Minggu, 15 Februari 2015

Download Skripsi Computer Science:Analisis Dan Perancangan Sistem Pengenalan Bangun Ruang Menggunakan Augmented Reality

Download Skripsi Computer Science:Analisis Dan Perancangan Sistem Pengenalan Bangun Ruang Menggunakan Augmented Reality

BAB 1 PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Seiring dengan perkembangan teknologi dewasa ini, sebagian besar sekolah-sekolah yang ada di Indonesia khsnya di daerah perkotaan telah banyak yang memanfaatkan media komputer sebagai alat bantu dalam proses belajar mengajar. Proses belajar mengajar yang komunikatif, efektif dan efisien mutlak dibutuhkan untuk mencapai tujuan pendidikan yang ideal, yakni menghasilkan siswasiswi yang memahami konsep pelajaran yang disampaikan dan kegunaannya pada kehidupan sehari-hari. Pada penynan tugas akhir ini, penulis merancang aplikasi pembelajaran berbantuan komputer berbasis multimedia dengan studi kasus bangun ruang. Bangun ruang merupakan salah satu bahan ajar untuk mata pelajaran matematika. Untuk pelajaran ini, biasanya siswa memiliki kesulitan untuk memahami pelajaran karena untuk mempelajari materi ini dibutuhkan alat peraga yang cukup banyak jenisnya. Oleh karena itu, penulis berusaha untuk menuangkan materi ini dalam bentuk multimedia visual 3 dimensi (3D), sehingga siswa lebih cepat mengerti mengenai materi bangun ruang ini. Di samping itu, sistem ini juga dapat digunakan oleh guru, sehingga proses pengajaran materi ini jadi lebih mudah. Penulis juga membuat buku bahan ajar untuk materi bangun ruang yang bisa diinteraksikan dengan sistem yang dibuat.Buku ini dapat diinteraksikan dengan sistem menggunakan webcam, sehingga menghasilkan gambar 3D di layar komputer. Dengan buku ini, diharapkan siswa lebih aktif membaca buku. 1.2 Perumusan Masalah Masalah yang dibahas dalamTugas Akhir ini adalah bagaimana merancang dan membangun suatu aplikasi pembelajaran yang mampu memvisualisikan bentuk 3D dari suatu buku yang berisikan kumpulan citra/markertertentu menggunakan Augmented realitydi layar komputer dengan bantuan webcam. 1.3 Batasan Masalah Batasan masalah dalam Tugas Akhir ini adalah sebagai berikut: 1. Sistem tidak digunakan untuk sembarang citra, melainkan citra-citra yang telah ditentukan sebelumnya yaitu citra marker Augmented Reality. 2. Analisis yang dilakukan pada penelitian ini adalah analisis posisi marker terhadap objek virtual 3D, ukuran marker terhadap objek virtual 3D, dan orientasi marker terhadap objek virtual 3D. 3. Bangun ruang yang dibahas dalam sistem ini adalah : kubus, balok, prisma, limas segitiga, limas segiempat, tabung, kerucut dan bola. 4. Aplikasi yang dibangun berupa softwareyang berisikan tutorial, augmented reality, dan latihan serta buku yang berisikan materi bangun ruang, latihan dan citra marker. 5. Penyajian materi pada sistem ini menggunakana penyajian tutorial yakni penyajian dari topik ke topik sesuai urutan dengan metode konstruktivisme. 6. Sistem ini dikhskan untuk tingkat pendidikan sekolah menengah pertama. 7. Sistem akan dirancang menggunakan program FLARToolKit, Macromedia Flash 8 dan 3DsMax. 8. Sistem menggunakan webcamsebagai alat inputnya. 1.4 Tujuan Penelitian Tujuan penelitian ini adalah merancang dan membangun pembelajaran bangun ruang berbasis 3D dari buku kumpulan citra tertentu dengan mengimplementasikan Augmented Reality agar pembelajaran menjadi lebih interaktif. 1.5 Manfaat Penelitian Manfaat penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. Sistem dapat digunakan oleh siswa untuk meningkatkan pemahaman mengenai pembelajaran bangun ruang. 2. Sistem dapat digunakan oleh guru untuk menciptakan pengajaran yang lebih interaktif. 3. Menciptakan buku yang lebih interaktifyang bisa meningkatkan minat siswa membaca buku. 1.6 Metode Penelitian Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah: 1. Studi Literatur Tahap ini dilakukan dengan mencari, menggali dan mempelajari informasi yang berhubungan dengan skripsi ini. Informasi didapat melalui buku-buku referensi atau sumber-sumber yang berkaitan dengan skripsi ini, baik dari text book maupun internet. 2. Analisis Sistem Pada tahap ini dilakukan analisis terhadap masalah, proses, cara kerja, dan solusi dalam augmented realitydan FLARToolKit. 3. Perancangan Sistem Dalam tahap ini dilakukan perancangan untuk menyelesaikan masalah yang ditemukan pada tahap analisis, dan tahap ini dibagi menjadi dua bagian yaitu : a. Desain data Bertujuan untuk menentukan model data beserta dengan tipe data yang nantinya diperlukan dalam implementasi. Selain itu pada tahap ini juga dikumpulkan informasi-informasi yang nantinya merupakan informasi pendukung dari sistem yang ada. b. Desain form Dalam tahap ini dilakukan proses untuk menentukan alur dari proses dan model dari tampilan awal serta halaman-halaman yang lainnya. 4. Implementasi Program (Coding) Pada tahap ini dilakukan perancangan aplikasi bangun ruang menggunakan FLARToolKit, macromedia flash 8 dan 3Ds Max. 5. Pengujian Pengujian dilakukan apakah aplikasi dapat berjalan sesuai dengan teori dan tujuan dari peneletian. Jika ditemukan kesalahan maka akan dilakukan perbaikan terhadap aplikasi. 6. Pembuatan Laporan Pembuatan laporan skripsi bertujuan untuk dijadikan sebagai dokumentasi hasil penelitian dalam bentuk skripsi. 1.7 Sistematika Penulisan Dalam penulisan ini, penulis membuat suatu sistematika yang bertujuan untuk menggambarkan secara ringkas bab-bab yang mencakup hal-hal sebagai berikut: BAB I PENDAHULUAN Bab pendahuluan ini berisikan mengenai latar belakang masalah, identifikasi masalah, pembatasan masalah tentang apa yang akan diberikan didalam penulisan ini, maksud dan tujuandari penulisan, metode penelitian serta sistematika penulisan. 5 BAB II TINJAUAN TEORITIS Bab ini menjelaskan tentang Computer Aided Instruction(CAI), Augmented Reality, FLARToolKit, bangun ruang dan penelitian terkait. BAB III ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM Bab ini menjelaskan tentang analisis cara kerja dari Augmented Reality, serta gambaran umum pembuatan sistem, flowchartsistem, paparan storyboard untuk rancangan aplikasi dan pembuatan layoutdari rancangan animasi yang akan ditampilkan di sistem tersebut. BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM Bab ini menjelaskan pengertian dari implementasi sistem, tampilan dari sistem dan hasil pengujian dari sistem. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN Bab ini merupakan bab terakhir yang mencakup kesimpulan dan saran.Contoh Skripsi Computer Science:Analisis Dan Perancangan Sistem Pengenalan Bangun Ruang Menggunakan Augmented RealityDownloads Versi PDF >>>>>>>Klik DisiniArtikel terkait skripsi diantaranya : Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, contohskripsi, c0ntoh proposal, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.

Share

& Comment

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © 2015 Jual Skripsi Eceran™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.