Minggu, 15 Februari 2015

Download Skripsi Computer Science:Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Tarif Kapitasi Dengan Metode Activity Based Costing

Download Skripsi Computer Science:Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Tarif Kapitasi Dengan Metode Activity Based Costing


BAB I PENDAHULUAN 1. Latar Belakang Setiap individu adalah unik, artinya bahwa manusia yang satu berbeda dengan manusia yang lain dan tidak ada manusia yang sama persis dimuka bumi ini walaupun dilahirkan kembar (Sunaryo, 2004). Manusia sebagai makhluk holistik merupakan makhluk yang utuh atau paduan dari unsur biologis, psikologis, sosial dan spritual. Sebagai makhluk biologis, manusia tersjudul skripsin atas sistem organ tubuh yang digunakan untuk mempertahankan hidupnya. Sebagai makhluk psikologis, manusia mempunyai struktur kepribadian, tingkah laku sebagai manifestasi kejiwaan dan kemampuan berpikir serta kecerdasan. Manusia sebagai makluk sosial berarti manusia berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya.Sedangkan manusia sebagai makhluk spiritual yaitu makhluk yang memiliki pandangan hidup, dorongan hidup yang sejalan dengan keyakinan yang dianutnya (Alimul, 2009).Kepribadian merupakan pola khas seseorang dalam berpikir, merasakan dan berperilaku yang relatif stabil dan dapat diperkirakan (Dorland, 2002).Kepribadian juga diartikan sebagai total kecenderungan bawaan atau herediter dengan berbagai pengaruh dari lingkungan serta pendidikan, yang membentuk kondisi kejiwaan seseorang dan mempengaruhi sikapnya terhadap kehidupan (Weller, 2005). Berdasarkan pengertian tersebut, dapat disimpulkan bahwa kepribadian merupakan segala corak perilaku dan sifat manusia yang unik baik yang bersifat herediter yang muncul sebagai respons serta cara penyesuaian diri 1 terhadap segala rangsangan baik yang datang dari lingkungan maupun yang berasal dari dalam diri sendiri. Keunikan tersebut tergantung pada tipe kepribadian.Tipe kepribadian diperkenalkan pertama kali oleh Hippocrates (460- SM). Keempat tipe ini berdasarkan pada cairan-cairan yang terdapat di dalam tubuh, yaitu chole, melanchole, phlegma, dan sanguis. Kemudian Galenus (129-200 SM) menyempurnakan pendapat Hippocrates tersebut. Tipe kepribadian tersebut saat ini dikembangkan lagi oleh Littauer dalam bukunya yang berjudul Personality Plus. Littauer memaparkan tentang tipe kepribadian dengan sangat menarik dan mudah dipahami dengan memaparkan berbagai macam hasil survey yang dilakukannya. Dalam buku tersebut diungkapkan bahwa terdapat 4 tipe kepribadian antara lain kepribadian sanguinis yang popular, kepribadian melankolis yang sempurna, kepribadian koleris kuat dan kepribadian plegmatis damai. Keempat tipe kepribadian tersebut mempengaruhi sikap dan perilaku seseorang dalam menyesuaikan diri dan bersosialisasi dengan lingkungan disekitarnya, termasuk pendidikan.Pendidikan berasal dari kata “didik” artinya memelihara dan memberikan latihan. Pendidikan merupakan usaha manusia untuk menumbuhkan dan mengembangkan potensi-potensi pembawaan baik jasmani maupun rohani sesuai dengan nilai-nilai yang ada di dalam masyarakat dan kebudayaan (Ihsa, 2005).Pendidikan di bidang kesehatan termasuk keperawatan adalah proses yang sifatnya kompleks dan menyeluruh. Banyak orang yang berpendapat bahwa untuk meraih prestasi yang tinggi dalam proses pendidikan, seseorang harus memiliki Intelligence Quotient (IQ) yang tinggi, karena inteligensi merupakan bekal 2 potensial yang akan memudahkan dalam belajar dan pada gilirannya akan menghasilkan prestasi belajar yang optimal. Tetapi, taraf inteligensi bukan merupakan satu-satunya faktor yang menentukan keberhasilan seseorang, karena ada faktor lain yang mempengaruhi.Sebuah penelitian dilakukan oleh Lusiana (2009) yang berjudul “hubungan tipe kepribadian dengan prestasi akademik pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Riau Angkatan 2006”, dengan menggunakan metode penelitian analitik yakni cross sectional study dan tipe kepribadian yang diteliti yaitu tipe kepribadian A, tipe kepribadian B, dan tipe kepribadian C. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Riau angkatan 2006, dengan jumlah sampel sebanyak 71 orang dan instrumen yang digunakan adalah Edward Personal Preference Schedule (EPPS). Hasil analisis data menunjukkan bahwa sebanyak 43,66 % mahasiswa angkatan 2006 Fakultas Kedokteran Universitas Riau memiliki tipe kepribadian A, dengan nilai prestasi akademik rata-rata mahasiswa sebesar 2,85 yang termasuk dalam kategori sangat memuaskan (61,97 %). Dari hasil penelitian diperoleh p-value sebesar 0,024 < α = 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara tipe kepribadian dengan prestasi akademik pada mahasiswa Fakultas Kedokteran angkatan 2006 Universitas Riau, dimana tipe kepribadian A merupakan tipe kepribadian yang mendukung prestasi akademik mahasiswa tersebut. Dari penelitian tersebut didapatkan bahwa tipe kepribadian A adalah 1,83 kali lebih besar untuk memperoleh prestasi akademik yang sangat memuaskan dibanding tipe kepribadian B dan tipe kepribadian A memiliki peluang 2,17 kali lebih besar 3 untuk memperoleh prestasi akademik dangan sangat memuaskan dibandingkan tipe kepribadian AB.Penelitian lain dilakukan oleh Deasyana (2008) yang berjudul ”Hubungan Trait Kepribadian dan Prestasi Belajar pada Mahasiswa Unika Atma Jaya Jakarta”, Penelitian ini membahas tentang faktor kepribadian dan hubungannya dengan prestasi belajar karena kepribadian dianggap sebagai faktor penggerak dasar perilaku manusia. Penelitian ini akan menggunakan teknik sampling convenience dan menggunakan metode statistik korelasi Pearson Product Moment dan analisis simple regression. Five Factor Model merupakan salah satu teori yang membahas tentang kepribadian. Teori dari McCrae dan Costa ini mengelompokkan kepribadian kedalam lima domain yaitu Neuroticism, Extraversion,Openness to Experience, Aggreeableness dan Conscientiouness dimana setiap domain terdiri dari 6 facet atau subordinate trait. Kelima domain ini dianggap ada yang memiliki hubungan dan menjadi prediktor dari prestasi belajar.Hal tersebut sejalan dengan hasil penelitian ini dimana domain Conscientiousness dan beberapa facet yaitu Feelings, Modesty, Competence dan Achievement Striving teruji memiliki hubungan yang signifikan dengan prestasi belajar.Kemudian setelah dilakukan analisis regresi, ditemukan bahwa domain Conscientiousness merupakan satu-satunya prediktor signifikan pada prestasi belajar dalam penelitian ini. Kesimpulannya kepribadian memiliki hubungan dengan prestasi belajar khjudul skripsisnya facet O3 (Feelings), A5 (Modesty), C1 (Competence), C4 (Achievement Striving) dan domain C (Conscientiousness).Menurut Goleman (2000), kecerdasan intelektual (IQ) hanya menyumbang 20% bagi kesuksesan, sedangkan 80% adalah sumbangan faktor kekuatan-4 kekuatan lain. Ternyata ada faktor pendorong yang berperan pada prestasi belajar seseorang. Faktor internal meliputi bakat, motivasi dan intelegensi yang kemudian dikelompokkan menjadi faktor kognitif dan kepribadian yang kemudian dikelompokkan menjadi faktor non-kognitif. Dari hal tersebut dinyatakan bahwa kepribadian seseorang merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi akademik.Prestasi akademik merupakan penilaian untuk mengetahui sampai seberapa jauh perubahan yang terjadi dalam proses belajar seoarang mahasiswa yang mengikuti suatu pendidikan. Keberhasilan studi mahasiswa didasarkan pada nilai bobot rata-rata atau yang biasanya disebut Indeks Prestasi (IP). Indeks Prestasi dibedakan atas Indeks Prestasi semester yang berjalan (IPS) dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Perhitungan Indeks Prestasi Kumulatif dilakukan pada akhir semester, dengan menghitung nilai yang telah masuk pada semester yang dimaksud. Indeks Prestasi Kumulatif digunakan sebagai bahan masukan evaluasi keberhasilan studi mahasiswa dan penetapan sanksi akademik.Contoh Skripsi Computer Science:Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Tarif Kapitasi Dengan Metode Activity Based CostingDownloads Versi PDF >>>>>>>Klik Disini Artikel terkait skripsi diantaranya : Judul judul skripsi,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.

Share

& Comment

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © 2015 Jual Skripsi Eceran™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.