Abstrak
PAI
siswa guru dijadikan tokoh tauladan (Panutan), bahkan cenderung dijadikan tokoh
identifikasi diri. Dalam proses belajar mengajar, guru adalah salah satu faktor yang
menentukan berhasilnya proses belajar mengajar tersebut. Oleh sebab itu guru harus
mempunyai kompetensi (kemampuan) dibidangnya untuk mengorganisasi ide-ide yang
dikembangkan di kalangan peserta didiknya sehingga dapat menggerakkan gairah dan
semangat belajar siswa.
Seorang guru juga dituntut menjadi seorang guru yang profesional dan
berkompeten, baik itu kompetensi pedagogic, personal, sosial maupun kompetensi
professional.Sehingga indikator pencapaian tujuan pendidikan berupa peningkatan
prestasi belajar siswa bisa terwujud.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi guru
dalam menjemen kelas (mengelolah kelas) di SMAI Al-Maarif Singosari Malang,
untuk mengetahui peningkatan kompetensi guru dalam menejemen kelas di SMAI AlMaarif
Singosari Malang, faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan kompetensi
guru PAI dalam menejemen keles di SMAI Al-Maarif Singosari.
Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian kualitatif.
Dan dalam perjalanan mengumpulkan data, penulis menggunakan metode Observasi,
Interview, Dokumentasi dan Angket. Sedangkan untuk analisisnya, penulis
menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yaitu berupa penggambaran dengan
kata-kata atau kalimat yang di pisah-pisahkan menurut kategori data penelitian guna
mendapatkan suatu kesimpulan, gambaran dengan kata-kata atau kalimat untuk yang
berupa angka peneliti menggunakan diskriptif kuantitatif kemudian di tafsirkan dalam
bentuk kalimat yang bersifat kualitatif.
Hasil dari penelitian yang dilakukan penulis dapat disampaikan disini,
bahwasannya guru SMAI Al-Maarif Singosari Malang sudah berkompeten dan
profesional dalam mengelola kelas. Hal ini dapat dilihat dari guru dalam menyusun
RPP, penggunaan alat peraga, dalam menggunakan metode pembelajaran,
mengembangkan materi, penilaian evaluasi hasil belajar, pemanfaatan teknologi
informatika, membantu pelaksanaan administrasi sekolah.
Sedangkan upaya yang dilakukan guru SMAI Al-Maarif Singosari Malang untuk
meningkatkan kompetensinya diantaranya dengan mengikuti musyawarah guru bidang
studi (MGBS) dan PMB. Mengikuti penataran, seminar, diskusi serta memanfaatkan
media cetak atau media massa. Adapun upaya kepala sekolah untuk meningkatkan
kompetensi guru SMAI Al-Maarif Singosari Malang adalah dengan melakukan
supervisi (pengawasan), mendukung ide-ide baru dari guru, mengadakan rapat,
membahas masalah proses belajar mengajar, mengawasi tugas guru dan mengevaluasi
KBM.
Untuk faktor-faktor yang mempengaruhi upaya peningkatan kompetensi guru
adalah dana Karena dana merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi dalam
melaksanakan suatu kegaiatan, pada umumnya dana sangat dibutuhkan untuk mencapai
tujuan, waktu Salah satu faktor yang paling urgen karena waktu sangat berpengaruh
dalam mengerjakan suatu pekerjaan dan kesiapan mental Kesiapan mental yang
dimaksudkan dalam hal ini yaitu baik dari segi fisik maupun jasmani adapun faktor
penghambat juga bisa dari dana dan kurangnya koordinasi.
Contoh
Skripsi Akuntansi:Pengawasan Internal Atas Aktiva TetapDownloads Versi
PDF >>>>>>>Klik Disini Artikel terkait skripsi
diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian
kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download
skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh
makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang,
beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis
kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis
contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal
pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir
jurusan akuntansi, contoh skripsi pendidikan agama islam, skripsi fakultas
pendidikan.
0 komentar:
Posting Komentar