BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Sejak pertengahan tahun 1997, krisis ekonomi
melanda sebagian Negaranegara di kawasan Asia, banyak negaraberkembang dan
bahkan negara maju seperti Korea Selatan
dan Malaysia mengalami hal itu, tetapi saat ini negara tersebut telah terlepas dari krisisekonomi
yang pernah melandanya. Dan Indonesia
sendiri sampai saat ini masih sulit melepaskan diri dari krisis ekonomi karena kondisi perpolitikan di dalam
negeriyang belum stabil. Akibat krisis yang berkepanjangan, banyak perusahaan yang tidak
lagi mampu melanjutkan roda usahanya
yang pada akhirnya melakukan pemutusan hubungan kerja terhadap para karyawannya. Begitu pula banyak bank yang
dilikuidasi serta ada empat bank milik
negara dimerger (digabung/disatukan). Salah satu yang menyebabkan hal ini terjadi ialah akibat maraknya KKN
(Korupsi, Kolusi, Nepotisme) yang dilakukan
sebagian oknum yang tidak ber-perikemanusiaan.
Dalam keadaan tidak menentu
seperti itu, muncul bisnis Multi Level Marketing(MLM)
atau disebut juga dengan direct
sellingyang omzet penjualannya tidak
banyak terpengaruh oleh krisisekonomi, semakin hari omzetnya semakin meningkat. Sampai-sampai ada
perusahaan MLM yang merevisi target
penjualan tahunannya. Meningkatnya target penjualan tersebut tidak telepas dari strategi yang digunakan
oleh perusahaan dalam pengembangan bisnisnya
sehingga produk yang ditawarkan oleh perusahaan kepada masyarakat menjadi laris dipasaran.
Contoh Skripsi Public
Administration Multi Level Marketing( MLM ) adalah salah satu
strategi pemasaran dengan membangun
distribusi untuk menyalurkan produk dan jasa secara langsung ke konsumen. Strategi seperti ini
membuka sebuah peluang bagi seseorang
yang ingin memiliki usaha sendiri (wirausaha). Strategi seperti ini tidak membutuhkan modal awal yang tinggi.
Kebutuhan akan tempat usaha dan persediaan
produk telah disediakan oleh perusahaan, selain ituada tim manajemen yang siap membantu semua pekerjaan
administrasi yang dibutuhkan oleh seorang distributor. Oleh karena itu, strategi seperti
ini membuat banyak orang yang dulunya
tidak bisa memiliki bisnis sendiri dikarenakan keterbatasan modal akhirnya bisa menjadi pengusaha dengan hanya
menjalankan bisnis MLM.
Banyak jenis barang yang
ditawarkan oleh bisnis MLM ini, mulai dari suplemen kesehatan, alat kesehatan, serta
barang-barang kebutuhan rumah tangga sehari-hari.
Dan rata-rata semua barang-barang tersebutlaris dipasaran internasional sehingga bisnis MLM dapat
berkembang dengan cepat. Hal itu tidak terlepas
dari strategi pemasaran yang digunakan oleh perusahaan MLM dalam mengembangkan pemasaran produknya. Dan tidak
heran jika semakin lama semakin banyak
jumlah distributor MLM.
Meningkat atau menurunnya suatu
perusahaan MLM sangat dipengaruhi oleh
sumberdaya manusia yang memiliki bagian yang sangat penting dalam kemajuan perusahaan, baik dari
segiproduktivitas (menghasilkan produk) maupun
dalam pemasaran produk perusahaan. Maka dari itu dalam meningkatkan kinerja para anggota MLM (distributor MLM)
atau karyawan, perusahaan memberikan
fokus khContoh Skripsi Public Administrations pada sumberdaya manusia
(karyawan) termasuk aspekContoh Skripsi Public Administration aspek
yang berkaitan dengannya. Upaya-upaya untuk meningkatkan kinerja itu biasanya dilakukan dengan cara memberikan
motivasi.
Motivasi dikalangan anggota
organisasi MLM (karyawan) merupakan salah
satu faktor yang mempengaruhi tercapainya peningkatan kinerja anggota organisasi (karyawan). Motivasi kerja adalah
suatu pendorong bagi karyawan untuk mau
bekerja dengan giat dan sungguh-sungguh dalam rangka mencapai tujuan yang diinginkan. Motivasi diperlukan
bagi setiap orang untuk melakukan aktivitas
atau pekerjaannya. Motivasi timbul dengan adanya beberapa kebutuhan yang tidak terpenuhi sehingga menimbulkan
tekanan atau rasa ketidakpuasan tersendiri
sehingga mendorong terciptanya kinerja karyawan yang tinggi.
Menurut Handoko (2003:252)
motivasi adalah keadaan pribadi seseorang yang mendorong keinginan individu untuk
melakukan kegiatan tertentu guna mencapai
tujuan. Motivasi juga bukan hal yang mudah untuk dilakukan, karena seorang pimpinan sulit untuk mengetahui
kebutuhan (needs)dan keinginan (wants)
yang diperlukan oleh seorang bawahan dalam menyelesaikan pekerjaannya. Motivasi bukan timbul dari dalam
diri manusia saja melainkan juga dari
kekuatan-kekuatan lingkungan yang
mempengaruhi individu untuk melakukan
sesuatu berdasarkan tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.
Dalam penyampaian motivasi kepada
karyawannya, pimpinan perusahaan harus
menggunakan strategi yang tepat agarkinerja karyawan meningkat sesuai keinginan perusahaan. Strategi motivasi yang
digunakan harus sesuai dengan kebutuhan
para karyawan. Menurut Kotler (2000:91) strategi adalah suatu rencana permainan untuk mencapai sasaran yang
diinginkan dari suatu unit bisnis.
Sehingga strategi motivasi
merupakan rencana yang dilakukan untuk memberikan Contoh Skripsi Public Administration motivasi
kepada karyawan guna mencapai tujuan yang diinginkan yaitu meningkatkan kinerja karyawan.
Hasibuan (2001) mengemukakan
kinerja adalah suatu hasil kerja yang dicapai
seseorang dalam melaksanakan tugas-tugas yang dibebankan kepadanya yang didasarkan atas kecakapan, pengalaman dan
kesungguhan serta waktu. Pada dasarnya
perusahaan/organisasi bukan saja mengharapkan karyawan yang mampu, cakap dan trampil, tetapi yang terpenting
mereka mau bekerja dengan giat dan berkeinginan
untuk mencapai hasil kerja yang optimal. Kemampuan, kecakapan, dan keterampilan pegawai tidak ada artinya bagi
organisasi, jika mereka tidak mau bekerja
dengan keras.
MLM Tianshi adalah salah satu
jenis bisnis MLM yang ada di Indonesia yang
produk utamanya merupakan produk
kesehatan yang terdiri dari alat kesehatan
dan suplemen kesehatan. Suplemen utama Tianshi adalah Nutrient Hight Calsium Powder(Calsium 1) yang merupakan
produk paling laris dikonsumsi oleh
masyarakat dunia. Suplemen adalah produk yang digunakan atau dikonsumsi oleh masyarakat untuk melengkapi
makanan yang mengandung satu atau lebih
bahan makanan. Hal itu bisa berupa vitamin, mineral, atau bahan yang berasal dari tumbuhan atau bahan untuk
meningkatkan Angka Kecukupan Gizi (AKG).
Selain itu Tianshi juga merupakan
salah satu MLM yang ada di Indonesia yang perkembangan distributornya semakin tahun
semakin meningkat. Cara kerja yang digunakan
oleh Tianshi tidak jauh berbeda dengan cara kerja MLM lainnya yang ada di Indonesia.
Provinsi Sumatera Utara adalah salah satu
daerah yang ada di Indonesia yang
perkembangan distributor MLM Tianshi-nya sangat pesat. Hal tersebut Contoh Skripsi Public Administration terjadi
tidak terlepas daristrategi yang digunakan oleh perusahaan yang menaungi MLM Tianshi yaitu PT Singa Langit Utama Medan.
Perusahaan tersebut memberikan hal-hal
yang dapat memotivasi para karyawan dan distributor agar mereka mau bekerja keras dalam memajukan MLM
Tianshi. Tujuan dilakukannya strategi
motivasi ini adalah untuk meningkatkan kinerja para karyawan dan distributor serta mengembangkan MLM Tianshi di Kota Medan.
Berdasarkan uraian diatas, maka
penulis tertarik untuk melakukan penelitian
di Kota Medan, khContoh Skripsi Public Administrationsnya yang berkaitan dengan
strategi motivasi yang dilakukan PT
Singa Langit Utama Medan dalam meningkatkan dan mengembangkan Tianshi di Kota Medan.Oleh
karena itu perlu dilakukan penelitian
dengan judul “Strategi Motivasi dalam Meningkatkan Kinerja Anggota Organisasi (Studi Pada MLM Tianshi
Kota Medan)” 1.2 Perumusan Masalah Berdasarkan latar belakang yang telah
diuraikan tersebut, maka dapat dirumuskan
masalah penelitian ini adalah: “Bagaimana strategi motivasi dalam meningkatkan kinerja anggota organisasi pada
MLM Tianshi di Kota Medan?” 1.3 Tujuan
Penelitian Adapun yang menjadi
tujuanpenelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui strategi motivasi apa yang
digunakan oleh Tianshi dalam
meningkatkan kinerja para anggotanya.
2. Untuk mengetahui apakah strategi motivasi
yang digunakan oleh Tianshi mampu
meningkatkan kinerja para anggotanya.
Contoh Skripsi Public
Administration 3.
Untuk mengetahui kendala apa yang dihadapi oleh Tianshi dalam memberikan motivasi kepada para anggotanya.
1.4 Manfaat Penelitian Adapun
manfaat yang diharapkan dan dapat diperoleh dari hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1.
Secara subjektif, untuk mengembangkan pengetahuan, wawasan serta kemampuan berfikir khContoh Skripsi Public
Administrationsnya dalam pembuatan karya ilmiah.
2. Secara praktis, diharapkan dapat dijadikan
sebagai bahan masukan dan sumbangan
pemikiran yang berguna bagi instansi terkait di dalam menjalankan bisnis Tianshi.
3. Secara akademis, sebagai referensi bagi
kepustakaan Departemen Ilmu Administrasi
Negara dan bagi kalangan penulis lainnya yang tertarik di dalam bidang ini.
4. Sebagai informasi yang bermanfaat bagi
masyarakat secara umum dan secara khContoh
Skripsi Public Administrations bermanfaat dalam mendorong kepercayaan
masyarakat terhadap bisnis Tianshi.
1.5 Kerangka Teori Sebagai titik
tolak atau landasan berfikir dalam menyoroti atau memecahkan masalah perlu adanya pedoman
teoritis yang dapat membantu.
Landasan teori perlu ditegakkan
agar penelitian mempunyai dasar yang kokoh dan bukan sekedar perbuatan coba-coba (trial and
error) landasan teoritis. Menurut Hoy
dan Miskel (dalam Sugiyono, 2005:25)teori adalah seperangkat konsep, Contoh Skripsi Public Administration asumsi
dan generalisasi yang dapat digunakan untuk mengungkapkan dan menjelaskan perilaku dalam berbagai
organisasi. Kerangka teori adalah bagian dari penelitian, tempat peneliti memberikan
penjelasan tentang hal-hal yang berhubungan
dengan variabel pokok, sub variabel atau pokok masalah yang ada dalam penelitian (Arikunto, 2002:92).
Teori adalah suatu
konseptualisasi yang umum. Suatu teori harus dapat diuji kebenarannya, bila tidak maka dia bukan
teori. Untuk itu, maka teori yang digunakan
dalam penelitian ini adalah: 1.5.1
Strategi Kata strategi berasal dari bahasa Yunani yang
berarti kepemimpinan dan ketentaraan.
Konotasi ini berlaku selama perang yang kemudia menjadi manajemen ketentaraan dalam rangka mengelola
para tentara. Pada tahun 1990-an strategi
dapat didefenisikan sebagai penetapan arah kepada manajemen. Dalam arti orang tentang sumber daya di dalam bisnis dan tentang bagaimana megidentifikasikan kondisi yang memberikan
keuntungan terbaik untuk membantu
memenangkan persaingan dalam pasar (Dirgontoro, 2001:5).
Menurut Kotler (2000:91) strategi
adalah suatu recana permainan untuk mencapai
sasaran yang diinginkan darisuatu unit bisnis. Sedangkan menurut Rangkuti (2001:13) strategi merupakan
alatuntuk mencapai tujuan perusahaan dalam
kaitannya dengan tujuan jangka panjang, program tindak lanjut, serta prioritas alokasi sumber daya.
Strategi dalam suatu organisasi
merupakan cara untuk mencapai tujuantujuan, mengatasi segala kesulitan dengan
suatu tujuan dan sebuah strategi tidak Contoh
Skripsi Public Administration cukup dengan sebuah rencana belaka, namun
strategi haruslah sampai pada penerapannya,
sehingga demikianlah dikatakan bahwa strategi tidak semata-mata hanya sebuah pola perencanaan saja, namun
bagaimana strategi tersebut dapat dilaksanakan
dengan memanfaatkan sumber-sumber dan kemampuan yang dimilikinya. Jadi strategi merupakan suatu
rencana yang ditujukan untuk mencapai
tujuan tersebut. Beberapa perusahaan mungkin mempunyai tujuan yang sama, tetapi strategi yang digunakan berbeda.
Menurut Hunger danWheelen
(2003:3), strategi mempunyai tiga karakteristik
yaitu: 1. Rare adalah keputusan-keputusan strategis
yang tidak biasa dan khContoh Skripsi Public Administrations, atau tidak dapat ditiru dengan mudah.
2. Consequentil adalah keputusan-keputusan
strategi yang memasukkan sumber daya
penting dan menuntut banyak komitmen.
3. Directive adalah keputusan-keputusan
strategis yang menetapkan keputusan yang
dapat ditiru untuk keputusan-keputusan lain dan tindakantindakan di masa yang
akan datang untuk organisasi secara keseluruhan.
1.5.1.1 Perumusan Strategi Setiap usaha harus merancang strategiuntuk
mencapai tujuannya. Michael Porter
(dalam Kotler, 2000:105) telah merangkum strategi menjadi 3 jenis umum yang memberikan awal yang bagus untuk
pemikiran strategis, yaitu: 1. Keunggulan biaya secara strategis, di sini
unit usaha bekerja keras mencapai biaya
produksi dan distribusi terendah sehingga harganya dapat lebih rendah dari pada pesaing dan
mendapat pangsa pasar yang besar.
Contoh Skripsi Public
Administration 2.
Diferensiasi, di sini unit usaha berkonsenterasi untuk mencapai kinerja terbaik dalam memberikan manfaat bagi
pelanggan yang dinilai penting oleh
sebagian besar pasar.
3. Focus, disini unit usaha memfokuskan diri
pada satu atau lebih segmen pasar
mengejar pasar yang lebih besar.
1.5.1.2 Manajemen Strategis Menurut Umar (1999:86) manajemen strategis
adalah seni dan ilmu dalam hal pembuatan
(formulating), penerapan (implementing), dan evaluasi (evaluating) keputusan-keputusan strategi
antar fungsi yang memungkinkan sebuah
organisasi mencapai tujuan mnjadi kenyataan. Pembuatan (formulating) strategi adalah proses peyContoh Skripsi
Public Administrationnan langkah-langkah kedepan yang dimaksudkan membangun visi dan misi organisasi. Ada
beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk
pembuatan suatu strategi, yaitu: 1. Identifikasi lingkungan yang akan dimasuki
oleh perusahaan pada masa depan.
Tentukan misi perisahaan untuk mencapai visi yang dicita-citakan dalam lingkungan tersebut.
2. Melakukan analisis lingkungan internal dan
eksternal untuk mengukur kekuatan dan
kelemahan serta peluang dan ancaman yang akan dihadapi oleh perusahaan dalam menjalani misi
dan meraih keunggulan bersaing
(competitive advantage).
3. Merumuskan factor-faktor peting ukura
keberhasilan sesuai dengan perubahan
lingkungan yang dihadapi.
Penerapan (implementing) strategi
adalah proses pelaksanaan visi dan misi organisasi
melalui strategi yang telah dirumuskan untuk pencapaian tujuan Contoh Skripsi Public Administration organisasi
dengan memanfaatkan segalasumber daya yang ada. Sedangkan evaluasi (evaluating) strategi adalah proses
penilaian akan efektifitas strategi terhadap
hasil yang diperoleh apakah sesuai dengan apa yang diharapkan atau tidak. Data yang diperoleh dari hasil
pengukuran tersebut akan digunakan sebagai analisis situasi program di masa mendatang.
Dengan demikian, studi mengenai manajemen
strategi menitik beratkan padapengamatan dan evaluasi kesempatan (Opportunity) serta ancaman (Threath)
lingkungan dipandang dari sudut kekuatan (Strenght) serta kelemahan (Weakness).
Sehingga variabel-variabel internal dan eksternal
yang paling penting untuk suatu organisasi dimasa yang akan datang disebut faktor strategis dan identifikasi
melalui analisis SWOT.
1.5.2 Motivasi Kata
motivasi berasal dari bahasa latin “Movere” yang artinya menimbulkan pergerakan. Motivasi merupakan
suatu proses dimana seseorang merasa
terdorong untuk melakukan sesuatu. Keberhasilan dari suatu motivasi seseorang sangat dipengaruhi oleh sumberdaya
yang dimiliki. Motivasi dapat diartikan
berbeda-beda oleh setiap orang sesuai dengan tempat dan keadaan masing-masing orang.
0 komentar:
Posting Komentar