Abstrak
PAI
Profesionalisme guru merupakan kondisi, arah, nilai, tujuan dan kualitas
suatu keahlian dan kewenangan dalam bidang pendidikan dan pengajaran yang
berkaitan dengan pekerjaan seseorang yang menjadi mata pencaharian. Guru
merupakan faktor penentu bagi keberhasilan proses belajar mengajar didalam
lembaga pendidikan, karena guru merupakan bagian sentral serta sumber kegiatan
belajar mengajar. Kemudian disambung dengan usaha untuk meningkatkan cara
kerja dan hasil kerja, terdapat kecenderungan yang kuat bahwa untuk
meningkatkan kualitas layanan dalam kualifikasi profesional guru yang perlu
dibina dan ditata kembali kemampuannya. Oleh karena itu supervisi harus
diberikan dengan tepat dan benar, dalam melaksanakan tugasnya supervisor
berkewajiban membantu guru agar dapat melaksanakan tugas dengan baik sebagai
pendidik. Dalam hal ini kepala sekolah adalah supervisor utama. Supervisi itu
sendiri merupakan bimbingan kearah perbaikan situasi pendidikan pada
umumnya, dan peningkatan mutu mengajar dan belajar pada khususnya.
Mencermati fenomena diatas, maka fokus penelitian ini diarahkan pada
masalah bagaimana pelaksanaan supervisi dalam meningkatkan profesionalisme
guru, dengan subfokus: 1. Bagaimana pelaksanaan supervisi dalam meningkatkan
profesionalisme guru di SMP Islam Al-Ma’arif 01 Singosari, 2. Bagaimana teknik
dan pendekatan pelaksanaan supervisi dalam meningkatkan profesionalisme guru
di SMP Islam Al-Ma’arif 01 Singosari, 3. Faktor-faktor apa saja yang
menghambat dan mendukung pelaksanaan supervisi dalam meningkatkan
profesionalisme guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan
dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Dalam proses pengumpulan data,
penulis menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam melaksanakan supervisi
dilakukan dengan bersifat menuntun (ngemong), secara kontinu dan sesuai
kebutuhan, serta dengan mengamalkan nilai-nilai keislaman. Teknik-teknik yang
digunakan adalah teknik individu dan kelompok, Teknik individu meliputi:
diskusi pribadi dan kunjungan kelas, sedangkan teknik kelompok yang digunakan
meliputi: rapat guru, pembinaan guru satu bidang studi, workshop, pelatihanprlatihan,
seminar dan pembinaan semua guru yang diberikan oleh yayasan.
Pendekatan yang digunakan ialah human relations atau hubungan kemanusiaan
serta pendekatan langsung dan tidak langsung. Faktor pendukungnya antara lain:
komunikasi yang baik, keakraban yang terjalin atar guru, kesiapan mental guru,
kondisi kelas yang tertib dan adanya komite sekolah. Adapun foktor
penghambatnya meliputi: kurangnya kesadaran guru, permasalahan pribadi guru,
kondisi keuangan sekolah, dan banyaknya tempat mengajar guru.
Berdasarkan keterangan di atas, penulis menyarankan bahwa pelaksanaan
supervisi yang sudah dilakukan di SMP Islam Al-Ma’arif 01 Singosari untuk lebih
ditingkatkan lagi agar profesionalisme guru-guru juga semakin tinggi, serta
faktor-faktor yang menghambat pelaksanaan supervisi yang sudah ditemukan agar
segera direspon dan dicari jalan tengahnya, supaya supervisi yang dijalankan
dapat lebih maksimal.
Contoh
Skripsi Akuntansi:Pengawasan Internal Atas Aktiva TetapDownloads Versi
PDF >>>>>>>Klik Disini Artikel terkait skripsi
diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian
kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download
skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh
makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang,
beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis
kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis
contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal
pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir
jurusan akuntansi, contoh skripsi pendidikan agama islam, skripsi fakultas
pendidikan.
0 komentar:
Posting Komentar