Rabu, 05 November 2014

Skripsi Manajemen:Analisis Rasio Keuangan Dalam Memprediksi Perubahan Laba Pada Industri



BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Suatu
perusahaan memiliki tujuan untuk mencapai keunggulan, baik keunggulan untuk bersaing dengan organisasi
lain maupun untuk tetap dapat survive.
Suatu perusahaan untuk mencapai keunggulan tersebut harus meningkatkan kinerja individual karyawannya,
karena pada dasarnya kinerja individual
mempengaruhi kinerja tim atau kelompok kerja dan pada akhirnya mempengaruhi kinerja perusahaan secara
keseluruhan (Daft, 2002 : 173). Kinerja yang
baik menuntut karyawan untuk berperilaku sesuai yang diharapkan oleh perusahaan. Perilaku yang menjadi tuntutan
perusahaan saat ini tidak hanya perilaku
in-role yaitu melakukan pekerjaan sesuai dengan tugas yang ada dalam job describtion, tetapi juga perilaku
extra-role yaitu kontribusi peran ekstra untuk menyelesaikan pekerjaan dari perusahaan.
Perilaku extra-role ini disebut juga dengan
Organizational Citizenship Behavior (OCB).
Dasar kepribadian untuk OCB
merefleksikan ciri karyawan yang kooperatif,
suka menolong, perhatian, dan bersungguh–sungguh. Dasar sikap mengidentifikasikan bahwa karyawan terlibat
dalam OCB untuk membalas tindakan
organisasi. Dimensi kepuasan kerja, dan komitmen organisasi berhubungan dengan OCB (Luthans, 2006 : 251).
Kepuasan kerja dan komitmen organisasi
merupakan faktor penting dalam mewujudkan OCB.
PT. Jamsostek (Persero) sebagai
badan penyelenggara Jaminan Sosial Tenaga
Kerja yang memberikan perlindungan bagi tenaga kerja untuk mengatasi resiko sosial ekonomi tertentu yang
penyelenggaraannya menggunakan mekanisme
asuransi sosial. PT Jamsostek (Persero) dapat menjadi lembaga penyelenggara jaminan sosial tenaga kerja
terpercaya dan terdepan, diharapkan dapat
mengutamakan pelayanan prima dan memberikan manfaat yang optimal bagi seluruh peserta. Karyawan PT. Jamsostek
(Persero) Cabang dalam mencapai keberhasilan tersebut dituntut
memberikan kontribusi peran ekstra atau OCB
dalam melaksanakan pekerjaan.
Berdasarkan pengamatan yang
dilakukan, masih diperoleh adanya tindakan-tindakan
indisipliner yang dilakukan sebagian kecil karyawan PT.
Jamsostek (Persero) Cabang diantaranya terdapat karyawan yang terlambat masuk jam kerja, pada saat jam kerja
karyawan berbincang-bincang melalui
telepon atau mengobrol dengan karyawan lain dengan santai yang tidak berkaitan dengan pekerjaan, merokok saat jam
kerja dan adanya karyawan yang bermain
games di komputer atau browsing di situs jejaring sosial untuk mengisi waktu. Hal tersebut sebagai bukti masih
rendahnya kontribusi peran ekstra atau OCB
dalam diri sebagian kecil karyawan PT. Jamsostek (Persero) Cabang .
Karyawan yang dapat diandalkan
oleh perusahaan adalah karyawan yang puas
terhadap kerjanya, sehingga mereka memiliki OCB yang tinggi terhadap perusahaan
yang pada akhirnya dapat memberikan kontribusi lebih bagi perusahaan. Salah satu faktor penyebab
terjadinya turnover yang tinggi dapat dilihat
dari tingkat kepuasan kerja karyawan. Robbins (2003 : 104) mengungkapkan terdapat hubungan negatif antara
kepuasan kerja dan pergantian karyawan
(turnover). Ini berarti pergantian karyawan (turnover) yang kecil mengindikasikan kepuasan kerja karyawan yang
tinggi.
Kepuasan kerja karyawan yang tinggi di PT.
Jamsostek (Persero) Cabang dapat terlihat dari pergantian karyawan
(turnover) yang kecil yang bisa dilihat
pada Tabel 1.1.
Tabel 1.
Persentase Pergantian Karyawan
(Turnover) Tahun 2007-2008 Bulan Jumlah Karyawan (orang) Pergantian Karyawan (Turnover) (dalam %) 2007 2008
2007 Januari
36 38 - 0, Februari 36
38 0,0 0, Maret
36 38 0,0 0,
April 36
38 0,0 0, Mei
36 38 0,0 0,
Juni 36
37 0,0 -2, Juli
36 37 0,0 0,
Agustus 36 37
0,0 0, September 36
36 0,0 -2, Oktober
37 36 2,8 0,
November 37 36
0,0 0, Desember 38
36 2,7 0, Total
436 445 5,4
-5, Rata-rata pergantian karyawan tahun 2007 dan 2008 0,4
-0, Sumber : Bidang Umum dan SDM PT. Jamsostek (Persero) Cabang Pada Tabel 1.1 dapat dilihat rata-rata
pergantian karyawan (turnover) per tahun
relatif kecil yaitu 0.4% pada tahun 2007 dan -0,4% pada tahun 2008.
Peneliti menduga kepuasan kerja
karyawan PT. Jamsostek (Persero) cabang relatif tinggi karena turnover yang relatif
kecil.
Selain kepuasan kerja, perusahaan
juga harus memiliki karyawan yang loyal
terhadap perusahaan yaitu karyawan yang berusaha membantu perusahaan demi mencapai tujuannya. Sikap yang
merefleksikan loyalitas karyawan pada organisasi
dan keberhasilan serta kemajuan yang berkelanjutan inilah yang disebut dengan komitmen organisasi (Luthans,
2006 : 249). Komitmen organisasi yang
tinggi di PT. Jamsostek (Persero) Cabang terlihat pada karyawan dimana sebagian besar karyawannya memiliki
masa kerja yang lama, seperti yang terlihat
pada Tabel 1.
Tabel 1.
Komposisi Jumlah Karyawan
Berdasarkan Masa Kerja Tahun Masa
Kerja Jumlah Karyawan (orang) Persentase
(dalam %) 1 – 5 tahun 10 28.
6 – 10 tahun 15 42.
> 10 tahun 10 28.
Total 35 Sumber : Bidang Umum dan SDM PT. Jamsostek
(Persero) Cabang Pada Tabel 1.2, dapat
dilihat bahwa 28,6% dari total karyawan, masa kerjanya di atas 10 tahun dan 42,8% di atas 15
tahun. Peneliti menduga bahwa sebagian
besar karyawan PT. Jamsostek (Persero) Cabang berkomitmen tinggi. Griffin (2004 : 16) menyatakan bahwa
karyawan yang merasa lebih berkomitmen
pada organisasi memiliki kebiasaan-kebiasaan yang bisa diandalkan, berencana untuk tinggal lebih lama di dalam
organisasi dan mencurahkan lebih banyak
upaya dalam bekerja. Perilaku tersebut berarti bahwa karyawan yang berkomitmen tinggi memilih untuk lebih lama
tinggal di perusahaan.
Komitmen organisasi dapat juga
dilihat dari sedikitnya jumlah kemangkiran
karyawan. Bukti riset memperlihatkan terdapat hubungan negatif antara komitmen organisasi dengan kemangkiran
maupun tingkat keluar masuknya karyawan
(Robbins, 2003 : 92), yang berarti komitmen organisasi tinggi dapat terlihat dari jumlah kemangkiran
yang kecil. Pada Tabel 1.3 dapat dilihat
daftar absensi karyawan selama tahun 2008.
Tabel 1.
Daftar Absensi Karyawan Tahun (orang) Bulan
Sakit Izin Cuti
Hamil/haid Mangkir Januari 5
4 5 0 Februari
8 4 4
0 Maret
2 2 1
0 April
4 3 2
0 Mei 2
1 5
0 Juni
2 2 2
0 Juli
4 3 2
0 Agustus
3 2 3
0 September
3 3 3
0 Oktober
2 2 2
0 November
3 1 2
0 Desember
3 2 1
0 Sumber : Bidang Umum dan SDM PT. Jamsostek
(Persero) Cabang Pada Tabel 1.3, dapat
dilihat absensi untuk mangkir, sama sekali tidak ada (nol). Peneliti menduga bahwa komitmen
organisasi tinggi di PT. Jamsostek (Persero)
Cabang .

Skripsi Manajemen:Analisis Rasio Keuangan Dalam Memprediksi Perubahan Laba Pada Industri

Downloads Versi PDF >>>>>>>Klik Disini







Share

& Comment

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © 2015 Jual Skripsi Eceran™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.