Download Skripsi Computer Science:Analisis Dan Perancangan Sistem Pengenalan Bangun Ruang Menggunakan Augmented Reality
BAB 1 PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Seiring dengan perkembangan teknologi dewasa
ini, sebagian besar sekolah-sekolah yang
ada di Indonesia khsnya di daerah perkotaan telah banyak yang memanfaatkan media komputer sebagai alat bantu
dalam proses belajar mengajar.
Proses belajar mengajar yang komunikatif,
efektif dan efisien mutlak dibutuhkan
untuk mencapai tujuan pendidikan yang ideal, yakni menghasilkan siswasiswi yang
memahami konsep pelajaran yang disampaikan dan kegunaannya pada kehidupan sehari-hari.
Pada penynan tugas akhir ini, penulis
merancang aplikasi pembelajaran berbantuan
komputer berbasis multimedia dengan studi kasus bangun ruang. Bangun ruang merupakan salah satu bahan ajar untuk
mata pelajaran matematika. Untuk pelajaran
ini, biasanya siswa memiliki kesulitan untuk memahami pelajaran karena untuk mempelajari materi ini dibutuhkan alat
peraga yang cukup banyak jenisnya.
Oleh karena itu, penulis berusaha untuk
menuangkan materi ini dalam bentuk multimedia
visual 3 dimensi (3D), sehingga siswa lebih cepat mengerti mengenai materi bangun ruang ini. Di samping itu,
sistem ini juga dapat digunakan oleh guru, sehingga proses pengajaran materi ini jadi
lebih mudah.
Penulis
juga membuat buku bahan ajar untuk materi bangun ruang yang bisa diinteraksikan dengan sistem yang dibuat.Buku
ini dapat diinteraksikan dengan sistem
menggunakan webcam, sehingga menghasilkan gambar 3D di layar komputer.
Dengan buku ini, diharapkan siswa lebih aktif
membaca buku.
1.2 Perumusan
Masalah Masalah yang dibahas dalamTugas
Akhir ini adalah bagaimana merancang dan membangun suatu aplikasi pembelajaran yang
mampu memvisualisikan bentuk 3D dari
suatu buku yang berisikan kumpulan citra/markertertentu menggunakan Augmented realitydi layar komputer dengan
bantuan webcam.
1.3 Batasan Masalah Batasan masalah dalam Tugas Akhir ini adalah
sebagai berikut: 1. Sistem tidak digunakan untuk sembarang citra,
melainkan citra-citra yang telah ditentukan
sebelumnya yaitu citra marker Augmented Reality.
2.
Analisis yang dilakukan pada penelitian ini adalah analisis posisi
marker terhadap objek virtual 3D, ukuran
marker terhadap objek virtual 3D, dan orientasi marker terhadap objek virtual 3D.
3.
Bangun ruang yang dibahas dalam sistem ini adalah : kubus, balok,
prisma, limas segitiga, limas segiempat,
tabung, kerucut dan bola.
4.
Aplikasi yang dibangun berupa softwareyang berisikan tutorial, augmented
reality, dan latihan serta buku yang berisikan
materi bangun ruang, latihan dan citra
marker.
5.
Penyajian materi pada sistem ini menggunakana penyajian tutorial yakni
penyajian dari topik ke topik sesuai
urutan dengan metode konstruktivisme.
6.
Sistem ini dikhskan untuk tingkat pendidikan sekolah menengah pertama.
7.
Sistem akan dirancang menggunakan program FLARToolKit, Macromedia Flash 8 dan 3DsMax.
8.
Sistem menggunakan webcamsebagai alat inputnya.
1.4
Tujuan Penelitian Tujuan penelitian ini
adalah merancang dan membangun pembelajaran bangun ruang berbasis 3D dari buku kumpulan citra tertentu
dengan mengimplementasikan Augmented
Reality agar pembelajaran menjadi lebih interaktif.
1.5 Manfaat Penelitian Manfaat penelitian ini adalah sebagai berikut:
1. Sistem dapat digunakan oleh siswa
untuk meningkatkan pemahaman mengenai pembelajaran
bangun ruang.
2. Sistem dapat digunakan oleh guru untuk
menciptakan pengajaran yang lebih interaktif.
3. Menciptakan buku yang lebih interaktifyang
bisa meningkatkan minat siswa membaca
buku.
1.6 Metode Penelitian Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini
adalah: 1. Studi Literatur Tahap ini dilakukan dengan mencari, menggali
dan mempelajari informasi yang berhubungan
dengan skripsi ini. Informasi didapat melalui buku-buku referensi atau sumber-sumber yang berkaitan dengan
skripsi ini, baik dari text book maupun internet.
2.
Analisis Sistem Pada tahap ini
dilakukan analisis terhadap masalah, proses, cara kerja, dan solusi dalam augmented realitydan FLARToolKit.
3.
Perancangan Sistem Dalam tahap
ini dilakukan perancangan untuk menyelesaikan masalah yang ditemukan pada tahap analisis, dan tahap ini
dibagi menjadi dua bagian yaitu : a.
Desain data Bertujuan untuk menentukan
model data beserta dengan tipe data yang nantinya diperlukan dalam implementasi. Selain
itu pada tahap ini juga dikumpulkan
informasi-informasi yang nantinya merupakan informasi pendukung dari sistem yang ada.
b. Desain form Dalam tahap ini dilakukan proses untuk
menentukan alur dari proses dan model
dari tampilan awal serta halaman-halaman yang lainnya.
4.
Implementasi Program (Coding) Pada
tahap ini dilakukan perancangan aplikasi bangun ruang menggunakan FLARToolKit, macromedia flash 8 dan 3Ds Max.
5.
Pengujian Pengujian dilakukan
apakah aplikasi dapat berjalan sesuai dengan teori dan tujuan dari peneletian. Jika ditemukan kesalahan maka
akan dilakukan perbaikan terhadap
aplikasi.
6.
Pembuatan Laporan Pembuatan
laporan skripsi bertujuan untuk dijadikan sebagai dokumentasi hasil penelitian dalam bentuk skripsi.
1.7 Sistematika Penulisan Dalam penulisan ini, penulis membuat suatu
sistematika yang bertujuan untuk menggambarkan
secara ringkas bab-bab yang mencakup hal-hal sebagai berikut: BAB I
PENDAHULUAN Bab pendahuluan ini berisikan mengenai latar
belakang masalah, identifikasi masalah,
pembatasan masalah tentang apa yang akan diberikan didalam penulisan ini, maksud dan tujuandari
penulisan, metode penelitian serta
sistematika penulisan.
5 BAB II TINJAUAN TEORITIS Bab ini menjelaskan tentang Computer Aided
Instruction(CAI), Augmented Reality,
FLARToolKit, bangun ruang dan penelitian terkait.
BAB III ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM Bab ini
menjelaskan tentang analisis cara kerja dari Augmented Reality, serta gambaran umum pembuatan sistem, flowchartsistem, paparan storyboard untuk rancangan aplikasi dan
pembuatan layoutdari rancangan animasi
yang akan ditampilkan di sistem tersebut.
BAB IV
IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM Bab ini
menjelaskan pengertian dari implementasi sistem, tampilan dari sistem dan hasil pengujian dari sistem.
BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN Bab ini
merupakan bab terakhir yang mencakup kesimpulan dan saran.
Contoh Skripsi Computer Science:Analisis Dan Perancangan Sistem Pengenalan Bangun Ruang Menggunakan Augmented RealityDownloads Versi PDF >>>>>>>Klik DisiniArtikel terkait skripsi diantaranya : Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, contohskripsi, c0ntoh proposal, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.
0 komentar:
Posting Komentar