Abstrak
PAI
kognitif saja, akan tetapi aspek-aspek lain juga perlu dikembangkan termasuk kemampuan
anak didik dalam hal afektif dan psikomotorik. Berkenaan dengan upaya meningkatkan
pemahaman Al-Qur’an di PIQ menerapkan pembelajaran Al-Qur’an Integratif. Hal ini
dikarenakan yang mana banyaknya orang yang membaca Al-Qur’an tetapi meninggalkan
aspek tajwidnya dan tidak mengerti isi yang terkandung didalamnya.Pesantren Ilmu AlQur’an
Singosari
Malang
merupakan
salah
satu
Pesantren
modern,
akan
tetapi
tetap
menjaga
nilai-
nilai
spiritual
bahkan
meningkatkan
melalui
program-program
pembelajarannya.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk a). mengetahui proses pembelajaran
Integratif di PIQ, b). mengetahui metode pembelajaran yang diterapkan dalam meningkatkan
pemahaman santrinya terhadap isi atau kandungan yang ada didalam Al-Qur’an serta untuk
c). mengetahui Hasil yang dicapai dalam pembelajaran Integratif di PIQ Singosari Malang.
Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian deskriptif
kualitatif. Dalam perjalanan mengumpulkan data, penulis menggunakan metode observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik
analisis deskriptif kualitatif. Dan pengecekan keabsahan datanya menggunakan triangulasi.
Hasil penelitian yang dilakukan penulis dapat disampaikan bahwasannya a)
pembelajaran Al-Qur'an Integratif di PIQ Singosari Malang, adalah suatu pembelajaran yang
mana dalam proses pembelajarannya selain mempelajari bacaan dan tajwidnya disini juga
mempelajari bahasanya yaitu bahasa Arab. Hal itu dilakukan supaya santri selain dapat
membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar santri juga diharapkan mampu memahami is i
yang terkandung didalamnya. Dalam pembelajaran Integratif menggunakan metode Jibril dan
klasikal.Metode Jibril, yaitu talqin dan taqlid. Dimana dalam hal ini guru memberikan contoh
lalu murid menirukannya. Disebut metode Jibril karena proses pembelajarannya diadopsi
dari cara malaikat Jibril menyampaikan ayat-ayat Al-Qur’an kepada Nabi Muhammad SAW.
Dan Nabi mengajarkannya pada sahabat-sahabat nabi yang juga murid atau santri-santri Nabi.
Metode ini berlandaskan Al-Qur’an itu sendiri, dalam pelaksanaannya metode jibril ini di
Pesantren Ilmu Al-Qur’an di Integrasikan dengan pembelajaran bahsa Arab yang mana dalam
proses pembelajarannya metode jibril diterapkan terlebih dahuli secara talqin-talqid yaitu
dengan cara guru memberi contoh lalau santri menirukannya. Setelah itu baru pembelajaran
bahasa Arab diterapkan guna menunjang kemampuan siswa atau santri dalam memahami arti
atau isi yang terkandung didalam Al-Qur’an. b) Dengan diintegrasikannya pembelajaran AlQur’an
dengan pembelajaran bahasa Arab maka tampak adanya indikasi meningkatnya
kemampuan santri dalam membaca dan memahami isi Al-Qur’an. Hal ini terlihat dari hasil
evaluasi atau nilai raport selama satu periode, dimana nilai rata-rata semester genap lebih
tinggi dari semester ganjil. Hal ini sesuai dengan apa yang dicita-citakan oleh Pengasuh PIQ
Singosari Malang.
Key Word: Pembelajaran Al-Qur’an Integratif
Contoh
Skripsi Akuntansi:Pengawasan Internal Atas Aktiva TetapDownloads Versi
PDF >>>>>>>Klik Disini Artikel terkait skripsi
diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian
kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download
skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh
makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang,
beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis
kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis
contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal
pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir
jurusan akuntansi, contoh skripsi pendidikan agama islam, skripsi fakultas
pendidikan.
0 komentar:
Posting Komentar