Selasa, 11 November 2014

Download Skripsi Public Administration:Analisis Kepuasan Nasabah Atas Pelaksanaan Manajemen Pemasaran Syariah



BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Kegiatan pemasaran selalu ada dalam setiap
usaha, baik usaha yang berorientasi
profit maupun usaha-usaha sosial. Pentingnya pemasaran dilakukan dalam rangka memenuhi kebutuhan dan keinginan
masyarakat akan suatu produk atau jasa.
Pemasaran menjadi semakin penting dengan semakin meningkatnya pengetahuan masyarakat. Proses pemasaran
menjadi bagian penting dalam menawarkan
barang dagangan kepada calon pembeli. Pemasaran juga bisa dilakukan dalam rangka menghadapi pesaing yang
dari waktu ke waktu semakin meningkat
(Kasmir, 2008: 52). Apabila seorang
pengusaha mempunyai manajemen pemasaran
yang bagus, maka usahanya akan cepat berkembang.
Keberhasilan usaha suatu
perusahaan ditentukan oleh keberhasilan pemasarannya.
Pemasaran merupakan suatu proses
kegiatan yang dimulai jauh sebelum barang-barang/bahan-bahan
masuk dalam proses produksi (Sofjan Assauri, 2004: 3). Selain itu, pemasaran (marketing)
merupakan sebuah konsep ilmu dalam strategi
bisnis yang bertujuan untuk mencapai kepuasan berkelanjutan bagi stakeholders (pelanggan, karyawan, pemegang
saham). Sebagai ilmu, marketing merupakan ilmu pengetahuan yang objektif yang
diperoleh dengan penggunaan instrumen-instrumen
tertentu untuk mengukur kinerja dari aktivitas bisnis dalam membentuk, mengembangkan, mengarahkan pertukaran yang saling menguntungkan dalam jangka panjang antara
produsen dan konsumen atau pemakai.
Contoh skripsi Public
Administration Sebagai strategi bisnis, marketing merupakan tindakan
penyesuaian suatu organisasi yang
berorientasi pasar dalam menghadapi kenyataan bisnis, baik dalam lingkungan mikro maupun lingkungan makro
yang terus berubah (Ali Hasan, 2008: 1).
Berdasarkan perkembangan teori
dan konsep, (Hermawan Kartajaya, 2010:
8) membagi pemikirannya ke dalam tiga milestone, yang menandakan tiga gelombang dari evolusi pemasaran yang
berkembang secara umum. Milestone pertama
dari konsep pemasaran yang dikembangkan lebih banyak menitikberatkan pada pendekatan Rational
Marketing. Pada milestone kedua, beliau melihat bahwa pendekatan ini tidak
cukup lagi sehingga diperlukan pendekatan
yang disebut Emotional Marketing. Dalam milestone ketiga, beliau beragumen bahwa pendekatan bisnis telah
mengalami pergesaran dari rasional, emosional,
menuju spiritual.
Pertama kali, pemasaran
berorientasi pada transaksi, yaitu bagaimana dapat menjual. Pada fase kedua, pemasaran
menjadi berorientasi pada hubungan bagaimana
caranya membuat konsumen tetap kembali dan membeli lebih banyak.
Pada fase ketiga, pemasaran
akhirnya bergerak mengundang konsumen untuk berpartisipasi di dalam pengembangan produk
dan komunikasi konsumen (Hermawan
Kartajaya, 2010: 69).
Seiring dengan berjalannya waktu,
perubahan dunia usaha yang begitu cepat
telah memaksa produsen dan para penjual berpikir keras agar tetap eksis di dunianya. Perubahan ini diakibatkan oleh
berbagai sebab seperti pesatnya pertumbuhan
dan perkembangan teknologi, baik teknologi mesin dan alat-alat berat, terlebih lagi teknologi telekomunikasi.
Perkembangan teknologi mesin dari Contoh
skripsi Public Administration manual sampai ke serba-otomatis telah mengubah
mutu produk, mulai dari kemasan sampai
kepada isinya yang semakin menarik dan kompetitif. Begitu pula dengan perkembangan dan perubahan teknologi
informasi dan telekomunikasi yang
berkembang dalam hitungan detik. Dunia yang begitu luas dan terkotakkotak dalam
beberapa bagian dan menjadi menyatu seolah tanpa batas menembus belahan dunia lainnya. Kejadian di dunia lain
secepat itu dapat diketahui bagian dunia
lainnya yang juga dalam hitungan detik. Akibat perubahan teknologi yang begitu cepat, berimbas juga kepada perubahan
perilaku masyarakat. Imbas yang paling
nyata adalah masyarakat begitu cepat pandai dalam memilih produk yang disukai dengan membandingkan antara produk
yang sejenis, tentu saja dalam arti yang
sesuai dengan keinginan dan kebutuhan mereka.
Dampak lain bagi produsen adalah
ketatnya persaingan antarprodusen untuk
memanfaatkan kemajuan teknologi ini. Produsen berusaha dengan sekuat tenaga untuk merebut konsumen pesaingnya.
“Siapa cepat dia dapat” atau “konsumen
harus dikejar dan direbut bukan ditunggu”, demikian istilah berbagai produsen yang ikut meramaikan dunia
persaingan. Dalam memasarkan produknya,
seorang pemasar harus pandai membaca situasi pasar sekarang dan di masa yang akan datang, artinya pemasar harus
cepat tanggap apa yang diinginkan dan
dibutuhkan konsumen, kemudian kapan dan di mana dibutuhkannya.
Dalam hal ini produsen harus mampu
menciptakan produk yang sesuai dengan
keinginan dan kebutuhan konsumen secara tepat waktu, mengomunikasikan keberadaan dan keunggulan
produk dengan kondisi produk yang
sebenarnya dan produsen juga harus pandai menarik minat dan merayu konsumen untuk terus membeli dan mengonsumsi
produk yang ditawarkan Contoh skripsi
Public Administration melalui berbagai strategi. Oleh karena itu, kemajuan
teknologi ini dimanfaatkan sebesar-besarnya
untuk merebut hati konsumen agar membeli dan mengonsumsi produknya, hanya melalui pemahaman pemasaran
secara utuh dengan menjalankan strategi
pemasaran yang tepat.
Bank menurut UU No. 10 Tahun 1998
adalah suatu badan usaha yang menghimpun
dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya ke masyarakat dalam bentuk kredit dan atau
bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan
taraf hidup rakyat banyak. Secara umum pengertian pemasaran bank (Kasmir, 2008: 54) adalah suatu proses
untuk menciptakan dan mempertukarkan
produk atau jasa bank yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan nasabah dengan cara
memberikan kepuasan.
Bank sebagai lembaga keuangan
yang menghasilkan jasa keuangan juga membutuhkan
strategi pemasaran untuk memasarkan produknya. Dampak dari perubahan teknologi juga berdampak positif
terhadap perkembangan dunia perbankan.
Produk yang ditawarkan kepada nasabahnya menjadi lebih cepat dan efisien. Sebagai contoh dalam hal penagihan
(inkaso), waktu yang dibutuhkan menjadi
lebih cepat. Di sisi lain untuk melakukan penarikan uang saat ini tidak perlu dilakukan ke bank, tetapi cukup dapat
ditarik di mesin Anjungan Tunai Mandiri
(ATM).
Dampak negatifnya bagi bank
adalah tingginya biaya untuk membeli teknologi
tersebut. Belum lagi masalah keamanan dan perawatan menjadi prioritas utama. Kemudian bank juga harus pandai membaca
keinginan dan kebutuhan nasabahnya
melalui berbagai cara seperti melalui riset pemasaran (Kasmir, 2008: 1-3). Sebagai lembaga keuangan, bank memiliki
tugas memberikan jasa keuangan Contoh
skripsi Public Administration melalui penitipan uang (simpanan), peminjaman
uang (kredit), serta jasa-jasa keuangan
lainnya. Oleh karena itu, bank harus dapat menjaga kepercayaan dari nasabahnya. Kepercayaan sangat penting, karena
tanpa kepercayaan masyarakat, mustahil
bank dapat hidup dan berkembang (Kasmir, 2008: 179).
Sektor perbankan memegang peranan
penting dalam usaha pengembangan di
sektor ekonomi, dan juga berperan dalam meningkatkan pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya, serta
pertumbuhan ekonomi dan stabilitas nasional
ke arah peningkatan taraf hidup rakyat. Sebagai lembaga intermediasi, pihak perbankan membutuhkan kepercayaan dari
masyarakat terutama nasabahnya sehingga
kelangsungan sektor perbankan sebagai urat nadi perekonomian dapat terus berjalan. Untuk memperoleh
kepercayaan dari masyarakat, maka sektor
perbankan harus dikelola secara profesional mulai dari segi pelayanannya, strategi pemasaran yang
baik, segi keuangan yang harus dikelola
dengan prinsip kehati-hatian, serta perbankan juga harus inovatif dalam menciptakan produk yang dibutuhkan oleh
masyarakat.
Meningkatnya intensitas
persaingan dan jumlah pesaing menuntut setiap bank untuk memperhatikan kebutuhan dan
keinginan nasabahnya serta berusaha memenuhi
apa yang mereka harapkan dengan cara yang lebih unggul serta lebih memuaskan dari pada yang dilakukan oleh pihak
bank dan pesaing lainnya.
Sehingga perhatian bank tidak
hanya terbatas pada produk barang atau jasa yang dihasilkan saja, tetapi juga pada aspek
proses, sumber daya manusia, serta lingkungannya
(www.gunadarma.ac.id Diakses Tanggal 20 November 2013 pukul 08.25).
Contoh skripsi Public
Administration Di masa kini dan di masa datang, apalagi setelah pecahnya
skandal keuangan yang merebak di Amerika
pada tahun 2000-an yang ditandai dengan tumbangnya
perusahaan-perusahaan raksasa seperti Enron, Worldcom, atau Global Crossing (Hermawan Kartajaya, 2010:
63), kemudian krisis ekonomi yang melanda
Indonesia dan Asia pada khcontoh skripsi Public Administrationsnya serta resesi
dan ketidakseimbangan ekonomi global
pada umumnya, adalah suatu bukti bahwa ada sesuatu yang “tidak beres” dalam sistem yang dianut saat ini.
Adanya kenyataan bahwa 63 bank sudah ditutup,
14 bank telah di-take-over, dan 9 bank lagi harus direkapitalisasi dengan biaya ratusan triliun rupiah (M. Syafi’i Antonio,
2001: viii).
Era pemasaran telah bergeser ke
arah spiritual marketing. Di level spiritual ini, pemasaran sudah disikapi sebagai “bisikan
nurani” dan “panggilan jiwa” (“calling”). Di sini praktik pemasaran dikembalikan kepada
fungsinya yang hakiki dan dijalankan
dengan moralitas yang kental. Prinsip-prinsip kejujuran, empati, cinta, dan kepedulian terhadap sesama
menjadi dominan. Jika di level intelektual
bahasa yang digunakan adalah “bahasa logika” dan di level emosional adalah “bahasa rasa”, maka di level spiritual
digunakan “bahasa hati”. Karena hati nurani
adalah lentera penerang yang akan menunjukkan ke mana arah yang akan dituju. Nurani adalah “senjata pamungkas”
untuk memenangkan persaingan.

Contoh Skripsi Public Administration:Analisis Kepuasan Nasabah Atas Pelaksanaan Manajemen Pemasaran Syariah

Downloads PDF Version>>>>>>>Click Here







Share

& Comment

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © 2015 Jual Skripsi Eceran™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.