Abstrak
PAI
Disiplin adalah suatu kondisi yang tercipta dan terbentuk melalui proses
dari serangkaian perilaku yang menunjukkan nilai-nilai ketaatan, kepatuhan,
keteraturan, dan atau ketertiban. Kedisiplinan tidak bisa tertanam bila tidak dilatih
atau dibiasakan dengan serius. Pengaruh pendidikan kedisiplinan terhadap
pertumbuhan dan perkembangan jiwa anak sangatlah kuat, karena perilaku
disiplin dapat memicu berbagai sifat yang baik seperti sifat tanggungjawab yang
tinggi dan amanah. Kedisiplinan ini harus dilatih dan ditumbuh kembangkan
kepada diri anak, agar anak mampu melaksanakan tugas-tugasnya dengan baik
dan bertanggungjawab sesuai dengan aturan dan norma yang berlaku.
Berpijak dengan latar belakang diatas maka permasalahan yang timbul
adalah: 1) Bagaimana strategi pengembangan kedisiplinan di Madrasah Ibtidaiyah
Negeri Olak – Alen Selorejo Blitar dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, 2)
Bagaimana aplikasi strategi pengembangan kedisiplinan di MI Negeri Olak –
Alen Selorejo Blitar dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, dan 3) Apa
faktor pendukung dan kendala pelaksanaan pengembangan kedisiplinan di MI
Negeri Olak – Alen Selorejo Blitar dalam meningkatkan kualitas pembelajaran
Adapun tujuan yang ingin diketahui dalam permasalahan ini adalah: 1)
Mendiskripsikan strategi pengembangan kedisiplinan di Madrasah Ibtidaiyah
Negeri Olak – Alen Selorejo Blitar dalam meningkatkan kualitas pembelajaran 2)
Untuk mengetahui aplikasi strategi pengembangan kedisiplinan di MI Negeri Olak
– Alen Selorejo Blitar dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, dan 3) Untuk
mengetahui faktor pendukung dan kendala pelaksanaan pendidikan kedisiplinan di
Madrasah Ibtidaiyah Negeri Olak – Alen Selorejo Blitar dalam meningkatkan
kualitas pembelajaran.
Untuk mengumpulkan data, penulis menggunakan beberapa metode, yaitu
metode observasi, metode dokumentasi, metode interview, dan metode angket,
dengan jumlah sampel 100 siswa, Kepala Madrasah, Bagian Kurikulum, Bagian
Kesiswaan, dan Bagian Sarana dan Prasarana, dari sejumlah sampel tersebut kami
pilih dengan melalui teknik random sampling.
Adapun pembahasan skripsi ini meliputi; pengertian strategi, komponenkomponen
strategi, strategi pengembangan kedisiplinan, pengertian kedisiplinan,
dan kedisiplinan pada dunia belajar, factor pendukung dan kendala pengembangan
kedisiplinan.
Setelah data diperoleh, maka penulis menganalisa dengan menggunakan
analisa deskriptif kuantitatif dengan menggunakan rumus :
F
P = x 100 %
N
Hasil analisa, menunjukkan bahwa strategi pengembangan kedisiplinan di
Madrasah Ibtidaiyah Negeri Olak – Alen Selorejo Blitar dalam meningkatkan
kualitas pembelajaran bisa dikatergorikan baik, ini dilihat baik dari strategi yang
digunakan yaitu melalui program-program yang telah dirancang dengan matang,
dan dilihat dari aplikasi serta hasilnya pada perubahan kondisi siswa yang
semakin baik.
Program yang telah dirancang dan dipersiapkan yaitu: a) penyiapan visi,
misi, motto dan tujuan, b) penyiapan program kegiatan khusus, c) tata tertib, d)
sosialisasi, e) pendekatan, f) sarana dan pra sarana, g) evaluasi h) keteladanan
i)pembiasaan
. Sedangkan untuk aplikasi program tersebut dilihat dari hasilnya sebagai
berikut: bahwa 93 % siswa sadar untuk selalu hidup disiplin, 55 % siswa tidak
pernah bolos sekolah, 72 % siswa tidak pernah meninggalkan jam pelajaran, 23 %
siswa aktif ikut kegiatan ekstra kurikuler, 66 % siswa selalu menyelesaikan tugas
PRnya, 72 % siswa selalu mempelajari ulang pelajaran yang telah diajarkan, dan
98 % siswa bergaul dengan baik dan ramah dengan lingkungannya.
Untuk mencapai hasil yang maksimal dalam rangka pelaksanaan strategi
pengembangan kedisiplinan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Olak – Alen Selorejo
perlu adanya dukungan dari berbagai pihak untuk lebih memaksimalkan program
yang telah ada seperti tadarus Al-Qur'an, LDK, LKK, Pramuka, Razia, Pengadaan
Buku Kasus, sosialisasi, peningkatan sarana-prasarana, dan evaluasi yang rutin.
Kemudian untuk dewan guru harus lebih dapat memberikan keteladanan kepada
para siswa untuk berdisiplin dan secara maksimal dapat mensosialisaikan
kedisiplinan kepada siswa yaitu dengan pendekatan maupun pengarahanpengarahan
tentang hidup disiplin tanpa harus membedakan status kepegawaian
guru itu sendiri, diharapkan pula lembaga dapat mengusahakan peningkatan
kesejahteraan bagi GTT dan PTT.
Kata Kunci: Strategi, Kedisiplinan
Contoh
Skripsi Akuntansi:Pengawasan Internal Atas Aktiva TetapDownloads Versi
PDF >>>>>>>Klik Disini Artikel terkait skripsi
diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian
kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download
skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh
makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang,
beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis
kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis
contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal
pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir
jurusan akuntansi, contoh skripsi pendidikan agama islam, skripsi fakultas
pendidikan.
0 komentar:
Posting Komentar