersamaan mengakibatkan antrian dalam proses peminjaman dan pengembalian buku
karena hanya dilayani oleh satu petugas.
Para pengunjung perpustakaan baik mahasiswa, pelajar atau para pengunjung lainnya juga masih mengisi buku
tamu dengan cara yang manual.
Waktu tenggang peminjaman buku juga masih
dirasa belum cukup memadai.
Peminjam hanya diberi waktu tiga hari untuk
meminjam kemudian mengembalikan buku
tersebut pada waktu yang telah ditentukan (Sumber: wawancara prapenelitian pada 21 Februari 2013).
Ketersediaan katalog tidak membantu pengunjung
dalam mencari bukubuku yang diinginkan, ketika mereka mencari pada rak-rak buku
yang ada, buku yang dicari tidak
ditemukan pada tempat yang seharusnya. Hal ini seringkali membuat para pengguna jasa perpustakaan
menjadi kebingungan dan kesulitan dalam
menemukan buku yang mereka perlukan. Dan akhirnya harus mencari langsung pada
rak-rak buku tersebut. Katalog berbentuk buku telah lama digunakan di perpustakaan. Katalog ini sering
disebut katalog tercetak (printed catalog).
Kelemahannya ialah setiap kali perpustakaan memperoleh buku baru maka katalog buku sudah ketinggalan zaman
karena setiap kali perpustakaan Contoh
makalah menambah buku baru, berarti katalog sebelumnya harus diperbaharui
kembali.
Pengunjung kesulitan mencari informasi buku
karena katalog masih dalam bentuk buku
besar. Dengan demikian katalog berbentuk buku kurang fleksibel. Cara ini dapat diatasi dengan menerbitkan katalog
tambahan (suplemen), namun cara ini tetap
tidak efektif. Biaya pembuatan katalog berbentuk buku cenderung mahal, karena bentuk dan jumlah cantumannya sering
berubah (http://sungadi.staff.uii.ac.id/2011/12/28/katalog-kartu/).
Secara umum pelayanan merupakan salah satu
kegiatan perpustakaan yang penting dan
harus dilakukan secara baik. Pelayanan dilakukan pada hal-hal yang berkaitan langsung dengan tugas pokok organisasi.
Keberhasilan perpustakaan umum dalam
menjalankan tugas dan fungsinya tidak terlepas dari masyarakat dan pelayanan yang diberikan secara efektif dan
efisien. Kebutuhan masyarakat akan informasi
menjadi hal yang penting untuk diperhatikan.
Pelayanan peminjaman dan pengembalian buku
merupakan salah satu aspek pembinaan
perpustakaan yang memiliki pengaruh dan peranan yang sangat besar dalam memperlancar layanan maupun
pelaksanaan fungsi perpustakaan.
Pelayanan yang baik membuat para pengunjung
merasa nyaman berada di perpustakaan
yang diharapkan dapat meningkatkan minat pengguna untuk mengunjungi dan memanfaatkan layanan
perpustakaan.
Pelaksanaan pelayanan ini adalah tugas yang
berat, karena menyangkut setiap aspek
kehidupan masyarakat. Menyadari tugas yang berat ini, maka perlu diadakan perbaikan pelayanan dan keseriusan
kerja dari setiap pegawai yang Contoh
makalah bertugas, karena pelayanan dan kepuasan adalah kunci keberhasilan
kegiatan yang dilakukan oleh setiap
organisasi.
Berdasarkan uraian di atas, maka penulis
tertarik untuk melakukan penelitian
dengan judul “Efektifitas Pelayanan Peminjaman dan Pengembalian Buku Bagi Masyarakat pada Kantor Perpustakaan
dan Arsip Daerah Kabupaten Asahan”.
1.2 Perumusan Masalah Untuk mempermudah di
dalam penelitian perlu ditegaskan dan dirumuskan
secara jelas mengenai masalah di atas sehingga proses penyajian benar-benar terarah dalam menginterpretasikan
fakta dan datanya. Maka penulis dalam
melakukan penelitian ini merumuskan masalah sebagai berikut: “Bagaimana Efektifitas Pelayanan Peminjaman
dan Pengembalian Buku Bagi Masyarakat
pada Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Asahan?”.
1.3 Tujuan Penelitian Setiap penelitian memiliki tujuan yang hendak
dicapai, sesuai dengan judul yang
dikemukakan maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektifitas pemberian pelayanan
peminjaman dan pengembalian buku pada
Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Asahan.
Contoh makalah 1.4 Manfaat Penelitian Suatu
penelitian diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pihak-pihak terkait. Adapun manfaat yang diharapkan dari
penelitian ini adalah : 1. Secara
akademis, penelitian ini diharapkan dapat memperkaya khasanah dan sumber bacaan di Departemen Ilmu Administrasi
Negara FISIP CONTOH MAKALAH dan bagi kalangan
peneliti lainnya sebagai kerangka ilmiah untuk melakukan penelitian selanjutnya.
2. Secara subjektif, penelitian ini berguna
untuk melatih dan mengembangkan pengetahuan
dan wawasan dalam peningkatan kemampuan berpikir dan membuat suatu karya tulis dibidang ilmiah.
3. Secara praktis, penelitian ini diharapkan
dapat memberikan masukan bagi setiap
perpustakaan pada umumnya dan Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Asahan khcontoh makalahsnya
dalam meningkatkan pelayanan.
1.5 Kerangka Teori Sebelum melakukan
penelitian lebih lanjut, penulis perlu mengemukakan teori-teori sebagai kerangka berpikir yang
berguna untuk menggambarkan dari sudut
mana penelitian melihat masalah yang akan diteliti. Teori adalah serangkaian asumsi, konsep, kontruksi,
defenisi, dan proposisi untuk menerangkan
suatu fenomena sosial secara sistematis dengan cara merumuskan hubungan antar konsep (Singarimbun dan Sofian
Efendi, 1995:37). Dalam penelitian ini,
maka teori-teori yang dipakai adalah sebagai berikut: Contoh makalah 1.5.1 Efektifitas 1.5.1.1
Pengertian Efektifitas Dalam pengertian
teoritis atau praktis, tidak ada persetujuan yang bersifat universal mengenai apa yang dimaksud dengan
keefektifan karena ada begitu banyak
defenisi yang menjelaskan tentang keefektifan. Oleh karena itu dalam penelitian
ini dikemukakan beberapa defenisi tentang keefektifan ataupun efektifitas.
Efektifitas berasal dari kata efektif yang
berarti mempunyai nilai efektif, pengaruh
atau akibat, bisa diartikan sebagai kegiatan yang bisa memberikan hasil yang memuaskan, dapat di katakan juga bahwa
efektifitas merupakan keterkaitan antara
tujuan dan hasil yang dinyatakan, dan menunjukan derajat kesesuaian antara tujuan yang di nyatakan
dengan hasil yang dicapai (Kamus Besar
Bahasa Indonesia, 2005:284).
Efektifitas adalah pemanfaatan sumber daya,
sarana dan prasarana dalam jumlah
tertentu yang secara sadar ditetapkan sebelumnya untuk menghasilkan sejumlah barang atas jasa kegiatan yang
dijalankannya. Efektifitas menunjukkan
keberhasilan dari segi tercapai tidaknya sasaran yang telah ditetapkan. Jika hasil kegiatan semakin
mendekati sasaran, berarti makin tinggi efektifitasnya(Sondang
P. Siagian, 2000:24).

Contoh Skripsi Public Administration:Efektifitas Pelayanan Peminjaman Dan Pengembalian Buku Bagi Masyarakat

Downloads PDF Version>>>>>>>Click Here







Share

& Comment

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © 2015 Jual Skripsi Eceran™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.