Abstrak
PAI
Media pembelajaran merupakan salah satu unsur yang amat penting dalam
proses belajar mangajar yang dapat dimuat pesan yang akan disampaikan kepada
siswa, baik berupa alat, orang maupun bahan ajar. Dengan demikian dapat
diketahuin bahwa penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar
sangat diperlukan, baik pembelajaran agama maupun umum. Madrasah Aliyah
(MA) AL Mas’udiyah merupakan salah satu Sekolah yang terletak di lingkungan
Pondok Pesantren di madura. Yang mana dalam proses pembelajaran di sekolah
tersebut tidak lepas dari penngunaan media, baik media sederhana seperti papan
tulis, buku paket dan LKS. maupun media komplek (modern) seperti komputer
dan laboratorium bahasa. Dengan demikian pemanfaatan media pembelajaran
akan menjadi salah satu tantangan tersendiri bagi para guru yang mengajar di
sekolah ini terutama yang mengajar pendidikan agama Islam.
Rumusan masalah dalam penelitian ini : Pertama, media apa saja yang di
ajarkan oleh guru di MA Al-Mas’udiyah Sreseh Sampang . Kedua, Bagaimana
media pembelajaran yang diajarkan oleh guru dapat memotivasi siswa di MA AlMas’udiyah
Sreseh Sampang. Ketiga,
Faktor-faktor apa saja yang menjadi
pendukung
dan penghambat
pemanfaatan
media
pembelajaran,
dalam
meningkatkan
motivasi
belajar siswa di
MA Al-Mas’udiyah Sreseh Sampang.
Tujuan
penelitian
ini Pertama,
Menjelaskankan media
pembelajaran
yang
diajarkan
guru di MA Al-
Mas’udiyah Sreseh Sampang. Kedua,
Mendeskripsikan
tentang
media
pembelajaran,
terkait fungsinya
dalam
meningkatkan
motivasi
belajar
siswa di MA Al-Mas’udiyah Sreseh Sampang. Ketiga,
Mengidentifikasi
faktor-faktor
pendukung dan penghambat pemanfaatan
media
pembelajaran
dalam
meningkatkan
motivasi
belajar siswa di
MA Al-Mas’udiyah Sreseh Sampang.
Penulis mengumpulkan data dengan cara melakukan observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif
kualitatif. Penulis dalam penelitian ini akan mendapatkan data secara langsung
terhadap obyek yang diteliti, yakni untuk mengetahui pemanfaatan media
pembelajaran dalam menigkatkan motivasi belajar siswa. Dalam menganalisis
data penulis melalukan tiga langkah, reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan.
Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian, yaitu: Pertama, Keberadaan
media pembelajaran di MA Al-Mas’udiyah sebagian masih tergolong sedehana,
namun dengan keterbatasan media yang ada mampu dimaksimalkan dengan
pengelolaan yang baik dan ditunjang dengan metode yang sesuai. Kedua,
pemanfaatan media pembelajaran di sekolah ini berjalan lancar, bahkan cukup
optimal. Proses pemanfaatan media pembelajaran di MA Al-Mas’udiyah sudah berjalan dengan baik, sehingga diharapkan dapat menunjang tercapainya cita-cita
pendidikan yang diharapkan. Ketiga, Faktor pendukung dalam pemanfaatan media
pembelajaran di MA Al-Mas’udiyah, yaitu: tersedianya media pembelajaran,
perhatian wali murid, kerja sama antara wali murid dengan guru, keteladanan dan
perhatian para guru. Sedangkan faktor penghambatnya adalah: kurangnya
perhatian sebagaian wali murid, minimnya tenaga pengajar, sebagaian media yang
ada masih tergolong sederhana dan terbatasnya fasilitas belajar.
Contoh
Skripsi Akuntansi:Pengawasan Internal Atas Aktiva TetapDownloads Versi
PDF >>>>>>>Klik Disini Artikel terkait skripsi
diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian
kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download
skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh
makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang,
beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis
kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis
contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal
pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir
jurusan akuntansi, contoh skripsi pendidikan agama islam, skripsi fakultas
pendidikan.
0 komentar:
Posting Komentar