Abstrak
PAI
Pada dasarnya manusia adalah makhluk social bermasyarakat dan
berorganisasi. Dalam usahanya untuk bermasyarakat, maka manusia berkelompok
atau organisasi. Bila dalam mempengaruhi dan menggerakkan usaha bersama
dalam rangka mencapai sesuatu tujuan yang telah ditetapkan, maka ia disebut
pimpinan. Sebuah sekolah adalah organisasi yang kompleks dan unik. Oleh sebab
itu sebagai pemimpin dalam sebuah organisasi sekolah (Kepala Sekolah), dapat
dikatakan berhasil apabila tercapainya tujuannya sekolah, serta tujuan dari
individu yang ada di dalam lingkungan sekolah. Salah satu faktor utama yang
sangat menentukan dalam meningkatan mutu pendidik adalah keefektifan kerja
guru.
Dalam penelitian ini, rumusan masalahnya adalah 1). Bagaimanakah
kinerja guru PAI di SMPN 3 Nganjuk?, 2) Apa upaya yang dilakukan kepala
sekolah SMPN 3 Nganjuk dalam meningkatkan kinerja guru PAI?, 3) Bagaimana
gaya kepemimpina kepala sekolah SMPN 3 Nganjuk dalam meningkatkan kinerja
guru PAI?, 4) Apa dampak yang ditimbulkan dari gaya kepemimpinan kepala
sekolah dalam meningkatkan kinerja guru PAI di SMPN 3 Nganjuk?.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif
dengan tujuan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan fenomena-fenomena
yang apa adanya di lokasi penelitian. Data yang di himpun penelitian adalah
melalui pengamatan yang seksama, wawancara, dan dokumentasi, agar hasil
penelitian tersusun sistematis maka langkah-langkah peneliti dalam menganalisis
data adalah pertama, dengan memilih hal-hal yang pokok dalam dan
memfokuskan kepada hal-hal yang penting, kedua menyajikan data yang
dilakukan dalam bentuk uraian singkat, tabel, dan sejenisnya. Ketiga menarik
kesimpulan guna menjawab rumusan masalah yang dirumuskan sejak awal.
Hasil dan analisis data dapat disimpulkan bahwa (1) kinerja guru PAI
sebagai seorang guru yang professional sudah memenuhi kompetensi guru, yaitu
kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, profesional, (2) upaya kepala sekolah
dalam meningkatkan kinerja guru ialah memotivasi guru, mengikutsertakan guru
dalam pelatihan-pelatihan/ diklat, mengedepankan kedisiplinan baik guru atau
murid, (3) gaya kepemimpinan kepala sekolah cenderung menggunakan gaya
kepemimpinan demokrasi (partisipatif). Namun dalam situasi dan kondisi tertentu
menuntut untuk bersikap lain (otoriter), (3) dampak yang ditimbulkan ialah
kelengkapan guru dalam menyiapkan bahan ajar (RPP) meningkat, kelengkapan
media PAI misalnya buku, mushola. kekompakan guru dalam masalah MGMP,
kerja guru PAI meningkat karena adanya motivasi dari kepala sekolah.
Contoh
Skripsi Akuntansi:Pengawasan Internal Atas Aktiva TetapDownloads Versi
PDF >>>>>>>Klik Disini Artikel terkait skripsi
diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian
kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download
skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh
makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang,
beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis
kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis
contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal
pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir
jurusan akuntansi, contoh skripsi pendidikan agama islam, skripsi fakultas
pendidikan.
0 komentar:
Posting Komentar