Abstrak
PAI
dimana banyak faktor yang ikut mempengaruhinya. Salah satu faktor tersebut
daintaranya adalah guru. Guru merupakan komponen pengajaran yang memegang
peranan penting dan utama, karena keberhasilan proses belajar- mengajar sangat
ditentuan oleh faktor guru. Tugas guru adalah menyampaikan materi pelajaran kepada
siswa melalui interaksi komunikasi dalam proses belajar-mengajar yang dilakukannya.
Keberhasilan guru dalam menyampaikan materi sangat tergantung kepada kelancaran
interaksi antara guru dengan siswanya. Ketidak lancaran komunikasi membawa akibat
terhadap pesan yang diberikannya.
Untuk menghindari ketidak lancaran komonikasi tersebut adalah guru harus mampu
dan bisa menggunakan media pembelajaran, karena Media pembelajaran merupakan
salah satu unsur yang amat penting dalam proses belajar mengajar, karena dapat dimuati
pesan yang akan disampaikan kepada siswa baik berupa alat ataupun bahan ajar. Selain
itu media pembelajaran merupakan salah satu cara untuk memotivasi dan
berkomonikasi dengan siswa agar lebih efektif dan antusias dalam kegiatan bealajar
mengajar.
Untuk memudahkan siswa dalam memahami isi materi yang akan disampaikan
salah satu cara yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam adalah menggunakan
media pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran di kelas XI IPA2 SMAN I
Paiton Probolinggo adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam. Berangkat dari permasalahan tersebut diatas, maka
dalam penelitian ini diabil rumusan masalah sebagi berikut: Bagaimana penggunaan
media pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran
pendidikan agama islam kelas XI IPA2 di SMAN I Paiton Proboling? Bagaimana
kendala dalam menggunakan media pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar
siwa pada mata pelajaran pendidikan agama islam kelas XI IPA2 di SMAN I Paiton
Probolinggo? Bagaimana mengatasi penggunaan media pembelajaran dalam
meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam kelas
XI IPA2 di SMAN I Paiton Probolinggo.
Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran
dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama
islam kelas XI IPA2 di SMAN I Paiton Probolinggo. Untuk mengetahui kendala
penggunaan media pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata
pelajaran pendidikan agama islam kelas XI IPA2 di SMAN I Paiton Probolinggo. Untuk
mengetahui bagaimana mengatasi kendala penggunaan media pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam kelas
XI IPA2 di SMAN I Paiton Probolinggo.
Penelitian ini dilakukan di SMAN I Paiton Probolinggo. Dengan desain penelitian
tindakan kelas (PTK) mengikuti model yang dikembangkan oleh John Elliott. Analisis
data dilakukan dengan menggunakan interview, observasi, dan dokumentasi. Analisis
data dilakukan secara kualitatif deskriptif karena pendekatan yang digunakan adalah
penelitian kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan ada peningkatan
motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada tiap-tiap
siklus. Dengan menggunakan media LKS motivasi siswa bertambah dibandingkan saat
Pre Tes. Motivasi siswa saat pre tes masih masih rendah yaitu 20, setelah dilaksanakan
tindakan siklus I meningkat menjadi 25 atau 25%, siklus II naik menjadi 34 atau 70%
dan siklus III naik menjadi 45 atau 125%.
Dalam menggunakan media LKS dan Projektor LCD pada mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam di kelas IPA2 SMAN I Paiton Probolinggo peneliti
menemukan kendala-kendala, diantaranya adalah kurang siapnya siswa dalam
mengikuti pelajaran, siswa masih takut mengungkapkan pendapatnya matinya lampu
saat menggunakan media projektor LCD, kedaan luar kelas yang ramai, dan masih ada
siswa yang lambat dan minta izin ketika berlangsungnya pelajaran. Untuk mengatasi
kendala tersebut peneliti memotivasi siswa untuk semangat belajar dan aktif dalam
kelas, memberi teguran dan sangsi kepada siswa yang terlambat. Dan memotivasi siswa
untuk berani mengungkapkan pendapatnya.
Kata Kunci : Media pembelajaran, Motivasi
Contoh
Skripsi Akuntansi:Pengawasan Internal Atas Aktiva TetapDownloads Versi
PDF >>>>>>>Klik Disini Artikel terkait skripsi
diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian
kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download
skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh
makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang,
beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis
kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis
contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal
pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir
jurusan akuntansi, contoh skripsi pendidikan agama islam, skripsi fakultas
pendidikan.
0 komentar:
Posting Komentar