Abstrak
PAI
Ketrampilan dalam mengajar merupakan stimulus yang menghendaki adanya
tanggapan dari siswa, tergantung bagaimana siswa akan menyikapinya. Apakah ia akan
menyikapinya positif atau negatif tergantung dari persepsinya. Persepsi penting peranannya
dalam kehidupan manusia guna terbentuknya pengertian tentang suatu obyek atau benda
ataupun peristiwa. Persepsi adalah “pengamatan terhadap objek, peristiwa, atau hubunganhubungan
yang
diperoleh
dengan
mengumpulkan
informasi
dan
menafsirkan
pesan.
Penelitian dilakukan pada MTsN Mustika Jaya Bekasi dengan alamat di JL.
Mustikajaya Km 01 Kecamatan Mustikajaya Kota Bekasi. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas I, II, II pada MTsN Mustika Jaya Bekasi yaitu sebanyak 950 siswa.
Jenis penelitian yang lakukan ini adalah penelitian survey, dimana peneliti melakukan
observasi dalam pengumpulan data, peneliti hanya mencatat data seperti apa adanya,
menganalisis dan menafsirkan data tersebut. Menurut Singarimbun (1995:3), penelitian survey
adalah penelitian yang mengambil sampel dari satu populasi dan menggunakan kuesioner
sebagai alat pengumpulan yang pokok. Adapun pendekatan penelitian yang digunakan yaitu
penelitian deskriptif.
Kesimpulan dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa ketrampilan membuka dan
menutup pelajaran sebagian besar responden menjawab baik. Jika dilihat tiap-tiap item
ketrampilan membuka dan menutup pelajaran yang meliputi: menarik perhatian siswa
sebagain besar menjawab baik yaitu sebesar 67,4%, guru selalu memotivasi siswa menjawab
baik yaitu sebanyak 63,2%, guru mengemukakan bahan acuan yang harus dipelajari siswa
sebagian besar menjawab baik yaitu sebesar 60%, guru mengkaitkan materi pelajaran dengan
materi yang lalu sebagian besar responden menjawab baik yaitu sebesar 62,1%, dalam
mengakhiri pelajaran guru memberi kesimpulan materi yang telah disajikan dan pada akhir
pelajaran, guru memberikan penilaian secara lisan maupun tulis sebagaian besar menjawab
baik yaitu sebanyak 67,4%.
Persepsi siswa tentang ketrampilan dasar pembelajaran guru pada indikator
keterampilan menjelaskan tergolong baik. Jika dilihat tiap-tiap item keterampilan menjelaskan
yang meliputi: penjelasan guru mudah dimengerti sebagian besar responden menjawab baik
yaitu sebanyak 69,5%, selain menjelaskan guru juga mendemonstrasikan fasilitas yang
digunakan yaitu sebesar 63,2% dan dalam menjelaskan guru memberikan kesempatan siswa
untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami atas penjelasan yang telah diberikan
sebagian besar menyatakan baik yaitu sebanyak 67,4%. Mengenai persepsi siswa tentang
keterampilan guru mengajar guru mengajar pada indikator ketrampilan bertanya tergolong
baik. Jika dilihat tiap-tiap item ketrampilan bertanya yang meliputi: pertanyan-pertanyaan
guru selama pelajaran berlangsung diungkapkan dengan kata-kata yang jelas / mudah
dimengerti sebagian besar menyatakan baik yaitu sebanyak 69,5%, guru memberikan acuan
berupa informasi yang berkaitan dengan dengan jawaban sebesar 69,5%, pertanyaan yang
diajukan guru dimulai dengan hal-hal umum dulu kemudian diikuti oleh pertanyaan yang
lebih khusus yaitu sebesar 73,7%, guru memberikan pertanyaan yang berbeda-beda kepada
setiap siswa diperoleh hasil sebesar 67,4%, dalam bertanya guru juga melakukan pindah gilir
apabila siswa kesulitan menjawab sebagian besar menyatakan 63,2%, guru memberikan
waktu berpikir sejenak kepada siswa sebanyak 70,5%, untuk menjawab pertanyaan yang disampaikan dan pertanyaan yang diberikan guru berurutan dari yang mudah hingga
pertanyaan yang sulit memiliki nilai sebesar 68,4%.
Hasil analisis persepsi siswa tentang keterampilan guru mengajar pada indikator
memberi penguatan tergolong baik. Jika dilihat tiap-tiap item memberi penguatan yang
meliputi: guru mengucapkan kata (bagus, setuju, sangat baik, sangat tepat, betul, dll) kepada
siswa yang menjawab dengan benar dan guru memberikan penghargaan kepada siswa yang
mnejawab pertanyaan dengan benar masuk dalam kategori baik yaitu sebesar 67,4%
sedangkan untuk indikator dalam memperkuat penjelasan materi yaitu sebesar 76,8%, guru
menggunakan isyarat seperti tangan dan perubahan mimik masuk dalam kategori baik dengan
prosentase sebesar 61,1%. Hasil tersebut dapat membuktikan bahwa para guru selalu berusaha
agar para siswa memiliki keinginan untuk memahami atas materi pelajaran yang diberikan.
Persepsi siswa tentang keterampilan guru mengajar pada indikator keterampilan membuat
variasi tergolong baik. Jika dilihat tiap-tiap item memberi penguatan yang meliputi: guru
menggunakan variasi nada sebagian besar menyatakan baik yaitu sebanyak 52,6%, volume
suara sebesar 50,2%, dan kecepatan bicara selama mengajar dan untuk menarik perhatian
siswa yaitu sebagian besar menyatakan baik yaitu sebesar 54,7%, guru mengucapkan katakata
perhatian
yaitu sebesar 85,3%, dengar baik-baik sebesar 80%, dan menunjuk / mengetok
papan tulis masuk dalam kategori baik yaitu sebesar 69,5%. Sedangkan untuk indikator guru
melayangkan pandangan / melakukan kontak pandang kepada seluruh siswa saat mengajar,
Guru melakukan perubahan mimik dan gerak dalam mengajar, saat mengajar posisi guru
bervariasi (berpindah-pindah), dalam mendemonstrasikan media pembelajaran, guru
menggunakan berbagai macam variasi dan guru menyajikan materi perpelajaranan dengan
berbagai media masuk dalam kategori baik yang sebagian besar menyatakan baik yaitu
sebanyak 67,4%.
Persepsi siswa tentang ketrampilan dasar pembelajaran guru mengajar pada indikator
keterampilan mengelola kelas tergolong baik. Jika dilihat tiap-tiap item memberi penguatan
yang meliputi: guru segera memberi bantuan apabila siswa mengalami kesulitan sebagain
besar responden menyatakan baik yaitu sebanyak 67,4%, siswa merasa diperhatikan oleh guru
selama pelajaran berlangsung sebanyak 69,5% dan guru menegur yang berperilaku negatif
memiliki nilai kurang dari 3 yang masuk dalam kategori baik yaitu sebanyak 65,3%. Persepsi
siswa tentang ketrampilan dasar pembelajaran guru pada indikator keterampilan membimbing
diskusi kelompok kecil tergolong baik. Jika dilihat tiap-tiap item keterampilan membimbing
diskusi kelompok kecil yang meliputi: dalam membimbing diskusi kelompok guru selalu
memusatkan perhatian siswa pada tujuan diskusi sebagain besar menyatakan baik yaitu
sebanyak 78,9%, dalam membimbing diskusi kelompok guru selalu mempertegas
permasalahan diskusi dan selama membimbing diskusi kelompok guru memberikan
kesempatan berpartisipasi kepada setiap siswa masuk dalam kategori baik yaitu sebagian
besar menyatakan baik yaitu sebanyak 80%.
Dengan demikian secara keseluruhan dapat diketahui bahwa persepsi siswa terhadap
ketrampilan dasar mangajar guru pada MTsN Mustika Jaya Kota Bekasi masuk dalam
kategori baik.
Contoh
Skripsi Akuntansi:Pengawasan Internal Atas Aktiva TetapDownloads Versi
PDF >>>>>>>Klik Disini Artikel terkait skripsi
diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian
kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download
skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh
makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang,
beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis
kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis
contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal
pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir
jurusan akuntansi, contoh skripsi pendidikan agama islam, skripsi fakultas
pendidikan.
0 komentar:
Posting Komentar