Rabu, 18 Februari 2015

Download Skripsi Mathematics:Perancangan Aplikasi Informasi Akademik Via SMS Berbasis Java Pada Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam

Download Skripsi Mathematics:Perancangan Aplikasi Informasi Akademik Via SMS Berbasis Java Pada Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam

BAB 1 PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Mengingat akan pesatnya kemajuan teknologi yang sudah merambah ke semua bidang, serta pola kehidupan masyarakat Indonesia yang sudah relatif maju, dapat dipastikan bahwa hampir semua orang saat ini sudah memanfaatkan teknologi selular. Dan layanan SMS sebagai salah satu layanan selular yang paling popular serta paling diminati saat ini karena penggunaannya yang relatif mudah serta biaya yang sangat murah. Kini berbagai macam aplikasi dari Short Message Service (SMS) untuk akses data telah diperkenalkan seiring berkembangnya teknologi, seperti Remote Monitoring, M-Banking, Information service/ information retrieval, dan aplikasi SMS lainnya (Dharma Oetomo, 2003). Dengan adanya aplikasi-aplikasi dari fasilitas SMS untuk aplikasi pengaksesan data, maka fasilitas SMS ini dapat digunakan untuk pengaksesan data informasi akademik di sebuah instansi pendidikan. Menyadari akan semua ini, timbul inisiatif untuk berpartisipasi aktif dalam membangun suatu aplikasi informasi akademik yang berbasis SMS pada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sumatera Utara, terutama untuk mendapatkan layanan informasi seperti nilai mahasiswa, jadwal kuliah, jadwal ujian, dan informasi yang berkaitan dengan kegiatan akademik. Untuk bisa mendapatkan layanan informasi tersebut biasanya harus melalui prosedur yang harus dilakukan seperti mendaftarkan dirinya sebagi pengguna layanan aplikasi ini. Maka aplikasi ini akan sangat membantu dalam melayani informasi terkait akademik dengan harapan memudahkan pihak Fakultas, dan mahasiswa untuk mendapat informasi dimanapun dan kapanpun. Dan aplikasi yang akan dibuat ini berfungsi sebagai suatu media komunikasi antara Fakultas dengan mahasiswa, bukan hanya sebagai layanan untuk memudahkan mahasiswa tetapi juga sebagai pengingat bilamana mahasiswa tidak mengetahui informasi- informasi akademik. Penelitian ini menerapkan aplikasi informasi akademik via SMS yang akan menyajikan banyak fitur, seperti menerima pesan, mengirim pesan, info on demand (automatic reply). Dengan menggunakan Java sebagai bahasa pemrogramannya dan NowSMS sebagai SMS Gateway-nya. 1.2 Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang yang telah disebutkan, maka rumusan masalah yang dikaji dalam tugas akhir ini adalah: 1. Bagaimana membuat suatu informasi akademik yang dapat diakses via SMS dari berbagai operator telepon selular yang ada dengan menggunakan telepon selular berteknologi GSM maupun CDMA. 2. Bagaimana membantu segenap civitas Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sumatera Utara untuk mendapatkan informasi terkini yaitu dengan menyajikan layanan informasi via SMS. 1.3 Batasan Masalah Untuk memfokuskan pada tujuan penelitian maka penulis membatasi pembahasan tugas akhir ini. Adapun yang menjadi pembatasan masalah adalah sebagai berikut: 1. Aplikasi yang akan dibuat meliputi SMS untuk mendapatkan informasi seperti nilai mahasiswa, jadwal kuliah, jadwal ujian, pengiriman saran dan informasi-informasi lainnya yang berkaitan dengan kegiatan akademik. 2. Aplikasi ini tidak melayani pengisian Kartu Rencana Studi melainkan jadwal pengisiannya. 3. Informasi yang akan dibuat hanya digunakan oleh administrator sebagai operator, yaitu perubahan serta penambahan informasi. 4. Semua perangkat keras yang memiliki layanan SMS dengan syarat perangkat keras berjalan dengan baik di laptop ataupun komputer. 5. Perancangan aplikasi ini tidak membahas mengenai keamanan data, dan kerahasiaan nomor pengirim. l likasi gameedukasi ini juga didukung bahasa pemrograman ActionScript 1.0dan Action Script 2.0.1.4 Maksud dan Tujuan Penelitian Maksud dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perancangan game edukasi dengan menggunakan Macromedia Flash Professional 8. Tujuan dari penelitian tugas akhir antara lain adalah: 1. Membuat gameedukasi yang implementasinya untuk anak dalam belajar.

Contoh Skripsi Mathematics:Perancangan Aplikasi Informasi Akademik Via SMS Berbasis Java Pada Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam

Downloads Versi PDF >>>>>>>Klik Disini




Share

& Comment

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © 2015 Jual Skripsi Eceran™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.