Abstrak
PAI
Pendidikan agama Islam di sekolah atau madrasah, dalam pelaksanaannya
masih menunjukkan permasalahan yang kurang menggembirakan. Selama ini
dirasakan adanya kesan bahwa peserta didik kurang antusias dalam mengikuti
pembelajaran PAI. Guru menjadi pusat perhatian peserta didik dan seolah-olah
menjadi sumber informasi tunggal. Kenyataan ini bertambah parah bila buku
referensi yang tersedia tidak sebanding dengan jumlah peserta didik. Sehingga
proses pembelajaran didominasi dengan kegiatan mencatat. Pada akhirnya guru
gagal menciptakan suasana dialogis dalam pembelajaran di kelas.
Oleh karena itu inovasi metode pembelajaran dalam pendidikan sangat
perlu. Inovasi merupakan sebuah wujud dari sebuah perubahan yang tidak sekadar
berubah menjadi lebih baik, inovasi metode pembelajaran merupakan langkah
pembaruan yang tersistem dan terstruktur dari berbagai aspek. Dengan inovasi,
segalanya akan terbarui untuk tujuan yang lebih baik. Guru yang berinovasi dalam
metode pembelajaran mampu membuka cakrawala siswa inovatif, sehingga
muncul ghirah siswa yang selanjutnya menanamkan fakta atau konsep ke memori
yang terdalam siswa. Melalui metode pembelajaran yang inovatif, atmosfer kelas
tidak terpasung dalam suasana yang kaku dan monoton. Para siswa perlu lebih
banyak diajak untuk berdiskusi, berinteraksi, dan berdialog sehingga mereka
mampu mengkonstruksi konsep dan kaidah-kaidah keilmuan sendiri, bukan
dengan cara dicekoki atau diceramahi. Para siswa juga perlu dibiasakan untuk
berbeda pendapat sehingga mereka menjadi sosok yang cerdas dan kritis. Tentu
saja, secara demokratis, tanpa melupakan kaidah-kaidah keilmuan, sang guru
perlu memberikan penguatan-penguatan sehingga tidak terjadi salah konsep yang
akan berbenturan dengan nilai-nilai kebenaran itu sendiri.
Berdasarkan permasalahan di atas, maka rumusan masalah penelitian ini
adalah: (1) Bagaimana Pelaksanaan Inovasi Metode Pembelajaran Pendidikan
Agama Islam di MTsN Turen Malang, (2) Faktor apa saja yang menjadi kendala
dan penunjang dalam pelaksanaan Inovasi Metode Pembelajaran PAI di MTsN
Turen Malang, dan (3) Bagaimana hasil prestasi belajar siswa dengan di
laksanakannya Inovasi Metode Pembelajaran PAI di MTsN Turen Malang
Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Dalam
mengumpulkan data, penulis menggunakan metode observasi, interview, angket,
dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data, penulis menggunakan analisis
deskriptif kualitatif. Analisis deskriptif artinya mengolah data dan mendeskripsikan keadaan sesuai dengan hasil observasi, wawancara, angket, dan
dokumentasi.
Hasil penelitian ini bahwasanya pelaksanaan proses belajar mengajar di
MTsN Turen Malang sudah dilakukan inovasi metode pembelajaran, hal ini bisa
dilihat dari Beberapa metode baru yang merupakan hasil dari inovasi dari metode
pembelajaran yang terdahulu, yaitu antara lain; Learning Start With A Question,
Jiqsaw, Information Search, Critical Insident, Demonstrasi dan Eksperimen, dan
Authentic Assesment (penilaian yang sebenarnya). Secara gelobal dalam kegiatan
belajar mengajar di MTsN Turen tidak ada metode yang di anggap tidak relevan
dan perlu di inovasi, meskipun pada prinsipnya para GPAI selalu
memprioritaskan metode inovatif namun pada pelaksanaannya metode lama tetap
digunakan sebagai metode alternatif sesuai dengan situasi dan kondisi. Adapun
yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan proses
pembelajaran, apabila dijabarkan secara terperinci faktor-faktor tersebut meliputi;
Peserta didik, Guru, Lingkungan, dan Instrumental. Dengan adanya proses inovasi
metode pembelajaran PAI di MTsN Turen Malang, perkembangan prestasi
belalajar siswa mengalami peningkatan yang cukup signifikan, terbukti dengan
angka kelulusan dan kenaikan kelas TP. 2007-2008 yang mencapai 100% lulus
atau naik kelas dibangdingkan TP. 2006-2007 yang mencapai 7% tidak lulus atau
naik kelas.
Contoh
Skripsi Akuntansi:Pengawasan Internal Atas Aktiva TetapDownloads Versi
PDF >>>>>>>Klik Disini Artikel terkait skripsi
diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian
kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download
skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh
makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang,
beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis
kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis
contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal
pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir
jurusan akuntansi, contoh skripsi pendidikan agama islam, skripsi fakultas
pendidikan.
0 komentar:
Posting Komentar