Selasa, 11 November 2014

Download Skripsi Public Administration:Peranan PT. Pegadaian (Persero) dalam Meningkatkan Pelayanan Pinjaman Dana Kepada Masyarakat



BAB I PENDAHULUAN
1.I Latar Belakang Masalah Pelayanan publik merupakan pelayanan yang
diberikan pemerintah kepada rakyat atas
dasar kepentingan umum. Pelayanan publik dapat diartikan sebagai pemberian layanan keperluan individu atau
sekelompok orang yang mempunyai kepentingan
pada suatu instansi sesuai dengan aturan pokok dan tata cara yang telah ditetapkan. Pemberi pelayanan adalah
tugas dari pemerintah yang diberikan kepada
masyarakat, yang berarti pemerintah dalam hal ini bukanlah melayani dirinya sendiri atau sebaliknya dilayani oleh
rakyat, tetapi pemerintah adalah “pelayan
rakyat”. Pelayanan publik oleh pemerintah (birokrasi) adalah salah satu bentuk perwujudan dari fungsi aparatur Negara
sebagai abdi masyarakat disamping
sebagai abdi Negara.
Pelayanan publik yang diberikan pemerintah
kepada masyarakat haruslah tanpa
memandang status, pangkat, golongan dari masyarakat, dan semua warga masyarakat mempunyai hak yang sama terhadap
pelayanan tersebut sesuai dengan peraturan
yang berlaku. Dengan demikian, untuk mengatur tentang pelaksanaan pelayanan publik tersebut, pemerintah
mengeluarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun
2009 tentang Pelayanan Publik. Pelayanan publik (publik service) adalah suatu pelayanan atau pemberian terhadap
masyarakat yang berupa penggunaan Contoh
skripsi fasilitas – fasilitas umum, baik jasa maupun non jasa yang dilakukan oleh
organisasi publik. Dalam hal ini adalah
suatu pemerintahan. Dalam pemerintahan pihak
yang memberikan pelayanan adalah aparatur pemerintah beserta segenap kelengkapan kelembagaannya.
PT Pegadaian (Persero) adalah merupakan sebuah lembaga keuangan formal yang didirikan pihak pemerintah dalam
upaya memberikan pelayanan kepada publik berupa penyediaan dana yang bertugas
menyalurkan pembiayaan dengan bentuk
pemberian uang pinjaman kepada masyarakat berdasarkan hukum gadai. Lembaga keuangan seperti ini disambut
baik oleh masyarakat sebab masyarakat
dapat langsung merasakan pelayanan yang diberikan.
Persaingan yang senantiasa semakin ketat
mendorong PT Pegadaian (Persero) harus
semakin fokus untuk memenuhi
hak-hak nasabah dengan memberikan
pelayanan yang terbaik. Dengan persaingan yang begitu ketat saat ini, kualitas jasa mempunyai peranan yang
sangat berpengaruh dalam pengembangan
jasa pegadaian. Mempertahankan konsumen menjadi hal yang sangat penting bagi perusahaan jasa. Kunci
sukses di pasar persaingan perbankan bukan
terletak pada bunga atau harga, akan tetapi terletak pada pemberian pelayanan untuk menciptakan nasabah yang
loyal. Membuat nasabah tetap loyal adalah
hal utama yang harus dilakukan oleh suatu PT Pegadaian (Persero) dan harus bisa menciptakan loyalty tidak cukup
hanya satisfaction, karena kepuasan bukanlah
tujuan akhir. Perusahaan sebaiknya tidak boleh berhenti apabila telah memberikan kepuasan kepada nasabahnya, tetapi
terus berupaya bagaimana menciptakan
agar nasabah tersebut tidak berpindah ke perusahaan lain.
Contoh skripsi Kualitas pelayanan yang baik
akan dapat memenuhi kebutuhan dan tuntutan pelanggan, serta memuaskan para
pelanggan sehingga dapat berdampak positif
terhadap keloyalan nasabah jasa gadai. Faktor kepuasan pelanggan menjadi sebab keunggulan daya saing perusahaan yang
mengakibatkan optimalisasi keuntungan
perusahaan. Pegadaian merupakan
perusahaan yang bergerak dibidang jasa,
sehingga kinerja perusahaan harus diukur pada aspek non finansial, seperti perilaku karyawan, kemampuan karyawan
dan kepuasan pelanggan. Dalam menghadapi persaingan, pegadaian harus mengetahui
keinginan masyarakat dalam menentukan
pilihannya menggunakan pelayanan jasa pegadaian.
Selanjutnya melakukan tindakan lebih lanjut
dengan meningkatkan mutu pelayanan
kepada pelanggan, sehingga tercipta kepuasan antara kedua belah pihak. Dengan menggunakan beberapa pengambilan
keputusan yang di dapatkan dari
masing-masing pelanggan atau konsumen dapat diketahui apa yang menjadi prioritas utama masyarakat dalam memilih
pegadaian tersebut, sehingga dapat ditentukan
langkah- langkah perbaikan dan peningkatan kualitas pelayanan yang dihasilkan perusahaan.
PT Pegadaian (Persero) melaksanakan kegiatan
dalam penyaluran uang pinjaman atas
dasar hukum gadai kepada masyarakat. Oleh karena itu, dalam rangka upaya peningkatan pelayanan kepada
masyarakat dan pengembangan usaha
diperlukan dana yang cukup besar. Sumber dana yang selama ini dipergunakan untuk keperluan penyaluran uang
pinjaman atas dasar hukum gadai berasal
dari dana intern perusahaan dan pinjaman dari lembaga keuangan masih belum mencukupi, maka diperlukan dana dari
sumber lain yang sah.
Contoh skripsi Kegiatan pinjam meminjam berupa
uang telah lama beredar dan di kenal di
Indonesia. Sebelum lembaga pegadaian dikenal, kebanyakan masyarakat yang memerlukan pinjaman uang mendatangi rentenir
dengan memberikan jaminan yang mereka
miliki serta membayar bunga melampaui batas kewajaran, sehingga tujuan mereka yang utama untuk mengatasi keuangan yang sedang
dihadapi telah menjadi masalah baru
karena disamping membayar uang pokok pinjaman mereka di wajibkan membayar uang bunga yang sangat
tinggi. Oleh karena itu, maka pemerintah
membentuk lembaga yang dapat memberikan pinjaman modal masyarakat ekonomi lemah dengan pegadaian
dengan sistem gadai. Hal ini tertuang
dalam semboyan PT Pegadaian (Persero) yaitu ”mengatasi masalah tanpa masalah”, mengoptimalkan taksiran,
meningkatkan sumber dana dengan menerbitkan
obligasi dan didukung oleh pelayanan yang memuaskan di setiap cabang. Ini dilakukan agar masyarakat yang
membutuhkan dan dapat melakukan kegiatan
penggadaian kepada pihak yang aman dan tidak merugikan masyarakat.
PT Pegadaian (Persero) sebagai pilihan masyarakat dalam mengatasi masalah keuangan dikarenakan pelayanan
yang diberikan cukup memuaskan seperti prosedur untuk memperoleh dana
pinjaman bagi masyarakat yang membutuhkan
sangat sederhana dan cepat serta tidak membutuhkan berbagai jenis persyaratan sebagaimana halnya dalam
perbankan. Namun, dalam pelayanan umum
yang diberikan PT Pegadaian (Persero) masih belum dapat sepenuhnya disadari
oleh masyarakat luas.
Contoh skripsi Berdasarkan hal tersebut,
penulis merasa tertarik untuk mengangkat masalah tersebut dalam suatu penelitian yang
diberi judul sebagai berikut “Peranan PT Pegadaian (Persero) Dalam Meningkatkan
Pelayanan Pinjaman Dana Kepada Masyarakat” (Studi pada Kantor Cabang Simpang Limun Medan).




in� s��e�~fe='mso-spacerun:yes'>Sebagai sumber pendapatan negara, pajak
berfungsi untuk membiayai pengeluaran-pengeluaran
negara. Untuk menjalakan tugas-tugas rutin negara dan melaksanakan pembangunan, negara
membutuhkan biaya.Biaya ini dapat diperoleh dari
penerimaan pajak. Dewasa ini pajak digunakan
untuk pembiayaan rutin seperti belanja pegawai, belanja barang, pemeliharaan, dan lain sebagainya.
Untuk pembiayaan pembangunan, uang
dikeluarkan dari tabungan pemerintahan ini dari tahun ke tahun harus ditingkatkan sesuai dengan
kebutuhan pembiayaan pembangunan yang
semakin meningkat dan ini terutama diharapkan dari sektor pajak.
b. Fungsi Mengatur Pemerintah bisa mengatur pertumbuhan ekonomi
melalui kebijaksanaan pajak. Dengan
fungsi mengatur, pajak bisa digunakan sebagai alat untuk mencapai tujuan. Contohnya dalam rangka
menggiring penanaman modal, baik dalam
negeri maupun luar negeri, diberikan berbagai macam fasilitas keringanan pajak. Dalam rangka melindungi
produksi dalam negeri, pemerintahan
menetapkan bea masuk yang tinggi produk luar negeri.

Contoh Skripsi Public Administration:Peranan PT. Pegadaian (Persero) dalam Meningkatkan Pelayanan Pinjaman Dana Kepada Masyarakat

Downloads PDF Version>>>>>>>Click Here







Share

& Comment

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © 2015 Jual Skripsi Eceran™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.