Download Skripsi Mathematics:Game Edukasi Anak Menggunakan Macromedia Flash 8
BAB PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Gameedukasi sangat
menarik untuk dikembangkan. Ada beberapa
kelebihan dari game edukasi
dibandingkan dengan metode edukasi
konvensional. Salah satu kelebihan
utama game edukasi adalah pada
visualisasi dari permasalahan nyata.
Massachussets Insitute
of Technology (MIT)
berhasil membuktikan bahwa game sangat
berguna untuk meningkatkan logika
dan pemahaman pemain
terhadap suatu masalah melalui
proyek gameyang dinamai Scratch.
Gameedukasi berbasis simulasi
didesain untuk mensimulasikan permasalahan yang
ada sehingga diperoleh esensi atau
ilmu yang dapat
digunakan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.
Gamesimulasi dengan tujuan edukasi ini dapat digunakan
sebagai salah satu
media edukasi yang memiliki
pola pembelajaran learning
by doing. Berdasarkan pola yang
dimiliki oleh game tersebut, pemain dituntut
untuk belajar sehingga dapat menyelesaikan permasalahan yang ada. Status game,
instruksi, dan tools yang disediakan
oleh gameakan membimbing pemain secara aktif untuk menggali informasi sehingga
dapat memperkaya pengetahuan dan strategi
saat bermain. Gameedukasi adalah
salah satu bagian dari
permainan yang serius.
Berdasarkan hasil penelitian penelitian sebelumnya, tidak
diragukan lagi bahwa gameedukasi dapat menunjang proses
pendidikan (Marsh, dkk, 2005; Clark, 2006).
Game edukasi unggul dalam beberapa aspek jika dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional. Salah
satu keunggulan yang
signifikan adalah adanya animasi yang dapat meningkatkan daya ingat
sehingga anak dapat menyimpan materi pelajaran dalam
waktu yang lebih lama
dibandingkan dengan metode
pengajaran konvensional (Clark, 2006).
Secara umum, gameedukasi telah
banyak dikembangkan namun tidak banyak game
edukasi untuk perguruan tinggi
dan praktisi. Gameedukasi yang
dibuat biasanya bersifat non-simulasi
dan ditujukan untuk
anak-anak. Ada beberapa game pada segmen
perguruan tinggi dan praktisi,
misalnya bussiness game, namun kebanyakan
game pada segmen tersebut
mengangkat permasalahan untuk
tingkat strategis. Tidak banyak
ditemui gameedukasi yang
mengangkat permasalahan di tingkat
operasional.
Adobe flash
atau sebelumnya Macromedia
Flash merupakan software multifungsi. Terlepas
dari fungsi awalnya,
yaitu mempermudah pembuatan
animasi web, ternyata
Macromedia Flash berkembang
pesat hingga dapat
dimanfaatkan sebagai software
multi media yang
luar biasa. Bahkan Macromedia Flash
dengan action script-nya
dapat dimanfaatkan menjadi
program pembuat gameyang mudah dan
efektif.
Pemrograman komputer pada
umumnya akan sulit
dipahami oleh seseorang yang
awam terhadap sebuah
bahasa pemrograman. Disisi
lain membuat game merupakan salah
satu penerapan dari ilmu pemrograman komputer. Namun kita tidak perlu
berkecil hati, karena
Macromedia flash dan action
script-nya sangat mudah untuk dipelajari
dan melalui buku
ini saya berusaha
membagi sedikit pengetahuan saya tentang membuat gamedengan Macromedia
flash. (Wandah W: 2009).
Penelitian ini juga penulis
ajukan sebagai tugas akhir penulis dan sebagai salah satu
syarat mencapai gelar
diploma. Dan penulis
juga berharap gameedukasi anak yang dibuat dapat bermanfaat untuk
anak-anak di Indonesia.
1.2 Identifikasi Masalah Beberapa
masalah yang penulis temukan adalah: 1. Cara
belajar konvensional kurang
menarik minat anak
usia 8 tahun
untuk belajar 2. Minimnya aplikasi-aplikasi yang
dapat membangun karakter
yang baik bagi anak
dalam belajar dan membentuk etika dasar sejak usia dini Penulis berharap
dengan aplikasi ini
dapat memacu semangat
anak dalam belajar serta membangun karakter yang baik
bagi anak usia dini.
1.3 Batasan Masalah Batasan Masalah dari tugas akhir ini adalah membahas
mengenai beberapa permainan sambil belajar
seperti mengenal simbol,
berhitung, mencocokkan gambar
dan acak kata .
Materi yang dijadikan sebagai soal pada
aplikasi permainan ini adalah materi pelajaran anak usia 8 tahun atau setara dengan
Sekolah Dasar (SD) kelas III.
Aplikasi game ini dibangun
dibawah sistem operasi Windows Vista,
yang mencakup aplikasi Macromedia Flash
8. Selain itu,
aplikasi gameedukasi ini juga didukung bahasa pemrograman ActionScript
1.0dan Action Script 2.0.
1.4 Maksud dan Tujuan Penelitian Maksud dari
penelitian ini adalah
untuk mengetahui bagaimana
perancangan game edukasi
dengan menggunakan Macromedia
Flash Professional 8. Tujuan
dari penelitian tugas akhir
antara lain adalah: 1. Membuat gameedukasi yang implementasinya untuk anak
dalam belajar.
Contoh Skripsi Mathematics:Game Edukasi Anak Menggunakan Macromedia Flash 8
Downloads Versi PDF >>>>>>>Klik Disini
0 komentar:
Posting Komentar