Abstrak
PAI
Dalam era globalisasi saat ini, kemajuan IPTEK dan masuknya budaya-budaya
asing telah mempengaruhi bangunan dan kebudayaan serta gaya hidup manusia.
Kenyataan semacam itu, akan mempengaruhi nilai, moral, sikap, atau tingkah laku
kehidupan individu dan masyarakatnya. Karena itu Pendidikan semakin dibutuhkan oleh
manusia, karena Pendidikan dipandang sebagai salah satu aspek yang memiliki peranan
penuh dalam membentuk generasi muda agar memiliki kepribadian yang baik dan
utama. Maksudnya, kepribadian yang memiliki sopan santun, prilaku atau akhlak dan
moral yang baik. Guru atau pendidik adalah salah satu faktor pendidikan. Dalam
melaksanakan pendidikan Islam, peranan pendidik sangat penting artinya dalam proses
pendidikan, karena ia bertanggung jawab dalam menentukan arah pendidikan tersebut.
Pendidik sangat bertanggung jawab dalam pembentukan pribadi peserta didik. Guru
tidak hanya mengajar atau menyampaikan materi pelajaran kepada peserta didik, tetapi
juga bertanggung jawab terhadap pembentukan pribadi anak sehingga sesuai dengan
ajaran agama Islam.
Berdasarkan permasalahan di atas, maka penulis melakukan penelitian di MTsN
Malang 1 dengan rumusan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana upaya Guru
Pendidikan Agama Islam dalam membentuk kepribadian siswa di Madrasah
Tsanawiyah Negeri (MTsN) malang 1? (2) Apa saja faktor yang menunjang dan
menghambat upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk kepribadian
siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) malang 1?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yaitu suatu
penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena,
peristiwa, aktifitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran orang secara
individual maupun kelompok. Beberapa deskripsi tersebut digunakan untuk menemukan
prinsip-prinsip dan penjelasan yang menuju pada kesimpulan. Jenis penelitiannya
adalah studi kasus. Kehadiran peneliti bertindak sebagai observer. Sumber data berasal
dari data primer dan data sekunder. Dalam proses mengumpulkan dan memperoleh data
secara akurat penulis menggunakan beberapa teknik peangumpulan data, yaitu
observasi, dokumentasi dan interview kemudian data yang diperoleh di analisis dengan
menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Teknis analisis datanya dengan cara
meredukdi data, display data, dan mengambil kesimpulan kemudian pengecekan
keabsahan data menggunakan perpanjangan keikut sertaan, ketekunan pengamatan,
trianggulasi. Adapun adapun tahap-tahap penelitiannya yaitu tahap persiapan, tahap
pelaksanaan dan tahap penyeleseian. Sumber data dalam penelitian ini adalah Guru
Pendidikan Agama Islam, Wakil kepala bidang kesiswaan, Koordinator bidang
keagamaan, Koordinator bidang bimbingan dan konseling.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, penulis dapat mengambil kesimpulan
bahwa dalam membentuk kepribadian siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) malang 1 Guru Pendidikan Agama Islam mengupayakan beberapa hal, di antaranya
yaitu melalui: 1) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, 2) penyediaan fasilitas dan
sarana pendidikan 3) Sikap dan Kepribadian Guru yang menjadi panutan dalam
menanamkan nilai-nilai ajaran agama, 4) Pendidikan Kebiasaan melakukan ibadah
yaumiyah 6) Pelatihan Kedisiplinan
Faktor-faktor Yang Mendukung Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam
Membentuk Kepribadian Siswa di MTsN Malang 1 adalah: 1) Adanya kerja sama antara
guru pendidikan agama Islam dengan seluruh civitas akademika MTsN Malang 1, 2)
Adanya kerjasama guru pendidikan Agama Islam dengan orang tua/ wali murid, 3)
Adanya tata tertib siswa (TATIBSI) yang sudah mapan, 4) Adanya lingkungan
keagamaan yang kondusif baik di sekolah maupun di rumah, 5) Adanya kegiatan
keagamaan di luar jam pelajaran. Faktor-faktor yang menghambat adalah 1) Kurangnya
perhatian serta motivasi dari orang tua, 2) Kurangnya suri tauladan dari guru-guru, 3)
Adanya unsur keterpaksaan dari diri siswa-siswi, 4) Adanya pengaruh media masa yang
berdampak negatif bagi perkembangan kepribadian siswa, 5) pengaruh lingkungan yang
negatif, 6) kurangnya kerjasama dengan pihak kantin
Sebagai kelanjutan penelitian ini, maka penulis memberikan saran kepada
madrasah agar tetap mempertahankan citra baik madrasah dan mempertahankan
prestasi-prestasi yang telah diraih oleh madrasah, Peningkatan seluruh guru dan
karyawan terutama Guru Pendidikan Agama Islam dalam memberikan suritauladan
yang baik bagi siswa-siswi MTsN Malang 1 dalam tingkah laku sehar-hari di
lingkungan madrasah, Bagi seluruh guru terutama guru yang mengajar mata pelajaran
umum diharapkan dapat mengintegrasikan materi pembelajaran dengan ajaran agama
Islam (dalil Al-Qur'an dan Al-Hadits) sebagai salah satu upaya dalam pembentukan
kepribadian Muslim siswa untuk memberikan pemahaman yang lebih luas terhadap
agamanya, Seyogyanya guru pendidikan agama Islam (GPAI) memperbanyak wawasan
dengan membaca buku-buku agama dan umum serta berusaha mengikuti informasiinformasi
yang sedang terjadi saat ini dalam upaya pengembangan pandidikan. Serta
harus menyadari perkembangan masyarakat yang sudah sangat kompleks. Guru agama
harus berlaku sesuai dengan kaidah-kaidah Islam, karena guru agama secara langsung
maupun tidak langsung membawa misi Islam dan menjadi panutan bagi peserta didik.
Contoh
Skripsi Akuntansi:Pengawasan Internal Atas Aktiva TetapDownloads Versi
PDF >>>>>>>Klik Disini Artikel terkait skripsi
diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian
kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download
skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh
makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang,
beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis
kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis
contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal
pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir
jurusan akuntansi, contoh skripsi pendidikan agama islam, skripsi fakultas
pendidikan.
0 komentar:
Posting Komentar