Minggu, 15 Februari 2015

Download Skripsi Pertanian:Pengaruh Model Pembelajaran Investigasi Kelompok Dan Stad Terhadap Prestasi Belajar Sejarah Ditinjau Dari Kreativitas Belajar Pada Siswa Kelas X Sma

Download Skripsi Pertanian:Pengaruh Model Pembelajaran Investigasi Kelompok Dan Stad Terhadap Prestasi Belajar Sejarah Ditinjau Dari Kreativitas Belajar Pada Siswa Kelas X Sma

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah Undang-Undang Dasar pasal 31 menyatakan bahwa setiap warga negara berhak mendapat pendidikan dan wajib mengikuti pendidikan dasar serta pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional yang meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta akhlak mulia dalam rangka meningkatkan kecerdasan kehidupan bangsa yang diatur dengan undang-undang. Permasalahan dibidang pendidikan yang dihadapi adalah berlangsungnya pendidikan yang kurang bermakna bagi pengembangan pribadi dan watak peserta didik, yang berakibat hilangnya kepribadian dan kesadaran akan makna hakiki kehidupan. Mata pelajaran yang berorientasi akhlak dan moralitas serta pendidikan agama kurang diberikan dalam bentuk latihanlatihan pengalaman untuk menjadi corak kehidupan sehari-hari (GBHN 1999-2004:12). Sejarah merupakan sub mata pelajaran IPS adalah salah satu diantara beberapa mata pelajaran yang ada didalam kurikulum pendidikan dasar sampai pada pendidikan menengah yang berorientasi pada nilai, pendidikan kemanusiaan, pendidikan pembinaan moralitas, dan pendidikan intelektual akhir-akhir ini dirasa kurang mendapat kesan sebagai suatu pelajaran yang menarik dan semakin menjemukan pada sebagian siswa sehingga siswa kurang antusias terhadap mata pelajaran tersebut. Secara tidak langsung hal tersebut akan berpengaruh kepada rendahnya prestasi belajar yang diperoleh siswa di sekolah. Halini dapat dilihat dari rendahnya nilai mata pelajaran Sejarah dibandingkan dengan nilai mata pelajaran pada ilmu sosial lainnya yang diperoleh siswa SMA Negeri 1 Wates Kelas X tahun ajaran 2012/2013 sebagai berikut: No Perbandingan Nilai yang diperoleh Sosiologi Ekonomi Geografi Sejarah 1 76,25 78, 20 77, 50 72, Tabel 1. Prestasi Belajar Sejarah di SMA(sumber: SMA Negeri 1 Wates) Rendahnya prestasi belajar yang diperoleh siswa pada mata pelajaran Sejarah tentu dipengaruhi oleh banyak faktor seperti rendahnya kemampuan guru dalam menerapkan model pembelajaran ataupun kreativitas belajar siswa yang rendah. Dikemukakan oleh I Gde Widja(2002:71), mengatakan njadi tidak menarik dan hilangnya kewibawaan sebag membuktikan kurang tepatnya guru dalam memilih model pembelajaran. Guru sejarah sebaiknya bersedia meninggalkan cara mengajar dan kebiasaan lama atau secara konvensional yang berpusat pada guru, untuk beralih pada pola-pola mengajar yang berpusat pada siswa dengan cara melibatkan siswa secara aktif. Untuk keperluan itulah penguasaan guru atas berbagai model pembelajaran atau model pembelajaran menjadi penting, khususnya model pembelajaran yang menekankan siswa menjadi aktif. Strategi pembelajaran kooperatif dapat menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan interaksi dan kerjasama siswa, yang pada gilirannya akan dapat meningkatkan proses demokratis serta hasil belajar yang maksimal. Strategi pembelajaran kooperatif pada prinsipnya adalah pembentukan kelompok-kelompok kecil, dimana dalam kelompok itu terdapat kerjasama antar anggota kelompok, saling berinteraksi dan diskusi dalam kelompok. Pembelajaran difokuskan pada cara kerjasama kelompok. Untuk itu dalam penelitian ini peneliti akan membandingkan dua model pembelajaran kooperatif, yaitu model pembelajaran Investigasi kelompok dan model pembelajaran STAD. Dalam model pembelajaran kooperatif yang mencakup kedua tipe di atas aktifitas dan kreativitassiswa sangat diperlukan, termasuk hubungan antar pribadi siswa. Kreativitas belajar siswa juga merupakan faktor penting dalam pembelajaran. Proses pembelajaran pada hakikatnya untuk mengembangkan aktifitas dan kreativitas peserta didik, melalui berbagai interaksi dan -106). Akan tetapi sering kali kita sadar, bahwa dalam melaksanakan pembelajaran justru menghambat aktifitas dan kreativitas peserta didik. Kreativitasadalah salah satufaktor psikologis yang dapat mempengaruhi kegiatan belajar mengajar. Berkat kreativitasyang dimiliki setiap siswa diharapkan mampu memanifestasikan perwujudan diri dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Dari hal itu dapat disimpulkan bahwa permasalahan peningkatan kreativitas adalah berkaitan erat dengan pendidikan. Oleh sebab itu guru sebagai salah satu faktor dalam pelaksanaan strategi pembelajaran diharapkan dapat menumbuhkembangkan dan meningkatkan kreativitaspara peserta didik. Hal itu sesuai dengan yang diungkapkan oleh Reni Akbar &Hawadi (2001:1), perlu dikembangkan iklim belajar mengajar yang konstruktif bagi berkembangnya potensi kreatif peserta didik seiring dengan berkembangnya suasana, kebiasaan dan strategi pembelajaran. Mengingat betapa pentingnya pemilihan strategi pembelajaran yang tepat agar dapat menumbuhkembangkan kreativitas dan meningkatkan prestasi belajar siswa secara optimal, maka penulis tertarik untuk mengangkat Pengaruh Model Pembelajaran Investigasi Kelompok dan STAD terhadap Prestasi Belajar Sejarah Ditinjau dari KreativitasBelajar Siswa Kelas X SMA B. Identifikasi Masalah Dari uraian latar belakang masalah diatas permasalahannya menjadi lebih jelas, bahwa guru SMA terutama guru mata pelajaran sejarah harus mampu mengembangkan kemampuan profesionalnya untuk merancang strategi pembelajaran dan mengelola proses kegiatan belajar mengajar yang dapat menumbuhkembangkan situasi belajar yang berorientasi pada peningkatan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa yang optimal. Hal ini menunjukkan banyaknya permasalahan yang harus dihadapi antara lain: 1. Bagaimana cara merancang danmenyusun strategi pembelajaran sejarah agar dapat menumbuhkembangkan situasi belajar yang berorientasi pada peningkatan kualitas dan hasil belajar yang optimal? 2. Apakah ada pengaruh strategi pembelajaran kooperatif modelInvestigasi Kelompok terhadap prestasi belajar sejarah? 3. Apakah ada pengaruh kreativitas strategi pembelajaran kooperatif model STAD terhadap prestasi belajar sejarah? 4. Apakah ada pengaruh kreativitasbelajar terhadap prestasi belajar sejarah? C. Pembatasan Masalah Permasalahan yang menyangkut pengaruh strategi pembelajaran terhadap belajar mata pelajaran sejarah ditinjau dari kreativitas siswa sangat luas. Berkaitan dengan hal tersebut maka dalam penelitian ini populasi akan dibagi menjadi dua variabel. Kedua variabel tersebut adalah variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas terdiri dari model pembejalaran Investigasi Kelompok dan STAD. Sedangkan variabel terikatnya adalah Prestasi Belajar Sejarah. Sementara subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri se Kabupaten Kulon Progo Tahun 2013/2014. Mengingat luasnya permasalahan serta keterbatasan kemampuan peneliti, maka dalam penelitian ini dibatasi pada masalah strategi pembelajaran kooperatif modelInvestigasi Kelompok dan STAD serta pengaruhnya pada prestasi siswa ditinjau dari kreativitas belajar dengan batasan sebagai berikut: 1. Strategi pembelajaran dibatasi pada strategi pembelajaran kooperatif modelInvestigasi Kelompok dan Strategi pembelajaran kooperatif model STAD.Contoh Skripsi Pertanian:Pengaruh Model Pembelajaran Investigasi Kelompok Dan Stad Terhadap Prestasi Belajar Sejarah Ditinjau Dari Kreativitas Belajar Pada Siswa Kelas X SmaDownloads Versi PDF >>>>>>>Klik DisiniArtikel terkait skripsi diantaranya : Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, contohskripsi, c0ntoh proposal, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.

Share

& Comment

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © 2015 Jual Skripsi Eceran™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.