Download Skripsi Computer Science:Sistem Informasi Perpustakaan Pada Sma Negeri 1 Baangun Purba Dengan Menggunakan Visual Basic 6.0
BAB PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Saat ini ilmu
pegetahuan dan teknologi berkembang dengan saat pesat, salah satunya adalah teknologi
komputer. Oleh karena itu,
banyak orang yang
menggunakan komputer untuk meningkatkan kreatifitas dalam segala bidang.
Dan saat ini komputer berperan
sangat penting dalam
mempermudah penyelesaian suatu
pekerjaan, meningkatkan efisiensi kerja serta meningkatkan kreatifitas
dan aktivitas pegawai dan karyawan
sehingga memiliki skill
atau kemampuan yang
bagus. Hal ini
dibuktikan dengan banyaknya perusahaan
atau instansi pemerintah
yang menggunakan sistem komputerisasi sebagai
alat bantu untuk
mempermudah pekerjaan dan
menjadikan perusahaan atau instansi pemerintah memiliki kualitas dan
kuantitas yang tinggi.SMA Negeri 1 Bangun Purba
merupakan salah satu instansi Pemerintah yang menyelenggarakan program
penndidikan yang berhubungan
dengan ilmu pengetahuan. Untuk
mendukung keberhasilan Sumber
Daya Manusia (SDM)
yang berkualitas, SMA Negeri
1 Bangun Purba
menyediakan perpustakaan yang
saat ini masih dikelola
oleh petugas perpustakaan
secara manual. Petugas
dalam melayani proses peminjaman
di perpustakaan masih
banyak mengalami kendala
diantaranya adalah pembuatan kartu anggota sebagai tanda bukti anggota,
memberikan informasi koleksi buku yang dimiliki perpustakaan, proses peminjaman
buku oleh anggota dan pembuatan
laporan untuk diserahkan
kepada Kepala Sekolah
sangatlah sulit Judul skripsi diakibatkan kemungkinan
terjadinya kesalahan-kesalahan
antara lain perhitungan yang kurang akurat dan waktu yang
cukup lama dalam pengolahan.Mengingat masalah perpustakaan
merupakan unsur penting bagi SMA Negeri 1
Bangun Purba, maka
dalam pelaksanaan dan
pengolahan datanya perlu
adanya diterapkan beberapa prinsip
kerja yang menjamin
efisiensi dan efektifitas
sekolah.Untuk itu
bagi sekolah ini
sangat perlu menerapkan
suatu sistem pengolahan
data buku perpustakaan melalui
teknologi computer untuk
mempermudah proses pengolahan
data perpustakaan.Untuk mengatasi
masalah tersebut penulis mencoba
membuat suatu sistem informasi perpustakaan
yang terkomputerisasi yang
akan diterapkan pada
SMA Negeri 1 Bangun Purba, sehingga diharapkan mampu memberikan layanan
yang lebih cepat dan akurat.Dari uraian diatas,
penulis tertarik memilih
judul “Sistem Informasi Perpustakaan
Pada SMA Negeri 1 Bangun Purba Dengan Menggunakan Visual Basic 6.0”.1.2 Perumusan Masalah Permasalahan yang
akan diselesaikan adalah
bagaimana merancang suatu
sistem informasi yang efisien
dan efektif untuk
mengolah dan dapat
menangani pendataan buku pada SMA
Negeri 1 Bangun
Purba Judul skripsi dengan menggunakan
alat bantu komputer, agar pemberian
laporan pandataan buku
dapat lebih cepat,
karena penyajian secara manual tidak dijamin ketelitian dan
kebenarannya.1.3 Batasan Masalah Judul skripsi
Adapun yang menjadi
batasan masalah pada
sistem informasi peminjaman
dan pengembalian buku pada
perpustakaan SMA Negeri 1
Bangun Purba agar tidak menyimpang dari tujuan maka dilakukan :
1. Program ini hanya
bisa diaplikasikan untuk
membantu kelancaran dalam peminjaman dan
pengembalian buku pada
perpustakaan SMA Negeri Bangun
Purba.2. Pendataan anggota,
buku, peminjaman dan
pengembalian buku hanya dilakukan pada SMA Negeri 1 Bangun
Purba.3. Program ini
hanya memperbolehkan seorang
anggota meminjam buku
tidak lebih dari 5
buku, jika ingin
meminjam lagi anggota
harus mengembalikan salah satu
buku yang dipinjam
dan meminjam kembali
dengan total pinjam tidak lebih dari 5 buku.4. Program ini juga membahas
pengembalian buku yang rusak dengan dikenakan biaya perawatan
buku apabila yang
dikembalikan ternyata dalam
kondisi rusak.1.4 Maksud dan Tujuan Adapun maksud
penulis mengadakan penelitian
pada SMA Negeri 1
Bangun Purba adalah untuk
mencari dan mengetahui
cara untuk mengatasi
masalah-masalah dan kelemahan-kelemahan dalam
pembuatan laporan pendataan
buku pada perpustakaan SMA Negeri 1 Bangun Purba.Adapun tujuan dari penelitian ini
adalah : Judul skripsi 1. Merancang
suatu aplikasi pemrograman
dengan database sehingga
dapat membantu proses pendataan pada perpustakaan SMA Negeri 1 Bangun
Purba.2. Membantu mempercepat
proses transaksi peminjaman
di perpustakaan tersebut.3. Mempermudah pendataan
dalam mencari data,
baik data buku atau
data pelanggan anggota perpustakaan.4. Melalui program ini diharapkan
dapat memberikan informasi melalui laporanlaporan yang terperinci, akurat,
tepat waktu dan secepat mungkin.1.5 Metode Penelitian Metode penelitian
yang penulis gunakan
untuk mendapatkan data
yang diperlukan adalah : 1.
Penelitian Lapangan (Field Research) Metode
penelitian ini dilakukan
langsung pada objek
penelitian, data serta keterangan yang dikumpulkan dengan cara
: a. Pengamatan (Observation) Dalam hal ini penulis melakukan pengamatan untuk
mendapatkan data secara umum dengan
melihat langsung, mengamati
dan mencatat sistem yang
sedang berjalan saat
ini seta melihat
format-format yang dilakukan
selama ini.b. Wawancara (Interview) Dalam
hal ini penulis melakukan wawancara untuk melengkapi bahan yang sudah
ada selama observasi.
Penulis melakukan tanya jawab Judul skripsi kepada staf
(pegawai) tata usaha
dan guru yang
berkaitan dengan sistem yang
sedang diteliti.
Contoh Skripsi Computer Science:Sistem Informasi Perpustakaan Pada Sma Negeri 1 Baangun Purba Dengan Menggunakan Visual Basic 6.0Downloads Versi PDF >>>>>>>Klik Disini Artikel terkait skripsi diantaranya : Judul judul skripsi,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.
0 komentar:
Posting Komentar