Selasa, 11 November 2014

Download Skripsi Public Administration:Pengaruh Pengembangan Pegawai Terhadap Efektivitas Kerja pada Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Dairi



BAB I PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang Organisasi sering dipandang sebagai tempat
atau wadah sekelompok orang yang
bekerjasama untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.
Untuk mencapai tujuan tersebut
ada beberapa hal yang mendukung misalnya orang, modal, material dan lain lain. Namun
penggerak dari semuanya agar tujuan itu
tercapai adalah orang. Dalam organisasi baik sektor pemerintah maupun sektor swasta sumber daya manusia sangat mendukung
keberhasilan agar tujuan organisasi
dapat tercapai. Pegawai/karyawan adalah merupakan asset organisasi yang perlu dikembangkan agar memiliki kinerja
yang baik sehingga kegiatan yang ada
dalam organisasi tersebut dapat berjalan secara efisien dan efektif sehingga apa yang menjadi sasaran atautujuan dapat
dicapai.
Agar tujuan organisasidapat tercapai
tentunyadibutuhkan sumber daya manusia
yang memiliki kualitas, sikap, loyalitas baik terhadap pekerjaan maupun perusahaan. Dalam organisasi swasta dan publik
untuk memiliki pegawai ataupun karyawan
yang mempunyai kompetensi tentunya diperlukan manajemen yang baik yaitu perencanaan sumber daya manusia,
seleksi, penempatan pegawai dan pengembangan
pegawai.Pengelolaan SDM dengan tepat, agar mampu memanfaatkan hasil ilmu pengetahuan dan
teknologi tersebut dalam mencapai tujuan
organisasi. MenurutSedarmayanti, (1995:27), bahwa pengembangan pegawai dapat dilihat dari dua aspek yaitu
kualitas dan kuantitas. Pengertian Contoh
skripsi Public Administration 2 kuantitas
menyangkut jumlah pegawai, kuantitas pegawai tanpa disertai dengan kualitas yang baik akan menjadi beban
pembangunan bangsa. Sedangkan kualitas menyangkut
mutu sumber daya manusiayang menyangkut kemampuan, baik kemampuan fisik maupun kemampuan non fisik
(kecerdasan dan moral), oleh sebab itu
untuk kepentingan akselerasi suatu pembangunan dibidang apapun, maka peningkatan kualitas sumber daya manusia
merupakan salah satu syarat utama.
Dalam organisasi pemerintah khcontoh
skripsi Public Administrationsnya pemerintah daerah, sesuai dengan kewenangan yang diberikan oleh pemerintah
pusat kepada daerah berdasarkan ketentuan
Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 pasal 129 ayat 1 dan 2 yaitu Pemerintah melaksanakan pembinaan manajenen
pegawai negeri sipildaerah dalam satu
kesatuan penyelenggaraan manajemen pegawai negerisipil secara nasional.
Manajemen pegawai negeri sipil daerah meliputi penetapan formasi, pengadaan, pengangkatan, pemindahan,
pemberhentian, penetapan pensiun, gaji, tunjangan,kesejahteraan,
hak dan kewajiban kedudukan hukum, dan pengembangan.
Menurut Irawan, dkk. (1997:92),
yang mengemukakan pengembangan pegawai
dapat dilakukan baik melalui jalur (cara) diklat maupun jalur non diklat.
Jalur diklat, misalnya berbentuk
kegiatan seminar, lokakarya. Jalur non diklat misalnya dapat berbentuk promosi jabatan,
pemberian bonus, insentif, peringatan dan
hukuman.
Setiap organisasi apapun bentuknya senantiasa
akan berupaya agar dapat mencapai
tujuannya dengan baik. Tujuan organisasi itu akan dapat tercapai Contoh skripsi Public Administration 3 dengan baik apabila pegawai dapat melakukan
tugas-tugasnya dengan efektif.
Efektifitas suatu lembaga sangat
tergantung pada baik buruknya pengembangan sumber daya manusia, oleh karena itu untuk
meningkatkan kemampuan kerja para pegawai
dapat dilakukan melalui pendidikan dan pelatihan.Pengembangan pegawai sering diartikan dengan usaha-usaha
untuk meningkatkan keterampilan maupun
pengetahuan umum bagi para pegawai agar pegawai mampu melaksanakan tugas-tugasnya. Apabila pegawai
mampu melaksanakan tugastugasnya dengan baik dan benar serta tepat waktu maka
akan tercipta efektivitas kerja sehingga
tercapai tujuan organisisai. Pengembangan sebagai suatu perubahan dalam orang yang memungkinkan yang
bersangkutan bekerja lebih efektif.
Efektivitas dapat diartikan
sebagai tingkat kemampuan suatu organisasi untuk melaksanakan tugas pokoknya untuk
mencapai sasaran. Konsep efektifitas tidak
selalu paralel dengan konsep efesiensi karena walaupun terjadi pemborosan asalkan tujuan dapat dicapai maka organisasi
dikatakan efektif.Namun untuk perkembangan
kinerja pegawai dewasa ini konsep efesiensi sangat diperhatikan hal ini sesuai dengan penyelenggaraan
kebijakan dan manajemen Aparatur Sipil Negara
(ASN) yaitu asas efektif dan efisien (Undang-undang No. 5 tahun 2014) Faktor yang menjadi perhatian dalam
pengembangan serta peningkatan kemampuan
dan keterampilan aparatur pemerintah adalah dengan pengembangan terhadap pegawai melalui proses pendidikan dan
pelatihan sesuai dengan kebutuhan agar
tercapai efektifitas kerja. Sehingga pegawai akan memiliki kompetensi jabatan dan dapat melaksanakan
tugas pelayanan yang diharapkan.
Contoh skripsi Public
Administration 4 Dalam organisasi pemerintah sumber daya
manusia sering disebut dengan pegawai
yaitu Pegawai NegeriSipil (PNS ), sebelum menjadi Pegawi Negeri Sipil pada awalnya adalah Calon Pegawai Negeri
Sipil ( CPNS ) yaitu masa setelah
diterima melalui rekrutmen PNS. Untuk menjadi PNS pegawai terlebih dahulu memenuhi persyaratan salah satunya
adalah mengikuti Pendidikan dan Latihan
( Diklat ) Prajabatan. Diklatini dilakukan agar pegawai memiliki ketermpilan dalam melaksanakan tugas-tugas
yang akan dipercayakan kepadanya.
Sekretariat Daerah Kabupaten Dairi merupakan
unsur staf yang dipimpin oleh seorang
Sekretaris Daerah. Bagian Umum merupakan salah satu bagian dari Organisasi Sekretariat Daerah yang berada
dibawah langsung dari Asisten Administrasi
Umum.Bagian Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Dairi terdiri dari Sub Bagian Tata Usaha, Keprotokolan dan
Persandian, Sub Bagian Keuangan, Sub
Bagian Rumah Tangga dan Perlengkapan Bagian Umum dipimpin oleh Kepala Bagian Umum. Dalam pelaksaaan
tugas bagian umum melaksanakan penyiapan
perumusan kebijakan pemerintahan daerah bidang umum, dan fasilitasi koordinasi dan evaluasi penyelenggaraan
kebijakan serta pengelolaan administrasi tugas-tugas bidang : tata usaha, perjalanan
dinas, keprotokoleran, rumah tangga, perlengkapan
dan keuangan Sekretariat Daerah. Dalam kegiatannya bagian umum melaksanakan penerimaan surat masuk dan surat
keluar dari internal maupun eksternal
lingkungan sekretariat daerah. Penanganan surat masuk yaitu surat yang penunjukannya kepada Bupati, Wakil Bupati,
Sekrtetaris Daerah dan Assisten.
Penanganan surat keluar yaitu
pemberian penomoran surat yang penandatangan surat oleh Bupati, Wakil Bupati dan Sekretaris
Daerah. Selain dari menangani Contoh
skripsi Public Administration 5 surat,
kegiatan bagian umum juga melakukan kegiatan keprotokolan, keuangan, rumah tangga kedinasan. Karena begitu luasnya
ruang lingkup kerja dalam bagian umum
tentunnya diperlukan kemampuan, keterampilan dan pengetahuan pegawai akan bidang kegiatan yang dikerjakannya.
Dalam pelaksanaan tugas-tugas
tersebut dalam pengamatan penulis bahwa masih
adanya penyelesaian pekerjaanyang tertunda, kurangnya penguasaan pegawai terhadap kegiatan yang dilaksanakan
ini dapat dilihat setiap kegiatan yang
ada dibagian umum yang telah dilaksanakan bukti dari pelaksaaan kegiatan disebut dengan surat pertanggungjawaban (SPJ)
sering tidak tepat waktu.Selanjutnya
pegawai dalam menangani suatu kegiatan belum pernah melakukan pelatihan dibidangnya sehingga
kurangnya pengetahuan terhadap bidang
tersebut.Penundaan pekerjaan tersebut dapat terjadi karena pegawai kurang disiplin, merasa kurang memahami pekerjaan dan
kejenuhan terhadap lingkungan kerja.Untuk
penilaian sementara dilapangan bahwa pegawai yang diberikan pengembangan melalui pendidikan dan pelatihan
mengalami peningkatan kinerja yang telah
dinilai melalui Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan Pegawai (DP3).
Tetapi pengembangan pegawai
dilakukan kurang maksimal dikarenakan keterbatasan
anggaran dan kurangnya sarana dan prasarana yang mendukung.
Dari pemaparan tersebut
penulistertarik untuk melakukan atau mengadakan
penelitian yang menuangkannya dengan judul “PENGARUH PENGEMBANGAN PEGAWAI TERHADAP EFEKTIVITAS
KERJA PADA KANTOR SEKRETARIAT DAERAH
KABUPATEN DAIRI.” Contoh skripsi Public
Administration 6 1.2.Perumusan Masalah Berdasarkan latar belakang masalah yang telah
diuraikan diatas,penulis merumuskan
masalah yakni :Seberapa besar pengaruh pengembangan pegawai terhadap efektifitas kerja pada kantor
Sekretariat Daerah Kabupaten Dairi 1.3. Pembatasan Masalah Untuk memperjelas dan membatasi ruang lingkup
penelitian diperlukan pembatasan
masalah. Adapun pembatasan masalah ini adalah : 1.
Pengembangan pegawai dalam penelitian ini adalah melalui Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) 2.
Penelitian ini dilakukan pada pegawai Bagian Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Dairi yang telah mengikuti
pendidikan dan pelatihan.
1.4. Tujuan Penelitian Setiap
penelitian yang dilakukan mempunyai tujuanyang hendak dicapai
dalam pelaksanaannya. Adapun yang
menjadi tujuan penelitian ini adalah : Untuk
mengetahui seberapa besar pengaruh pengembangan pegawai terhadap efektifitas kerja pada Bagian UmumSekretariat
Kabupaten Dairi 1.5. Manfaat Penelitian Penelitian ini akan memberikan manfaatbagi
berbagai pihak baik secara langsung
maupun tidak langsung. Adapun manfaatpenelitian ini sebagai berikut : Contoh skripsi Public Administration 7 1. Bagi
penulis penelitian ini dapat digunakan untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan berfikir melalui
penulisan karya ilmiah serta melatih
penulis menerangkan teori-teori yang didapat selama perkuliahan, memperkaya referensi ilmiah
dibidang sosial 2. Bagi instansi terkait, penelitian ini
diharapkan dapat menjadi salah satu sumbangsih
pemikiran, pertimbangandan masukan yang berguna bagi kemajuan instansi itu sendiri.

Contoh Skripsi Public Administration:Pengaruh Pengembangan Pegawai Terhadap Efektivitas Kerja pada Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Dairi

Downloads PDF Version>>>>>>>Click Here







Share

& Comment

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © 2015 Jual Skripsi Eceran™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.