Download Skripsi Computer Science:Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Customer Service Pada PT. Global Media Nusantara Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP)
BAB 1 PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Pollyanna public hares memperoleh perhatian
dan penanganan yang sungguh-sungguh karena merupakan
tugas dan fungsi
yang melekat pada
setiap Perusahaan yang menawarkan
produk dan jasa. Pelayanan yang diberikan kepada konsumen hendaknya selalu
lebih mengutamakan kepentingan
konsumen, lebih mempercepat
proses penyelesaian urusan
konsumen dan memberikan yang lebih berkualitas.
Pada
prinsipnya pelayanan harus
diberikan oleh semua
unsur yang terlibat.
Semua
harus mau dan
mampu memberikan pelayanan
yang kualitasnya sama.
Masing-masing
harus saling mendukung,
sehingga pelayanan yang
diberikan dalam rangka
memberikan kepuasan kepada
konsumen dapat optimal.
Hanya saja dalam prakteknya pelayanan
utama lebih banyak
diberikan kepada petugas
yang langsung menangani
atau yang berhubungan
langsung dengan masyarakat,
seperti customer service
(CS) karena mereka
inilah yang akan
menjadi ujung tombak
dalam memberikan pelayanan. Untuk
dapat melaksanakan tugas utama dengan baik, Petugas customer serviceperlu dibekali dengan
kemampuan dan keterampilan untuk melayani yaitu
tentang dasar-dasar pelayanan
agar masyarakat yang
dilayani semakin merasa puas.
Pelayanan customer service yang
baik sangat mementingkan
keperluan konsumen agar
meningkatkan omset pada
perusahaan. Oleh karena
itu Perusahaan harus
menyeleksi calon customer
service yang akan ditempatkan
di Perusahaan tersebut.Salah satu perusahaan yang memerlukan jasa
customer serviceuntuk melayani keluhan-keluhan
konsumen yaitu PT. Global Media Nusantara yang bergerak dibidang Informasi
dan Teknologi yang
menawarkan produk dan
jasa. Perusahaan ini
setiap hari didatangi
konsumen yang mempunyai
keluhan-keluhan dan ingin
mencari informasi mengenai
produk yang ada di PT. Global Media Nusantara, oleh karena itu perusahaan
ini mencari customer
service yang mempunyai keterampilan
pelayanan yang baik, ramah, serta
tanggap untuk menyelesaikan masalah konsumen.
Bagian
Human Resource Development (HRD) pada
PT. Global Media Nusantara mempunyai
tugas untuk menyeleksi
calon customer service yang
sesuai dengan kriteria yang sudah
ditetapkan oleh perusahaan tersebut. Untuk mempermudah bagian
HRD memilih calon
customer service yang
layak untuk diterima
sebagai karyawan PT.
Global Media Nusantara,
maka penulis merancang
sistem pendukung keputusan
untuk pemilihan customer
service menggunakan metode Analytic Hierarchy Process (AHP). Metode AHP merupakan salah satu metode
pengambilan keputusan yang menggunakan
faktor-faktor logika, intuisi, pengalaman, pengetahuan, emosi
dan rasa untuk
dioptimasi dalam suatu
proses yang sistematis,
serta mampu membandingkan data kuantitatif maupun yang
kualitatif. Adapun kriteria-kriteria yang menjadi dasar pengambilan keputusan oleh pihak
HRD dalam memilih calon customer serviceadalah
pendidikan, penampilan, kepribadian, sosial dan pengalaman kerja.
Walaupun
pemilihan calon customer
service yang akan ditempatkan
untuk melayani konsumen di PT.
Global Media Nusantara tetap ditentukan sepenuhnya oleh pihak
HRD, namun Sistem
Pendukung Keputusan ini
akan menampilkan prioritasprioritas tertinggi
hingga terendah dari
calon-calon customer service tersebut, sehingga akan memudahkan dan membantu pihak
HRD dalam mengambil keputusan.
1.2
Rumusan Masalah Rumusan masalah
pada penelitian ini adalah bagaimana merancang suatu sistem yang dapat
membantu bagian Human
Resource Development (HRD)
dalam mengambil keputusan untuk memilih calon customer
servicepada PT. Global Media Nusantara.
1.3 Batasan Masalah Batasan masalah yang menjadi acuan dalam
penelitian ini adalah: 1. Studi kasus
pada PT. Global Media Nusantara.
2. Sistem pendukung keputusan digunakan untuk
memilih calon customer service.
3. Output dari sistem yang dirancang yaitu:
nilai prioritas dari masing-masing calon customer service yang akan direkrut di
PT.Global Media Nusantara.
4.
Kriteria yang digunakan adalah pendidikan, penampilan, kepribadian,
sosial dan pengalaman kerja.
5. Sistem dirancang menggunakan metode
Analytical Hierarchy Process (AHP) dibangun
dengan bantuan aplikasi Borland Delphi 7.0 yang dimana hanya merancang 2 jenis halaman yaitu halaman untuk
user dan admin.
1.4
Tujuan Penelitian Tujuan dari
penelitian ini adalah
merancang sistem pendukung
keputusan yang berguna bagi pihak HRD untuk memilih
calon customer service yang layak diterima bekerja di PT. Global Media Nusantara.
1.5
Manfaat Penelitian Manfaat penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. Mempermudah bagian HRD dalam memilih calon
customer serviceberdasarkan kriteria
yang sudah ditentukan oleh PT. Global Media Nusantara dengan melihat nilai prioritas dari masing-masing calon
customer service.
2. Menambah
pengetahuan penulis dalam merancang
sistem pendukung keputusan dengan metode AHP.
1.6 Lokasi dan Waktu Penelitian Penelitian
dimulai pada tanggal
11 April 2011
sampai dengan 18
April 2011 yang bertempat
di kantor PT. Global Media Nusantara Cabang , JL. Gatot Subroto Km 7.7 KOMP MBC B No. 12 .
1.7 Metodologi Penelitian Adapun metode penelitian yang dilakukan
penulis dalam penelitian ini adalah: 1. Studi Literatur Pada
tahap ini dilakukan
dengan mempelajari buku-buku
referensi atau sumber sumber yang berkaitan dengan penelitian ini.
Baik dari text book maupun internet.
2.
Pengumpulan Data dan Analisis Sistem Pada tahap ini, akan dilakukan penelitian yang
bertujuan untuk memperoleh data secara
langsung dari bagian HRD PT. Global Media Nusantara.
a.
Melakukan wawancara dengan
pihak kepala bagian
HRD PT. Global
Media Nusantara untuk mendapatkan
kriteria calon customer service.
Contoh Skripsi Computer Science:Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Customer Service Pada PT. Global Media Nusantara Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP)Downloads Versi PDF >>>>>>>Klik DisiniArtikel terkait skripsi diantaranya : Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, contohskripsi, c0ntoh proposal, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.
0 komentar:
Posting Komentar